Rabu, 14 Januari 2015

ah jobseeker.

Lepas menjadi mahasiswa, biasanya sangat mengebu-gebu. Saya harus bekerja diperusahaan terkenal, saya harus bekerja sesuai passion. Mulai dari mengunjungi job fair, apply sana-sini.

Yap. Jangan menyerah. Harus banyak belajar. Harus banyak bisa.

Semua rezeki tidak akan tertukar.

Rabu, 17 September 2014

Mau wisuda lagi! biar dikasih bunga lagi :)

Alhamdulillah Alhamdullillah Alhamdulillah 19 Agustus 2014

Terima kasih ya Allah telah memberi aku kesempatan untuk bisa membanggakan Ayah dan Ibu dengan aku menyelesaikan studiku di S1 Fisika Universitas Gadjah Mada. Rasa bangga, rasa haru, campur aduk saat aku berada dalam proses sakral wisuda S1 periode Agustus itu. Yaa... sedikitnya aku senang dengan adanya orang-orang yang aku sayang diperistiwa bersejarah dalam hidupku. Ada Ayah-Ibu yang duduk di tribun timur atas Graha Sabha Pramana (GSP), ada Mbah, Rafif, Hanan yang menungguku diruang tunggu sambil melihat proses wisuda melalui layar proyektor, dan ada penyemangat aku di Jogja, Ncus juga nunggu diluar. Dede enggak ikut soalnya dia lagi ujian pendadaran tugas akhir di PNJ, Alhamdulillah juga dia lulus (waaaah kado dari dede nih) Terimakasih semuanya. :*

Flashback ke persiapan wisudah yaa... Alhamdulillah lagi rejeki anak sholeh mah datang dengan sendirinya. Dengan bangganya saat wisuda aku mengenakan kebaya buatan Ibu tercinta walaupun pola kebayanya bukan buatan ibu tapi kado hadiah dari Tante Titin (sahabat ibu seorang desainer). Ini dia kebayanya, Ibu buatnya hampir dua bulan loh. lama yaaah... Tadaaa..... ini dia


Modelnya memang aku yang minta, dengan ditumpuk-tumpuk sama kebayanya. hihihi.. seneng banget pas aku make ini, walaupun ada tragedi beberapa minggu sebelum hari H wisuda aku agak sedikit gemuk, jadi longtorso/bustie-nya enggak muat, jadi harus bongkar lagi. Ibu hebat loh bikin longtorso dan kebayanya sendiri. PURE. dari tangan ibu. :) cuma roknya kita beli di Thamrin City agak mahal sih 180rb tapi ternyata di Bringharjo cuma 60rb. hahaha... maaf kita kalap kemarin saat di Thamrin City. Ohya, pas wisuda jilbab sama make up aku dipakein ibu semua loh.

Hari H wisuda, 

Rombongan keluarga aku sampai GSP sekitaran jam tujuh kurang, padahal dijadwalnya jam enam harus sudah ngumpul di GSP. Tapi apa mau dikata namanya kudu dandan dulu, siap-siap ini itu jadi agak terlambat deh. Tapi ternyata sampai di GSP belum terlambat wisudawan-wisudawati yang lain masih pada ngantri per fakultas kok, belum masuk ruangan wisudanya juga.

Prosesi wisuda di Universitas ini cukup lama sekitar tiga setengah jam. Untung urutan Fakultas Mipa juga enggak terlalu belakang banget jadi menunggunya ngga terlalu lama samapai dipanggil nama aku.

Annisa Ayu Artanti, S.Si

Setelah dipanggil namanya, kemudian diserahkan ijazah dan salaman dengan dekan Fakultas Mipa, Pak Pekik. FYI, salaman sama bapaknya aku grogi banget. hahaha

Tadaaaa.... udah deh acara yang paling sakral menurutku sampai selesai aku dipanggil. Setelah itu rangkaian acaranya agak membosankan, sambutan mahasiswa lah, apa lah, pokoknya udah enggak kondusif. Aku bobok. hehe

Selesai prosesi itu, Ayah-Ibu yang tadinya duduk di tribun GSP akhirnya turun nyamperin aku dan bawa bunga buat aku... waaah So Sweet kan. hahaha. Tapi ibu tiba-tiba bisikin ke aku "nih, ibu kasih bunga kasian nanti anak ibu kalo ngga dapet bunga" -__- ibuuuu.....

Ibu-Aku-Ayah

Setelah itu kita keluar GSP tujuannya adalah ketemu anak-anak yang lain, Suasana di luar GSP sungguh sangat dan amat crowded, aku sampe susah nemuin teman-temanku. *ngarep banget dikasih bunga* hahaha.. Ini dia mereka yang rela nungguin diluar. terimakasih semuanyaaah

Yeaay 47..  Hilman (2012) - Gerry - Ayu - Ari

anak kosaan  Alvi - Gita - Aku - Yosi (Uye rista juga ada kok)

Aku - Mas Prastowo (2008)

Aku - Ncus (2008)

Aku - Bang Aldy (2010)

Bhima - Aku - Hilman (lagi)

Adit - Bhisma - Aku - Felix

Ibet - Aku

Felix (lagi) - Aku

Aku - Bang Halim (2009)

Bhisma (lagi) - Nila - Adit (lagi) - Santi - Aku - Gusde - Falah - Ana

Winda (2012) - Aufa (2012) - Aku - Santi (2012)


Felix - Lisa - Bli Gusde - Aku - Ano - Ana - Adit - Bhisma - Ilham - Tisar - nila

hahaha akhirnya ngumpul lagi Felix - Iip - Aku - Adit - Bhisma - Tatag


Habis foto-foto sama temen-temen, niatnya adalah foto di Rektorat, secara rektorat UGM sangat bagus untuk foto-foto habis wisuda. Tapi niat berubah ketika lewat bunderan UGM, dan kita foto-foto disini aja deh. Biar enggak mainstream. Dan sekalian foto, soalnya mitosnya kan kalo foto disini kan lulusnya lama, tapi aku udah lulus. YEAY...




Yuuk lah habis ini ke Fakultas dulu ambil jatah makanan. hahaha... kan kita udah bayar tuh dapet jatah makanan deh untuk tiga orang. Eh Alhamdulillah ketemu mereka-mereka juga. dikasih bunga lagi YES.

Mbak Novi (S2) - Mbak Hani (S2) - Mbak Beti (S2)


Aku - Bhisma - Bli Putu

Vada - Bli Putu - Aku - Fitriansyah

Duh duh dek, ini aku lupaa pokoknya angkatan 2013..
ada Bimo dan fitri dan adik-adik lain hehe

Foto-foto di SLR, di tab, belum puas akhirnya destination terakhir nih kita ke Calista di Jakal, disini kita foto yang agak resmi.





duuuh.... seneng banget hari itu, berasa jadi putri sehari. Terimakasih semuanya :*



Selasa, 20 Mei 2014

S I D A N G

Alhamdulillah,

Tanggal 15 April lalu saya telah dinyatakan lulus ujian tugas akhir. Semua itu seperti mimpi, kayaknya baru kemarin mulai masuk Laboratorium Fisika Material, sekarang saya sudah selesai penelitian. Alhamdulillahnya lagi saya mendapat nilai A pada ujian skripsi ini. Setelah melewati satu step dibangku kuliah ini artinya saya akan menjadi "calon" lulusan sarjana sains bidang studi Fisika merupakan salah satu kebanggaan saya sendiri.

Judul skripsi saya : 
"Karakterisasi dan Analisa Gugus Fungsi Pada Magnetic Nanoparticles (MNPs) Cobalt Ferrite Yang Dilapisi Dengan Silika"

Dosen Pembiming : 
Dr. Edi Suharyadi, M.Eng

Dosen Penguji : 
Dr.Yusril Yusuf
Ikhsan Setiawan, M.Si

Banyak sekali suka duka yang saya hadapi saat penelitian, mulai dari perjuangan bangun pagi, rutin ke laboratorium, kalau ada jadwal kuliah kosong langsung ke laboratorium lagi, pokoknya hampir setiap hari. Lalu weekly meeting dengan Nanoparticle Group setiap Kamis Sore, duka gagal karena hasil material yang saya buat salah, duka dimarahin dosen pembimbing, dan lain-lain. Tapi semua itu proses untuk pencapaian hasil sekarang "SKRIPSI SELESAI" :). Suka-nya adalah ketika saya ngobrol banyak dengan mahasiswa S2 yang merupakan anggota dari grup nanoparticle, ketika kita semua ditraktir Pizza Hut sama Pak Edi, ketika saya dan teman-teman ngelembur untuk membuat nanoparticle pokoknya rasanya seperti nano-nano.

Sekarang semua sudah selesai, saya sudah selesai ujian tugas akhir....

(saat saya mempresentasikan hasil penelitian saya didepan dosen pembimbing dan dosen penguji)

(dosen pembimbing dan penguji sedang membaca skripsi saya)

(saat sesi tanya jawab)

(foto bersama setelah ujian, dari sebelah kiri : Pak Edi, Saya, Pak Yusril, dan Pak Ikhsan)

 (foto kiri atas : bersama dosen pembimbing dan dosen penguji, foto kiri bawah : bersama putu, felix, iip, adit, winda (partner penelitian saya), foto kanan atas : bersama the best sensei, foto kiri bawah : "sensei, arigatou gozaimasu", foto kanan bawah : bersama bbf)

thank you all :)










Sabtu, 22 Februari 2014

Kerja Praktek

I haven't been writing.
how are you guys.

Alhamdulillah sekarang sudah masuk semester delapan, yang artinya umurku sudah "tua" untuk masa studiku di strata 1 ini. Rasa bimbang dan takut tidak bisa dipungkiri "apakah semua bisa jalan lancar?". But, must be positive thinking right?.

Awal semester ini aku Kerja Praktek (KP) disebuah perusahan pengolahan data seismik. Biasanya pengolahan data seismik ini dikerjakan oleh anak prodi Geofisika, tapi alhamdulillah aku bisa menjalankannya dengan lancar. dan alhamdulillahnya lagi aku menjadi tertarik di dunia pengolahan data seismik. KP ini aku jalankan selama satu bulan lebih satu minggu mulai tanggal 15 Januari - 21 Februari 2014 di PT Mega Energy Processingdo, Menteng Jakarta.

Menyelami dunia kerja sangat mengesankan dari mulai kegiatan rutinnya, kemudian keadaan Jakarta yang sesak yang awalnya membuatku enggak nyaman berada di Jakarta, sampai kerjaan dikantornya. Disana aku mengolah data hasil lapangan oleh orang geologi pada area XXXXX kemudian dijadikan struktur gambaran permukaan bawah bumi. Dengan menggunakan beberapa tahap-tahapan seperti SEGIN, Geomety, True Amplitude Recovery (TAR), SCAMP, Deconvolution, Denoise, Velocity Analysis1, Residual1, Velocity Analysis2, Residual2, dan Migration. Semua yang aku kerjakan di kantor tidak lepas dari pengawasan pembimbingku disana Mas Firman. 

Minggu pertama aku disana seperti umumnya KP adalah adaptasi dengan lingkungan kantor. Alhamdulillah teman-teman kantorku friendly sekali mungkin karena kebanyakan dari karyawan disana satu almamater dengan aku dan mungkin karena aku KP disana sendiri, jadi kasian adek kelas dianggurin mungkin. hehe. Satu lagi karena disana ada mbak Renita dan Mbak Ine jadi aku enggak merasa sendirian. Disana aku mendapatkan station sendiri bersebrangan dengan Mas Nur, Pak Dadang, dan Mas Fathur.


ini station aku selama KP

Minggu kedua aku disana, aku mengerjakan setengah tahapan-tahapan pengolahan seismik yang aku sebutkan diatas. Minggu ketiga setengahnya lagi aku kerjakan, KP kali ini aku hanya mengerjakan satu line dari satu area. Sebenarnya kalo sudah lancar dan ada jobsnya satu line bisa dikerjakan hanya 1-3 hari, dan karena ini KP dikasih linenya juga yang gampang :) terimakasih banyaak....




setiap tahap-tahapannya aku catet biar enggak lupa :)

Kemudian minggu keempat aku sudah mulai penulisan laporan KP, aku menulis disana dan ngeprint semua disana karena itu fasilitas kantor. Laporan ini dibuat tiga rangkap untuk kantor, Pak Kuwat dosen pembimbingku, dan buat aku sendiri. Lumayan repot bikin laporan ini soalnya nulisnya pakai openoffice jadi ketika aku kerjakan di microsoft office jadi banyak yang diedit ulang. Kemudian persiapan untuk presentasi di apa yang telah dikerjakan selama KP di minggu kelima.


Alahamdulillah selesai laporannya :)

Minggu kelima aku mempersiapkan untuk presentasi, eh ternyata enggak ada presentasi akhirnya akhir minggu aku KP aku isi dengan belajar lebih dalam lagi tentang software yang aku gunakan untuk pengolahan data dan software tambahan lainnya. Hari terkahir aku KP aku ditraktir sama Mbak Ine, Mbak Renita, dan Mbak Eki di Abuba Steak sejenis lunch farewell. :) terus foto satu divisi pengolahan data seismik.





terimakasih semuanya sangat berkesan bisa menjadi salah satu bagian dari orang-orang hebat
walaupun hanya satu bulan satu minggu. Terimaksih mengajarkan banyak hal.


special thanks for mbak-mbak wanita karir nan kece 


Ayu, Mbak Renita, dan Mbak Ine. I'll be miss you mbaaaak.




Minggu, 17 November 2013

aku bangga menjadi bagian dari kalian



Selamat pagi, alhamdulillah masih dikasih sehat oleh Allah, masih bisa ngeposting disini. Diatas adalah foto angkatan Fisika UGM 2010. Senang sekali masih bisa berkumpul, dan bangga menjadi bagian dari kalian. Walaupun difoto ini belum semua anak fisika 2010 kumpul. Aku akan sebutkan nama mereka. Mudah-mudahan ingat :) mulai dari atas kiri ya..

Baris 1 : Zam-Putu-Robi-Yusuf-Qosim-Tatag-Felix
Baris 2 : Irman-Rahmat-Andreanus-Sriyanto-Ali-Vada-Gusde
Baris 3 : Iif-Falah-Budi-Bhisma-Anwar-Adit-Sulthon
Baris 4 : Otik-Indah-Puri-Winda Asnita-Kiki-Nurra-Ayu-Udin
Baris 5 : Rusliana-Hana-Vero-Sakinah-Tisar-Winda-Amel-Ana
Paling depan : Roni

teman-teman yang belum bisa kesempatan foto bareng :
Putri-Nila-Lisa-Riri-Ikhsan-Lintang-Rama

suatu saat pasti aku kangen kalian :')

Minggu, 13 Oktober 2013

Buat Mahasiswa Yang CUMA Bangga Sama IP 3.5

Disadari atau nggak, mahasiswa di era pasca soeharto lengser cenderung lebih berbeda dibanding dengan mahasiswa sebelum soeharto lengser. Setidaknya, dari intensitas ngomong, mahasiswa jaman sebelum soeharto lengser lebih vokal ngomong di luar urusannya sama akademik.
Terlepas dari ada atau nggak penyokong dana di balik aksi mahasiswa sebelum soeharto, senggaknya mahasiswa di jaman orde baru lebih punya prinsip buat ngadain gerakan-gerakan. Nggak cuma gerakan demo, tapi juga lobi-lobi ke pemerintahan.

Sekarang?

Disadari atau nggak, mahasiswa jaman sekarang cenderung lebih milih nggedein IPK, lulus nggak nyampe 4 tahun, terus kerja di perusahaan bonafit. Sukur-sukur sih kerja di perusahaan asing yang ada di Indonesia. Kalo bahasa kasarannya versi ane, menJongoskan diri di negeri sendiri. yaaa…beda tipis lah sama orang pribumi jaman hindia belanda yang justru jadi kacungnya orang belanda.

Oke. Kembali ke topik. Dari berbagai obrolan warung kopi, emang faktanya mahasiswa jaman sekarang (nggak tau sengaja atau nggak) dibuat biar lebih fokus ke bidang akademiknya. Itu bahasa halusnya. Kalo bahasa yang agak blak-blakan, yaa…mahasiswa dibikin cupu. Dibikin gimana caranya jadi kutu buku, tiap hari cuma berangkat kuliah, masuk kelas, dengerin dosen, tidur di kelas, ngerjain tugas, lobi dosen biar dapet nilai bagus, atau biar lebih dramatis, kalo menjelang ujian safari ke rumah dosen ngasih parcel atau bingkisan. Yaa..siapa tau si dosen akan iba dan tersentuh hatinya kalo udah dikasih bingkisan, terus mau ngasih nilai bagus.
Kurang lebih gitu kan?

Kalo diitung di kampus, jumlah mahasiswa yang mau mikir kondisi kampusnya, lingkungannya, atau malah negaranya, dibanding jumlah mahasiswa yang boro-boro mikir orang lain, buat mikir dirinya sendiri bahkan doi bersedia nyikut kawannya. Banyakan mana coba? Mahasiswa yang lebih ngejar target IPK dan lulus cepet, ketimbang mahasiswa yang menikmati kuliahnya dengan berbagai kegiatan non akademik.

Yaa…nggak bisa dipungkiri, mahasiswa jaman sekarang ngejar lulus dibawah 4 tahun. Bukan mahasiswanya yang salah sih kalo menurut ane.

SEKALI LAGI!
BUKAN MAHASISWA JAMAN SEKARANG YANG SALAH.

Tapi dari berbagai hasil analisis ane, emang mahasiswa jaman sekarang sengaja dibikin nggak vokal, baik merespon lingkungannya, terhadap sikap pemerintah pusat dan daerah, atau juga terhadap orang-orang di sekitarnya. Kenapa?
Berikut analisis ane…. image
image

Yang pertama, secara nggak sadar, Rezim jaman SBY beda-beda tipis sama rezimnya Soeharto. Nggak percaya? Yaa…walau kedoknya negara demokrasi, bebas korupsi, kebebasan berpendapat, tapi faktanya kroni-kroninya SBY di partai sama di keluarganya pada mainin proyek negara. Korupsi kurang lebih bahasa jaman sekarangnya. Nah, kalo mahasiswa jaman dulu, mereka langsung sadar kalo Kroninya Soeharto korup. Makannya tahun 1998 sempet meledak kan?
Sekarang? Jaman SBY? Orang birokrat udah belajar dari jaman kesalahan Soeharto. Kalo mahasiswa dibiarin liar di kampusnya, dikasih ruang bebas buat berorganisasi atau respek ke lingkungannya, yang ada mereka sadar kalo sekarang jaman udah lagi nggak bener. Maka dari itu dibikin kurikulum kampus yang lebih ketat. Target IPK 3 lah, lulus di bawah 4 tahun lah. bla bla bla….
Itu yang pertama.

Yang kedua, mau nggak mau ane harus ngomong lagi soal konspirasi asing. Kok nyambung ke asing? Pikir aja! 5-10 tahun ke depan, yang bakalan ngurus negara Indonesia tercinta mau nggak mau ya mahasiswa yang kuliah kan? Nah, kalo mahasiswa yang kuliah dibiarin liar di kampusnya, belajar organisasi, terus tiba-tiba sadar mereka masih dibodohi asing jaman modern, pasti mereka bakal berontak.
Nah, strategi asing, ya dibikin gimana caranya biar mahasiswa yang lulus dari kampusnya buat puas dengan gaji sedikit di atas perusahaan pribumi, terus menikmati hasil ngacung mereka di perusahaan asing.
Kalo mahasiswa sadar, 5-10 tahun lagi asing pasti bakal terancam. Kenapa? Bayangin aja sekarang. Berapa perjanjian ekspor impor yang merugikan Indonesia? Contoh gampang yang baru kejadian, Indonesia punya banyak garam, tapi menteri perdagangannya malah impor garam. Nah lo? Nyambungnya? Ya Intervensi asing.
image

Nggak cuma itu. Sekarang, coba pikir lagi, 5-10 tahun, minyak sama hutan bakal jadi barang langka dan penting. Asing di Indonesia udah mulai ancang-ancang noh! Pake perusahaan, csr, greenpeace, bla bla bla. Nah? Kalo mahasiswa nyadar orang indonesia cuma jadi kacung di negaranya, ya asing merasa terancam. Maka dibuatlah gimana caranya mahasiswa lulus dengan kemampuan akademik aja, biar nggak punya jiwa kepemimpinan, terus puas dengan kedudukan STAF PERUSAHAAN ASING di negaranya sendiri.
image

Itu baru dua. Sebenarnya masih banyak opini di otak ane, kenapa mahasiswa sekarang dibikin diem. Oiya, perlu ditekankan lagi. Ane nggak mendiskreditkan mahasiswa jaman sekarang. Karena status ane sekarang juga masih mahasiswa. Tapi yang terjadi sekarang, sistemnya emang dibikin gitu. mahasiswa diberi ruang sempit buat melakukan aktivitas diluar doktrin akademik. Intinya 24 jam dalam 7 hari, mahasiswa disuruh baca buku doang!
Terus juga, ane nggak anti asing! Tapi faktanya sekarang, asing yang udah ngobok-obok negara kita. Emang mau besok anak-anak kita tetep dijajah kayak kita? dijadiin kacung dari perusahaan-perusahaan mereka yang udah nyedot emas, minyak, batubara, dan kekayaan negara kita buat perut mereka? Ane rasa cuma orang bego yang mau diporotin hartanya sampe mereka jatuh miskin.

Sebenernya sih mahasiswa yang nyadar juga ada. Ada juga mahasiswa sekarang yang mulai bikin gerakan sosial. Misalnya di twitter, facebook, forum. Yaa..termasuk kaskus juga. Di dunia nyata, banyak juga mahasiswa yang bikin gerakan sosial yang intinya ngembangin potensinya. Tapi itu baru sebagian kecil.
Ini bukan jaman penjajahan klasik kayak jaman jepang, belanda, inggris jajah indonesia sebelum 1945. Ini jaman penjajahan model baru. Nggak cuma orang asing, bangsa sendiri yang cuma mikir mbuncitin perut mereka juga penjajah model baru.

Sumber

Selasa, 10 September 2013

TOPCOP 2013


Top Challenge of Physics (TOP COP) adalah kompetisi fisika tingkat nasional antar siswa-siswi SMA dan sederajat yang diadakan oleh Komunitas Fisika Gadjah Mada (KFgama). Kompetisi ini diadakan sebagai wadah bagi para kawula muda yang memiliki ketertarikan terhadap fisika sekaligus merupakan ajang untuk menguji keterampilan dalam bidang fisika.

Pendaftaran 1-31 Oktober 2013 (via website)
Penyisihan Online 3-9 November 2013 (via website)

TOTAL HADIAH 10 JT
Juara I : Piala Kemendiknas + Sertifikat + Medali
Juara II : Piala Gubernur + Sertifikat + Medali
Juara III : Piala Rektor + Sertifikat + Medali

Persyaratan Lomba

  1. Peserta adalah seluruh siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA/sederajat) di Indonesia.
  2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 75.000,- melalui Bank BRI No. Rek. 216401002028501 atas nama Veronica Sri Hastuti Pamungkas.
  3. Mengisi formulir biodata pada web.

Alur Pendaftaran

Berikut adalah alur pendaftaran yang harus dilalui peserta Topcop 2013:
  1. Waktu pendaftaran dimulai dari tanggal 1 Oktober 2013 dan berakhir pada 31 Oktober 2013
  2. Peserta membuat akun di website topcop > http://topcop.fmipa.ugm.ac.id/kfgama/lomba/daftar
  3. Peserta melakukan pembayaran ke rekening topcop (Bank BRI, Nomor rekening: 216401002028501 a/n Veronica Sri Hastuti)
  4. Peserta melakukan konfirmasi pembayaran ke nomor 089604406383 (Experian), setelah itu kami akan memverifikasi pembayaran anda
  5. Setelah menunggu maksimal 1x24 jam, peserta melanjutkan proses pendaftaran dengan log-in di website topcop > http://topcop.fmipa.ugm.ac.id/kfgama/lomba/masuk
  6. Peserta mengisi profil peserta pada bagian LOMBA --> PROFIL SAYA
  7. Peserta siap untuk mengikuti seleksi online yang akan diadakan pada tanggal 3 - 9 November 2013
  8. 50 peserta yang lolos seleksi online dapat mengikuti semifinal di Fakultas MIPA UGM yogyakarta pada tanggal 24 November 2013
twitter : @TopCop2013
FB : Top Cop 2013

Contact Person : 
Taufik (085720562468) 
Ridho (08812081999)