Selasa, 08 Desember 2009

di sisi jakarta dan hari anti korupsi sedunia

bisa liat dibawah ini, ini salah satu potret jakarta, setelah hujan berhenti, di jembatan penyebrangan di bundaran HI.

atau yang ini


lalu yang ini,



sangat kontras ya? di jakarta yang menjadi ibu kota negara indonesia ini masih ada potret kayak gini, sedikit meringis melihat kayak gini, selintas gue inget lagunya iwan fals yang gini liriknya.

Si Budi kecil kuyup menggigil
Menahan dingin tanpa jas hujan
Di simpang jalan tugu pancoran
Tunggu pembeli jajakan koran

Menjelang maghrib hujan tak reda
Si Budi murung menghitung laba
Surat kabar sore dijual malam
Selepas isya melangkah pulang

Anak sekecil itu berkelahi dengan waktu
Demi satu impian yang kerap ganggu tidurmu
Anak sekecil itu sempat nikmati waktu
Dipaksa pecahkan karang lemah jarimu terkepang

Cepat langkah waktu pagi menunggu
Si Budi sibuk siapkan buku
Tugas dari sekolah selesai setengah
Sanggupkah si Budi diam di dua sisi

atau lagu yang ini,

Seorang anak kecil bertubuh dekil
Tertidur berbantal sebelah lengan
Berselimut debu jalanan

Rindang pohon jalan menunggu rela
Kawan setia sehabis bekerja
Siang di seberang sebuah istana
Siang di seberang istana sang raja

Kotak semir mungil dan sama dekil
Benteng rapuh dari lapar memanggil
Gardu dan mata para penjaga
Saksi nyata....... Yang sudah terbiasa

Tamu negara tampak terpesona
Mengelus dada gelengkan kepala
Saksikan perbedaaan yang ada

Sombong melangkah istana yang megah
Seakan meludah di atas tubuh yang resah
Ribuan jerit di depan hidungmu
Namun yang ku tau.... Tak terasa terganggu

apalagi pas gue inget, setelah nonton tv bareng ayah, ternyata besok tanggal 9 desember, tanggal itu adalah hari anti korupsi sedunia. coba duit yang mereka korupsi dipake buat menyekolahkan anak-anak yang kayak diatas, pasti ngga bakal kita ngeliat potret kayak gitu.

banyak yang mengatakan tanggal 9 desember besok bakal ada demo anti korupsi, apakah itu bisa membuat perubahan? tapi ada benernya juga mengadakan aksi itu itung-itung biar yang tukang korupsi tersentuh barang sedikit tentang apa yang telah dia lakukan. dan sekaligus merayakan hari anti korupsi sedunia, yang penting ngga rusuh deh.

Dim Syamsudin mengatakan "ayo besok yang mau merayakan hari anti korupsi datang, tapi yang pro-korupsi jangan menghalangi"

3 komentar:

  1. keep posting kaa, nulis di kaskus dong

    BalasHapus
  2. Kalo diliat kayanya mereka tidurnya puleees banget ya, walaupun cuma di jembatan dan tanpa apa2. Coba dibandingin sama para pejabat, gue yakin tidurnya ga senyenyak ini, soalnya banyak dosa. Hahahaha ;)

    BalasHapus
  3. hmm bagus bagus yu. tapi kurang banyak ah menurut gw tulisannya hehehehe

    BalasHapus