Selasa, 28 April 2009

mengukur tinggi remaja

yang biasanya remaja, merasa mengeluh bila kekurusan, kegemukan, kependekan, ngga ideal. hal ituwajar. tapi yang kita mau bahas sekarang adalah masalah tinggi remaja. banyak remaja yang bilang "gue kependekan ya!" mereka ngga bersyukur kalo Tuhan udah ngasih badan dia segitu. ada yang sampe olahraga lompat-lompat biar tambah tinggi, ada yang berenang biar tambahtinggi, minum susu yang biar tambah tinggi. tapi kalo udah genetiknya pendek gimana?. nah inigue mau bahas disini. untuk mengukur tinggi remaja berdasarkan genetiknya :

tinggi badan anak perempuan =
((tinggi badan ayah - 13cm) + tinggi badan ibu) : 2 ± 8,5


contohnya :
ayah sherina tingginya 170, ibunya sherina 162.
maka rentang tinggi badannya sherina adalah
((170 - 13cm) + 162) : 2 + 8,5 = 173 cm (paling tinggi)
((170 - 13cm) + 162) : 2 - 8,5 = 156 cm (paling rendah)

tinggi badan anak laki-laki =
((tinggi badan ibu + 13cm) + tinggi badan ayah) : 2 ± 8,5


contohnya :
ayah sherina tingginya 170, ibunya sherina 162.
maka rentang tinggi badannya ade laki-lakinya sherina adalah
((162 + 13cm) + 170) : 2 + 8,5 = 181 cm (paling tinggi)
((162 + 13cm) + 170) : 2 - 8,5 = 164 cm (paling rendah)




Senin, 27 April 2009

Cangkir dan Kopi

Sekelompok alumni satu universitas yang telah mapan dalam karir masing-masing berkumpul dan mendatangi professor kampus mereka yang telah tua. Percakapan segera terjadi dan mengarah pada komplain tentang stess di pekerjaan dan kehidupan mereka.

Menawari tamu-tamunya kopi, professor pergi ke dapur dan kembali dengan poci besar berisi kopi dan cangkir berbagai jenis - dari porselin, plastik, gelas, kristal, gelas biasa, beberapa diantara gelas mahal dan beberapa lainnya sangat indah - dan mengatakan pada para mantan mahasiswanya untuk menuang sendiri kopinya.

Setelah semua mahasiswanya mendapat secangkir kopi di tangan, professor itu mengatakan : "Jika kalian perhatikan, semua cangkir yang indah dan mahal telah diambil, yang tertinggal hanyalah gelas biasa dan yang murah saja. Meskipun normal bagi kalian untuk mengingini hanya yang terbaik bagi diri kalian, tapi sebenarnya itulah yang menjadi sumber masalah dan stress yang kalian alami."

"Pastikan bahwa cangkir itu sendiri tidak mempengaruhi kualitas kopi. Dalam banyak kasus, itu hanya lebih mahal dan dalam beberapa kasus bahkan menyembunyikan apa yang kita minum. Apa yang kalian inginkan sebenarnya adalah kopi, bukanlah cangkirnya, namun kalian secara sadar mengambil cangkir terbaik dan kemudian mulai memperhatikan cangkir orang lain."


"Sekarang perhatikan hal ini : Kehidupan bagai kopi, sedangkan pekerjaan, uang dan posisi dalam masyarakat adalah cangkirnya. Cangkir bagaikan alat untuk memegang dan mengisi kehidupan. Jenis cangkir yang kita miliki tidak mendefinisikan atau juga mengganti kualitas kehidupan yang kita hidupi. Seringkali, karena berkonsentrasi hanya pada cangkir, kita gagal untuk menikmati kopi yang Tuhan sediakan bagi kita."

Tuhan memasak dan membuat kopi, bukan cangkirnya. Jadi nikmatilah kopinya, jangan cangkirnya.

Sadarilah jika kehidupan anda itu lebih penting dibanding pekerjaan anda. Jika pekerjaan anda membatasi diri anda dan mengendalikan hidup anda, anda menjadi orang yang mudah diserang dan rapuh akibat perubahan keadaan. Pekerjaan akan datang dan pergi, namun itu seharusnya tidak merubah diri anda sebagai manusia. Pastikan anda membuat tabungan kesuksesan dalam kehidupan selain dari pekerjaan anda

Minggu, 26 April 2009

Selamatkan Terumbu Karang


desir pasir yang kurasakan diatas kaki saat ku melangkah menuju buih ombak yang membasahi badan ku mari kita rasakan sunset dan sunrise
saat kita berada di terumbu karang


memandang jauh luas samudra

terselami ribuan misteri
lukisan kilau biru luas terhampar


jangan abaikan kelestariannya

hanya untuk kepuasan angkara
akankah kulihat abadi hingga
akhir masa

selamatkan.. selamatkan terumbu karang


selamatkan.. selamatkan terumbu karang


Sabtu, 25 April 2009

liburan ini cukup panjang untuk dilewati, tapi sayangnya gue ngga bisa membuat waktuliburan ini berbeda dari biasanya mulai dari :
Sabtu : gue bangun tidur, sholat, dan rutinitas dipagi hari, abis itu di depan computer oL,sambil menyelesaikan misi level 2 di game DOOM3, (tapi ngga selesai)

Minggu : seperti biasa, cuma oL buat ngomongin liburan mau kemana?
(jalan sama anak SMP atau SMA)

Senin : pagi-pagi ke GOR Bulungan, ke taman safari, ngumpul-ngumpul sama anak SMP makan di MM juice puncak, balik ke GOR (berkongko-kongko disana)

Selasa : dimarahin ibu soalnya tidur kemaleman, jadi gue bangun jam 10.
sorenya jalan sama Yuni beli ke BP buat beli buku Rafif

Rabu : dirumah aja, harusnya ada latihan FABAVOSSA buat lomba di STMIK
(tapi gue ngga dateng, dirumah Ile soalnya di Rempoa)


Kamis : dirumah aja, oL, sorenya kerumah Lya sama kerumah Chika
(ngomongin Tiwi)

Jumat : beres-beres rumah sama ibu dan dede, soalnya ada bagian kamar gue yang dirombak

Sabtu : oL, nulis blog, nemenin sodara main petak umpet,
malem mingguan bareng laptop.

Minggu : harusnya kerumah tiwi, tapi ngga tau jadi apa ngga,
ke rumah tante vini bareng keluarga besar.


wew, liburan kali ini ngga buruk-buruk banget dah. untung ada dia.
my laptop. jadi ngga bosen.

liburan = LAPTOP

filosofi pensil

"Setiap orang pernah membuat kesalahan. Itulah sebabnya, pada setiap pensil ada penghapusnya" (Pepatah Jepang)

Kali ini saya ingin menceritakan kepada Anda sebuah kisah penuh hikmah dari sebatang pensil. dinasihati mengenai tugas yang akan diembannya. Maka, beberapa wejangan pun diberikan kepada si pensil. Inilah yang dikatakan oleh si pembuat
pensil tersebut kepada pensilnya.

"Wahai pensil, tugasmu yang pertama dan utama adalah membantu orang sehingga memudahkan mereka menulis. gagal berfungsi sebagai alat tulis. Macet, rusak, maka tugas utamamu gagal."

"Kedua, agar dirimu bisa berfungsi dengan sempurna, kamu akan mengalami proses penajaman. Memang meyakitkan, tapi itulah yang akan membuat dirimu menjadi berguna dan berfungsi optimal".

"Ketiga, yang penting bukanlah yang ada di luar dirimu. Yang penting, yang utama dan yang paling berguna adalah yang ada di dalam dirimu. Itulah yang membuat dirimu berharga dan berguna bagi manusia".

"Keempat, kamu tidak bisa berfungsi sendirian. Agar bisa berguna dan bermanfaat, maka kamu harus membiarkan dirimu bekerja sama dengan manusia yang menggunakanmu" .

"Kelima. Di saat-saat terakhir, apa yang telah engkau hasilkan itulah yang menunjukkan seberapa hebatnya dirimu yang sesungguhnya. Bukanlah
pensil utuh yang dianggap berhasil, melainkan pensil-pensil yang telah membantu menghasilkan karya terbaik, yang berfungsi
hingga potongan terpendek. Itulah yang sebenarnya paling mencapai tujuanmu dibuat".

Sejak itulah,
pensil-pensil itu pun masuk ke dalam kotaknya, dibungkus, dikemas, dan dijual ke pasar bagi para manusia yang membutuhkannya.


Pembaca, pensil-pensil ini pun mengingatkan kita mengenai tujuan dan misi kita berada di dunia ini. Saya pun percaya bahwa bukanlah tanpa sebab kita berada dan diciptakan ataupun dilahirkan di dunia ini. Yang jelas, ada sebuah purpose dalam diri kita yang perlu untuk
digenapi dan diselesaikan.

Sama seperti pensil itu, begitu pulalah diri kita yang berada di dunia ini. Apa pun profesinya, saya yakin kesadaran kita mengenai tujuan dan panggilan hidup kita, akan membuat hidup kita menjadi semakin bermakna.

Hilang arah
Tidak mengherankan jika Victor Frankl yang memopulerkan Logoterapi, yang dia sendiri pernah disiksa oleh Nazi, mengemukakan "tujuan hidup yang jelas, membuat orang punya harapan serta tidak mengakhiri hidupnya". Itulah sebabnya, tak mengherankan jika dikatakan bahwa
salah satu penyebab terbesar dari angka bunuh diri adalah kehilangan arah ataupun tujuan hidup. Maka, dari filosofi pensil di atas kita belajar mengenai lima hal penting dalam kehidupan.

Pertama, hidup harus punya tujuan yang pasti. Apapun kerja, profesi atau pun peran yang kita mainkan di dunia ini, kita harus berdaya guna. Jika tidak, maka sia-sialah tujuan diri kita diciptakan. Celakanya, kita lahir tanpa sebuah instruksi ataupun buku manual yang menjelaskan untuk apakah kita hadir di dunia ini. Pencarian akan tujuan dan panggilan kita, menjadi tema penting selama kita hidup di dunia.

Yang jelas, kehidupan kita dimaknakan untuk menjadi berguna dan bermanfaat serta positif bagi orang-orang di sekitar kita, minimal untuk orang-orang terdekat. Jika tidak demikian, maka kita useless. Tidak ada gunanya. Sama seperti sebatang
pensil yang tidak bias dipakai menulis, maka ia tidaklah berguna sama sekali.

Kedua, akan terjadi proses penajaman sehingga kita bisa berguna optimal, oleh karena itulah, sering terjadi kesulitan, hambatan ataupun tantangan. Semuanya berguna dan bermanfaat sehingga kita selalu belajar darinya untuk menjadi lebih baik. Ingat kembali soal Lee Iacocca, salah satu eksekutif yang justru menjadi besar dan terkenal, setelah dia didepak keluar dari mobil Ford. Pengalaman itu justru menjadi pemacu semangat baginya untuk berhasil di Chrysler.

Ingat pula, Donald Trump yang sempat diguncang masalah finansial dan nyaris bangkrut. Namun, kebangkrutannya itulah yang justru menjadi pelajaran dan motivasi baginya untuk sukses lebih langgeng. Kadang penajaman itu 'sakit'. Namun, itulah yang justru akan memberikan kesempatan kita mengeluarkan yang terbaik.

Ketiga, bagian internal diri kitalah yang akan berperan. Saya sering menyaksikan banyak artis, ataupun bintang film yang terkenal, justru yang hebat bukanlah karena mereka paling cantik ataupun paling tampan. Tetapi, kemampuan dalam diri mereka, filosofi serta semangat
merekalah yang membuat mereka menjadi luar biasa. Demikian pula pada diri kita. Pada akhirnya, apa yang ada di dalam diri kita seperti karakter, kemampuan, bakat, motivasi, semangat, pola pikir itulah yang akan lebih berdampak daripada tampilan luar diri kita.

Keempat,
pensil pun mengajarkan agar bisa berfungsi sempurna kita harus belajar bekerja sama dengan orang lain. Bayangkanlah seorang aktor atau aktris yang tidak mau diatur sutradaranya. Bayangkan seorang anak buah yang tidak mau diatur atasannya. Ataupun seorang service provider yang tidak mau diatur oleh pelanggannya. Mereka semua tidak akan berfungsi sempurna. Agar berhasil, kadang kita harus belajar dari pensil untuk 'tunduk' dan membiarkan diri kita berubah menjadi alat yang sempurna dengan belajar dan mendengar dari
ahlinya. Itulah sebabnya, kemampuan untuk belajar bekerja sama dengan orang lain, mendengarkan orang lain, belajar dari 'guru' yang lebih tahu adalah sesuatu yang membuat kita menjadi lebih baik.

Terakhir,
pensil pun mengajarkan kita meninggalkan warisan yang berharga melalui karya-karya yang kita tinggalkan. Tugas kita bukan kembali dalam kondisi utuh dan sempurna, melainkan menjadikan diri kita berarti dan berharga. Itulah filosofi 'memberi dan melayani'
yang diajarkan oleh Tuhan kita.

Yang penting, hingga pada akhir kehidupan kita ada karya ataupun hasil berharga yang mampu kita tinggalkan.

Filosofi Kiss

Dalam kehidupan sehari-hari, kita hendaknya mencari cara terbaik untuk memecahkan setiap masalah yang terjadi. Tetapi, saat menghadapi suatu masalah seringkali kita terkecoh, sehingga walaupun masalah tersebut terpecahkan, tetapi pemecahan yang ada bukanlah suatu pemecahan yang efisien dan justru malah terlalu rumit.
Mari kita coba lihat dalam kasus di bawah ini :

1. Kasus kotak sabun yang kosong terjadi di salah satuperusahaan kosmetik yang terbesar di Jepang. Perusahaan tersebut nerima keluhan dari pelanggan yang mengatakan bahwa ia telah membeli kotak sabun yang kosong. Dengan segera para pimpinan perusahaan menceritakan masalah tersebut ke bagian pengepakan yang bertugas untuk memindahkan semua kotak sabun yang telah dipak ke departemen pengiriman. Tim manajemen meminta para teknisi untuk memecahkan masalah tersebut. Dengan segera, para teknisi bekerja keras untuk membuat sebuah mesin sinar X dengan monitor resolusi tinggi yang dioperasikan oleh dua orang untuk melihat semua kotak sabun yang melewati sinar tersebut dan memastikan bahwa kotak tersebut tidak kosong.
Tak diragukan lagi, mereka bekerja keras dan cepat tetapi biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Tetapi saat ada seorang karyawan di sebuah perusahaan kecil dihadapkan pada permasalahan yang sama, ia tidak berpikir tentang hal-hal yang rumit, tetapi ia muncul dengan solusi yang berbeda.
Ia membeli sebuah kipas angin listrik untuk industri yang memiliki tenaga cukup besar dan mengarahkannya ke garis pengepakan. Ia menyalakan kipas angin tersebut, dan setiap ada kotak sabun yang melewati kipas angin tersebut, kipas tersebut meniup kotak sabun yang kosong keluar dari jalur pengepakan.

2. Pada saat NASA mulai mengirimkan astronot ke luar angkasa, mereka menemukan bahwa pulpen mereka tidak bisa ber fungsi di gravitasi nol, karena tinta pulpen tersebut tidak dapat mengalir ke mata pena. Untuk memecahkan masalah tersebut, mereka menghabiskan waktu satu decade dan 12 juta dolar. Mereka mengembang kan sebuah pulpen yang dapat berfungsi pada keadaan-keadaan seperti gravitasi nol, terbalik, dalam air, dalam berbagai permukaan termasuk kristal dan dalam derajat temperatur mulai dari di bawah titik beku sampai lebih dari 300 derajat Celcius. Dan apakah yang dilakukan para orang Rusia? Mereka menggunakan pensil!

3. Suatu hari, seorang pemilik apartemen menerima komplain dari pelanggannya . Para pelanggan mulai merasa waktu tunggu mereka di pintu lift terasa lama seiring bertambahnya penghuni di apartemen itu. Sang pemilik apartemen mengundang sejumlah pakar untuk memecahkan masalah tersebut. Seorang pakar menyarankan agar menambah jumlah lift. Pakar kedua meminta pemilik untuk mengganti lift yang lebih cepat, dengan asumsi, semakin cepat orang terlayani. Kedua saran tadi tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit.
Tetapi, pakar ketiga hanya menyarankan satu hal, bahwa inti dari komplain pelanggan anda adalah mereka merasa lama menunggu. Pakar tadi hanya menyarankan kepada sang pemilik apartemen untuk menginvestasikan kaca cermin di depan lift, supaya para pelanggan teralih kan perhatiannya dari pekerjaan 'menunggu'dan merasa'tidak menunggu lift'. It works !
Filosofi KISS ( Keep It Simple Stupid ), yaitu selalu mencari solusi yang sederhana, sehingga bahkan orang bodoh sekalipun dapat melakukannya. Cobalah menyusun solusi yang paling sederhana dan memungkinkan untuk memecahkan masalah yang ada. Maka dari itu, kita harus belajar untuk fokus pada solusi daripada pada berfokus pada masalah.

Jumat, 24 April 2009

Jubah Gaib Harry Potter Nyaris Diwujudkan


Senin, 11 Agustus, 2008 oleh Merry Magdalena

Jubah untuk menghilang milik Harry Potter sebentar lagi akan tersedia lebih dari sekedar kisah fiksi saja. Ilmuwan mengklaim mereka sudah makin dekat saja dengan temuan material yang mampu membuat benda menjadi tak kasat mata.

Ilmuwan dari University of California, Berkeley,pimpinan Xiang Zhang, menjelaskan perkembangan temuan tersebut di jurnal Nature dan Science. Untuk pertamakalinya mereka mendemonstrasikan kemampuan menghilangkan objek tiga dimensi mengunakan material artifisial yang secara tak langsung dipancarkan ke objek. Sebelumnya mereka hanya mampu melakukannya pada objek dua dimensi saja.

Kemajuan ini nyaris mendekati temuan bagaimana membuat objek benda atau manusia tidak terlihat. Jika ini bisa diwujudkan, dunia militer akan sangat terbantu.

Metamaterial

Secara teori, orang bisa melihat suatu objek karena benda tersebut menyebarkan cahaya yang mengenainya, lalu memantulkannya ke mata. Material yang dikenal dengan nama metamaterial, mampu menangkis radar, cahaya atau gelombang lain di sekitar objek.

Metamaterial adalah campuran logam dan materi papan sirkuit yang terdiri dari keramik, teflon atau komposit serat. Benda-benda itu didesain untuk membelokkan cahaya yang kasat mata ke arah lain. Ilmuwan berusaha menggunakannya untuk membelokkan cahaya di sekitar objek sehingga objek itu tidak memantulkan cahaya atau bayangan. Ini berbeda dengan teknologi keamanan yang bukan membuat pesawat tak terlihat, melainkan hanya membuatnya sulit terdeteksi radar sehingga susah dilacak.

Adapun keterangan secara kimia material terhadap jubah ini bisa dibaca pada situs chem-is-try.org

Kamis, 23 April 2009

UAN

UAN udah berjalan 3 hari, tadi abis liat berita kayaknya soal-soal UAN susah banget. soalnya tadi banyak yang nangis, gara-gara soal UANnya susah. ada yang diem aja abis ngerjain soal. ada yang murung. mereka kenapa ya? emang soalnya susah banget apa? takut ngga lulus ya? denger-denger minimalnya harus 5,5. tinggi banget. tapi mudah-mudahan semua lulus. amin. buat kakak kelasku jangan putus asa ya. positive thinking okey. tadi gue udah liat soal matematika IPA yang paket B ternyata yang kemungkinan bisa dikerjain siswa itu sebanyak 17 soal dari 40 soal. ngga ada setengahnya. berarti soalnya itu susah banget gue aja baru bisa ngerjain 3 soal. pokoknya semangat terus ya.

Rabu, 22 April 2009

21 April


21 April hari apa hayoo?

21 April itu hari kartini. jadi hari ini adalah hari peringatan emansipasi wanita yang telah diperjuangkan oleh ibu kartini. sejak itulah derajat kaum hawa itu disamakan dengan kaum adam. coba ngga ada ibu kartini pasti sekarang banyak wanita yang masih dipingit. makasih ibu kartini!. kita bisa liat sendiri sekarang banyak wanita yang mengerjakan pekerjaan perempuan, misalnya sopir bis transjakrta, kenek, polwan, dikursi DPR juga banyak yang diduduki wanitanya loh. tuh kan banyak. itu tandanya kita sudah emansipasi.

Selasa, 21 April 2009

3.6 went taman safari


sama turis dari korea

3.6 went taman safari


reuni 3.6 at Taman safari cisarua bogor
aji, reki, davin, yudi, mikael, ayu tose, pettia, intan, ridya,
riska, adit, faisal, rian, qori, boni,

3.6 went taman safari part 2

lanjutin cerita yang kemaren.
abis muter-muter melihat binatang dari seluruh dunia, kita turun di parkiran bis. eh ternyata pas kita turun boni pacarnya qori belum nyampe juga, ternyata mobil dia mogok pas di kandang singa. hahaha. nunggui boni sebentar sambil kita pada ketoilet. pertama kita muter-muter dulu di beberapa wahana, kita muter-muter karna belum buka tempat karcisnya. hehe. kayaknya kita kepagian deh, yaiyalah secara kita nyampe disana jam setengah 9, yang buka baru toilet doang. ckck.

akhirnya siboni datang, kita langsung jalan-jalan ke baby zoo. makan di sfc (safari fried chicken), foto-foto. sambil menunggu tukang tiketnya.

ngga lama kemudian, tempat karcisnya dibuka. kita semua ambil tiket terusan seharga 40rb. dengan itu kita bisa naik 10 wahana. kalo tiket yang ngga terusan, bayar 10 rb per wahana. gue, riska, pettia, ridya, qori, boni, rian, reki, pada beli tiket terusan yang lain ngga. yudi cuma beli 1 soalnya duit dia tinggal 30 rb doang (kasian si yudi). wahana yang petama kali kita kunjungi itu rumah hantu. pettia, mikael, aji, roy, davin, yudi, faisal, reki, adit, udah masuk duluan. jadi pas gue sama riska dateng. mereka udah pada keluar dari rumah hantu itu, dengan tampangyang ketakutan gitu. katanya si pettia merem pas dirumah hantu. ckck.

gue, riska, ridya, intan satu kereta dirumah hantu. didalamnya itu gue sama ridya sangat menikmati hantu-hantunya, ada pocong, kuntilanak, gendoruo, tuyul, drakula, mumi, pokoknya banyak deh. tapi kesimpulannya gue sama ridya ngga takut.cuma yang bikin teriak itu pas kuntilanak nyamperin kita.

abis dirumah hantu. kita naik sejenis kora-kora didufan. kirain kita yang pada naik itu cuma kora-kora biasa aja. tapi ternyata itu tuh bisa muter. bukannya takut. tapi inmah pusing. ckck
dari kora-kora kita menuju niagara, ternyata niagaranya rusak lagi ada perbaikan gitu. ck terus kita ke jets coaster kecil ternyata juga rusak. akhirnya kita ke pontang-panting, ke mana lagi deh gue lupa nama permainannya apa. ada 2 pokoknya.

naik kereta, mengelilingi bintang. main perang bola, foto-foto. ketemu dita-dila. lupa gue apalagi yang kita lakukan disana. pokoknya have fun. tiket terusan udah abis jam setengah 3. abis itu kita berniat untuk pulang, makan di puncak pas. kan seru tuh dingin, makan jagung bakar, pop mie. dikebun teh. enakan ( tapi itu ngga jadi gara-gara bisnya ngga kuat keatas lagi takutnya ngga bisa nanjak ) ck. akhirnya kita makan di mm juice pinggir jalan. dilesehan gitu. kita belagak orang kaya padahal kere semua. yudi pake ngutang. semua abis 370 rb. padahal duit yang kekumpul cuma 350ribuan, akhirnya kita ngumpulin lagi recehan. akhirnya kekumppul deh 370rb.

pulang, udah cape-kenyang kita. semua pada tidur di bis, cuma tose dan pettia yang masih menggila. pokoknya sampe di GOR bulungan jam 7. terus kita berkongko-kongko dulu disana sampe jam setengah sembilan gue samape rumah. senang hari ini.

Senin, 20 April 2009

Terumbu Karang Sehat Ikan Berlimpah

3.6 went to taman safari part 1

hari ini 20 April 2009, gue dan anak SMP 19, CMX 18, 3.6 jalan-jalan loh ke Taman safari, cisarua, bogor. hehe(akhirnya jalan jalan juga). padahal hari ini hari pertama UAN SMA, gue sempet liat anak 70 pada rame-rame diwarung-warung (entah ngapain ngambil contekan, beli minum rokok, jajan apa hanya berkongko-kongko saja disana) padahal itu sudah menunjukan waktu setengah 7 loh. pertama kita ngumpul di GOR bulungan. sampe disana ketemu banyak temen SMP. ada riska, pettia, ridya, davin, mikael, yudi, aji, adit, reki, intan, faisal, roy, tose, rian, qori, boni (bukan anak 3.6. pacarnya qori tapi dia anak CMX 18 juga), ada gue yang pasti. hhe. pas pertama ketemu biasalah kita cipika-cipiki sama ridya, riska dan pettia (udah lama ngga ketemu soalnya). abis itu penarikan duit transport 50 rb. sambil ngobrol ngobrol sama ridya (ngobrolin bucek) eh dimintain duit lagi sama petti 10 rb. ternyata kurang, jadi uang transportnya 60rb deh.

tepat pukul setengah 8 kita jalan dari GOR menuju taman safari. di bis kita becanda, foto-foto, makan, ngerokok (khusus ridya dan beberapa anak laki). ternyata boni pacarnya qori ngikutin kita dari belakang (kenapa tadi ngga sekalian naik bis aja) tapi katanya takut kalo ditinggal di GOR. ngga berapa lama kemudian, kira-kira jam setengah 9 kita udah nyampe di taman safari. ngga terasa ya? sampe disana biasa seksi dan dan acara Pettia Weharima, menagih duit masuk taman safari sebesar 50rb. menunggu pettia mengurus administrasi itu, gue, riska, davin, mikael, yudi, aji, adit, reki, faisal, roy, tose, rian foto-foto lagi (pokoknya foto-foto ngga boleh ketinggalan deh). eh pas lagi kita foto-foto ada turis asing dari korea gitu mereka juga minta foto bareng kita. nah pas disitu salah satu turis internaional itu bilang "wah kalian bagus buat nikah!" si turis itu menunjukan kearah tose dan ridya yang kebetulan sama-sam pake topi, tose pake topi dari anyaman bambu dan ridya pake topi rajutan (oh so sweet). abis selesai disitu, kita naik bis untuk meihat hewan-hewan yang sengaja dibiarkan hidup liar sperti aslinya. kita lihat gajah, jerapah, rusa, babirusa, bison, unta, burung unta, singa (lagi kawin), macan, kudanil, orang utan, pokoknya banyak deh.

bersambung dulu gue udah ngantuk ck.

Minggu, 19 April 2009

Bosen Gila Gue

dari tadi pagi ngga ngerjain apa-apa. bangun tidur kuterus makan. ngga tau tiba-tiba perut gue kukuruyuk gitu. abis itu nonton doraemon. ngga lupa abis nonton main komputer doom3.tapi ngga naik-naik level. sebel padahal gue udah pake cheat. terus buka internet. cuci piring ngga lupa soalnya tugas gue. jam 12 ngatuk akhirnya tidur siang deh. bangun tidur lagi buka internet tulis blog. hehe. ngga ngapa-ngapain. ckck

Angka

angka ? kata orang angka punya arti loh.

Angka 1: Melambangkan sifat Matahari, ego, bijaksana, memimpin, pionir, ide

Angka 2: Melambangkan sifat Bulan, pengatur, teliti, tekun, temperamen

Angka 3: Melambangkan sifat Venus, cinta, artistik, romantis, pengertian

Angka 4: Melambangkan sifat Bumi, sabar, telaten, kreatif, cekatan

Angka 5: Melambangkan sifat Mars, berani, libido, pantang menyerah

Angka 6: Melambangkan sifat Asteroid, rajin, pandai, tanggap

Angka 7: Melambangkan sifat Yupiter, petualang, ingin tahu

Angka 8: Melambangkan sifat Saturnus, Hemat, ahli strategi

Angka 9; Melambangkan sifat Uranus, penyayang, perhatian, pandai bergaul

Sabtu, 18 April 2009

Tukik

ayu negelepas tukik (anak penyu) bareng dewi
di Pulau Pramuka. Duta Karang Nasiona 2008.

Pertumbuhan Fisik Remaja

Pertumbuhan fisik remaja merupakan pertmbuhan yang paling pesat. remaja tidak hanya tumbuh dari segi ukuran(semakin tinggi atau semakin besar), tetapi juga mengalami kemajuan secara fungsional. terutama organ seksual atau lebih populer dengan istilah “pubertas”. hal ini ditandai dengan datangnya menstruasi pada perembpuan dan mimpi basah pada laki-laki.

Dalam kehidupan modern saat ini, dimana nutrisi tersedia begitu banyak melimpah. anak remaja saat ini memiliki asupan gizi yang lebih dari cukup. hanya saja banyak anak remaja sekarang yang kelebihan nutrisi dan menjadi kegemukan atau obesitas.

Parameter kegemukan yang palking sering dipakai adalah berat badan anak. rumus yang dibuat WHO yang dikenal dengan Indeks Masa Tumbuh.

IMT = BB : (TB)²

BB= berat badan

TB = tinggi badan (meter)

nilai IMT < 5 =" berat">

nilai IMT 18,5 - 22,9 = normal atau ideal

nilai IMT 23 - 24,9 = normal tinggi

nilai IMT 25 -29,9 = gemuk

nilai IMT lebih besar dari sama dengan 30 = sangat gemuk

aku dan dede


ini dia dede yang aku sebutin tadi.

aku dan ibu


bersama ibu

ini aku dan ibu, mirip ya?
tapi kenapa kita berdua ngga pernah akur sih.
pasti berantem terus.
selalu ada perbedaan pendapat.
yang aku bingung kenapa kalo setiap sama dede ibu selalu tersenyum?
beda banget kalo sama aku.
tapi gapapa lah mungkin itu cara ibu untuk sayang sama aku.

I LOVE YOU Bu.

cinta

cinta... cinta adalah saat kita memberi tanpa mengharapkan akan menerima.
cinta merupakan pengorbanan yang sangat besar untuk seseorang yang sangat dekat dengan kita.
cinta adalah salah satu yang paling berharga di dunia ini.
bahkan dari hidup sekalipun.
orang banyak yang mengorbankan nyawanya demi cinta.
cinta seseorang, akan tetap ada walaupun orang itu sudah menginggal.
tapi orang tidak akan hidup, jika tidak memiliki cinta.
hidupnya akan terasa hampa, tidak ada bedanya dengan orang mati.
karena begitu berharga, maka cinta harus dijaga dengan baik.
orang yang merusak arti cinta, tidak berhak hidup di dunia ini.
karena dunia tanpa cinta adalah kebohongan belaka.

Sistem ekskresi

Sistem eksresi adalah pengeluaran zat sisa metabolisme dalam tubuh agar kesetimbangan tubuh terjaga.

System ekskresi sangat berperan dalam menjaga homeostatis (kesetimbangan) dengan cara osmoregulasi.

Osmoregulasi adalah mekanisme tubuh untuk mengatur konsentrasu bahan terlarut dalam tubuh.

Alat ekskresi pada manusia :

1. Ginjal

Fungsi ginjal adalah :

· Mengekskresi zat sisa seperti, urea, asam urat, kreatinin keratin dan zat yang bersifat racun

· Mengatur volume plasma darah dan jumlah air di dalam tubuh

· Menjaga tekanan osmosis dengan cara mengatur ekskresi garam dengan membuang jumlah garam yang berlebihan dan menahan garam bila kekurangan

· Mengatur pH plasma dan cairan tubuh dengan mensekresi urin yang bersifat basa

· Menjalankan fungsi sebagai hormone dengan menghasilkan rennin dan eritropoitin

Struktur ginjal

Bagian luar ginjal disebut korteks

Bagian dalam ginjal disebut medulla

Ruang kosong pada ginjal disebut pelvis

Bagian terkecil di ginjal disebut nefron

Nefron mengandung dua unsure yaitu :

· Unsure pembuluh (arterial, glomerulus, arterial eferen, kapiler tubuler)

· Unsure epitel (kapsula bowman, tubulus kontortus proksimal, lengkung henle, tubulus kontortus distal, saluran pengumpul)

Pada medulla terdapat piala ginjal dan piramida ginjal

Kantung urin (vesica urinaria) berfungsi tempat penampungan urin sementara.

Ada 2 macam nefron yaitu :

· Nefron korteks

· Nefron justamedula

Proses pembuatan urin

Urin dibentuk dengan proses :

· filtrasi zat-zat beracun,

· reabsorbsi (penyerapan kembali),

· augmentasi (pengeluaran zat sisa yang tidak diperlukan lagi

Filtrasi (penyaringan)

filtrasi merupakan perpindahan cairan dari glomerulus ke kapsula bowman menuju membrane filtrasi.

Membrane filtrasi terdiri dari 3 lapisan

· sel endothelium glomerulus

· membrane basiler

· epitel kapsula bowman

Hasil penyaringan pada proses filtrasi ini menghasilkan urin primer.

Reabsorbsi (penyerapan kembali)

Rabsorbsi adalah proses perpindahan cairan dari tubulus renalis ke pembuluh darah yang mengelilinginya.

Urin sang dihasilkan proses reabsorbsi adalah urin sekunder.

Reabsorbsi terdiri dari :

· reabsorpsi air

· reabsorpsi zat tertentu

· reabsorpsi zat yang penting dalam tubuh

Augmentasi

Augmentasi adalah penambahan zat yang tidak diperlukan kembali dalam tubuh kedalam tubulus konturtus distal.

Menghasilkan urin

Factor yang mempengaruhi yang mempengaruhi terbentuknya urin :

· hormone antidioretik (ADH)

· hormone insulin

· jumlah air yang di minum

Gangguan pada ginjal :

· Gagal ginjal dan uremia

uremia adalah terbawanya urin ke dalam aliran darah disebabkan karena adanya kebocoran di nefron.

· Nefritis

Nefritis adalah peradangan pada nefron karena bakteri streptococcus yang masuk melalui saluran pernapasan.

· Diabetes insipidus

Diabetes inspidus adalah suatu penyakit yang disebabkan kelenjar hipofisis gagal mensekresi hormone antidiuretik, sehingga ekskresi urin meningkat.

· Diabetes mellitus

Diabetes mellitus atau kencing manis yaitu terdapatnya glukosa dalam urin yang disebabkan oleh hormone insulin yang dihasilkan oleh pangkreas.

· Albuminaria

Albuminaria adalah disebabkan karena kerusakan pada alat filtrasi sehingga protein dapat lolos tanpa filtrasi.

· Kencing batu

Kencing batu adalah terbentuknya butiran-butiran dari senyawa kalsium akibat penimbunan asam urat sehingga membenttuk kalsium karbonat pada ginjal. Biasanya kencing batu ini yang menyebabkan kesulitan pengeluaran urin.

2. Paru-paru

Paru-paru selain sebagai alat pernapasan juga sebagai alat ekskresi karena saat bernapan kita mengeluarkan karbondioksida. Sisa metabolism itu diangkut oleh darah menuku paru-paru dan untuk dibuang.

3. Hati

Hati selain sebagai alat pencernaan juga berfungsi sebagai alat ekskresi karena hati menghasilkan empedus, secara terus menerus yang ditampung ke dalam kantung empedu..

Empedu mengandung air, asam empedu, garam empedu, kolesterol, fosfolid, zat warna empedu dan bebrapa ion.

Empedu berasal dari penghancuran hemoglobin eritrosit yang telah tua.

Deaminasi adalah pemindahan gugus amin dari asam amino.

4. Kulit

Kulit terdiri dari 2 bagian :

· Epidermis (bagian luar)

· Dremis (bagian dalam

Fungsi kulit :

· Tempat keluarnya keringat. Keringat mengadung air dan garam-garam. Dikeluarkan dari kelenjar minyak ke pori-pori kulit.

· Mengatur suhu tubuh.

Sisitem ekskresi pada hewan vertebrata.

Tipe ginjal pada hewan vertebrata :

· Pronefros adalah ginjal yang berkembang pada fase embrio/larva yang akan menjadi mesonefros dan akhirnya menjadi metanefros

· Opistonefros adalah tipe ginjal yang terdapat pada ampibi dan ikan

· Mesonefros

· Metanefros

Saluran ekskresi pada ikan

Alat ekskresi pada ikan adalah ginjal opistonefros

Saluran urogenital adalah saluran ginjal yang menyatu dengan saluaran kelamin

Saluran ekskresi pada katak

Alat ekskresi pada katak adalah opistonefros

Ginjalnya menghasilkan zat sisa, berupa garam mineral dan cairan dari darah

Saluran ekskresi pada reptil

Alat ekskresi pada reptile adalah metanefros

Ginjal ini dihubungkan ke katung kemih dan langsung bermuara ke kloaka

Pada reptile kelenjar kulitnya menghasilkan asam urat berguna untuk mengusir musuh

Saluran ekskresi pada burung

Alat ekskresi pada burung adalah ginjal (metanefros), paru-paru, kulit.

Kelebihan larutan garam akan mengalir ke rongga hidung dan keluar melalui neres (lubang hidung)

Kelenjar minyak yang dihasilkan melalui kulit berguna untuk meminyaki bulu-bulunya.

System ekskresi invertebrate

Saluran ekskresi pada cacing pipih

Alat ekskresi cacing pipih adalah sel-sel api (selonosit)

Lubang saat cairan hasil ekskresi keluar disebut nefridiotor

Saluran ekskresi pada cacing tanah

Alat ekskresi cacing tanah adalah nefridia atau nefridium

Setiap nefridium memiliki corong yang terbuka dan bersilia yang disebut nefrostom

Saluran ekskresi pada serangga

Alat ekskresi pada serangga adalah tubula atau pembuluh malpighi

Hemolimfa adalah darah pada vertebrata dengan system peredaran darah terbuka

Saluran ekskresi pada ikan