Minggu, 26 Juli 2009

Juara

hampir sebulan saya menunggu pengumuman tentang essay. akhirnya hari ini tanggal 26 Juli 2009 pengumumannya, walaupun saya ngga kesana ke MIPA UI Depok (soalnya kejauhan) akhirnya lagi ka rino (kakak-kakak panitianya) ngaasih tau saya kalo sayaa......

JUARA III LOMBA ESSAY DI MIPA UI

Yaaa ampuun.. Alhamdulillah banget ya Allah

seneng banget.

padahal saya sudah membayangkan kalo saya ada di sana, penyerahan hadiahnya, pastinya disana difoto-foto, terus saya bisa menginjakan kaki di UI (soalnya belum pernah tuh kesana), terus apa lagi yaa. pokoknya saya sudah membayangkan yang waw-waw deh.

oh iya ini essay yang saya kirimkan sehingga saya bisa menang.


Kerusakan Hutan

Seringkali masyarakat Indonesia dan dunia mengeluh tentang kerusakan hutan yang berdampak negatif bagi kesehatan dan potensial mengganggu kegiatan. Dari sudut kesehatan, penyakit yang dapat muncul akibat kerusakan hutan adalah pernapasan, yang terkait salah satu faktor kerusakan hutan, yakni kebakaran hutan. Tidak hanya pernapasan, sanitasi juga bisa menjadi masalah, kerusakan hutan yang menyebabkan sulitnya air bersih dimasyarakat dapat memicu terjadinya penyakit kulit. Dari segi produktivitas, banyak kegiatan yang terancam terganggu, transportasi misalnya. Di daerah yang mengandalkan sungai sebagai jalur transportasi dengan adanya kerusakan hutan terutama yang terkait dengan pembalakan liar dapat terganggu karena sungai yang digunakan untuk transportasi juga menjadi alur distribusi kayu gelondongan yang praktis, tinggal dihanyutkan. Tindakan pemerintah dalam melindungi alam dengan cara konservasi dengan adanya kerusakan hutan juga terganggu, bahkan tidak mustahil dalam skala tertentu kegiatan konservasi akan berhenti karena spesies yang akan dikonservasi sudah punah menyusul rusaknya hutan. Hal ini cukup memprihatinkan mengingat dulu Indonesia dijuluki sebagai zamrud khatulistiwa, pertanda bahwa Indonesia pernah menjadi wilayah hijau yang rindang.

Hutan adalah salah satu hal yang vital bagi kehidupan makhluk hidup, dengan adanya hutan makhluk hidup dapat makan dan tinggal. Hutan berperan besar bagi kelangsungan hidup kita semua. Sumber daya hutan juga memegang peranan strategis, karena disamping memiliki fungsi produksi, hutan juga berpengaruh pada kelestarian alam dan lingkungan. Hutan di Indonesia memberi pengaruh yang besar secara global maupun regional. Surganya hutan dunia dahulu terdapat di Indonesia, namun amat disayangkan surga tersebut telah terdegradasi bahkan ada kemungkinan akan musnah. Mengapa demikian?

Faktor terbesar yang menyebabkan hutan di Indonesia rusak bahkan mungkin habis adalah faktor kebakaran hutan. Kebakaran hutan merupakan faktor yang hampir setiap tahun belakangan ini terjadi di kawasan hijau Indonesia. Kebakaran hutan mampu membumihanguskan hutan dalam hitungan detik. Karenanya, hutan di Indonesia setiap tahunnya berkurang, dan akan terus berkurang dimusim kemarau tiba, karena kebakaran hutan masih terus terjadi sampai sekarang terutama di musim kemarau yang dapat memunculkan titik panas lebih banyak.

Selain itu penyebab kerusakan hutan adalah pembalakan liar (Illegal loging). Faktor yang satu ini adalah murni perbuatan manusia. Manusia dengan serakahnya mengeksploitasi hutan besar-besaran dan tidak memikirkan akibat dari apa yang telah mereka lakukan, baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Akibat perbuatan tersebut, sebagian hutan di pulau Sumatra dan Kalimantan menjadi gundul. Hutan di Indonesia rusak dan berkurang akibat tangan-tangan yang tidak berpendidikan seperti mereka. Mereka tidak berpikir apa yang akan terjadi jika hutan habis. Yang menjadi pertanyaan besar adalah “Benarkah mereka tidak mengerti atau tidak mau mengertikah mereka tentang nasib hutan di Indonesia?” dan “Apa yang harus kita lakukan sebagai warga negara yang baik melihat keadaan hutan seperti ini?”

Kebanyakan manusia sekarang adalah manusia yang serakah, mereka tidak mau memikirkan apa yang terjadi di masa depan jika hutan ini habis, mereka mendahulukan ego. Mereka hanya memikirkan dirinya sendiri, bagaimana mendapatkan uang banyak tanpa memikirkan akibat kerusakan hutan terhadap lingkungan sekitar. Padahal jika hutan hilang, otomatis keadaan ini membuat lingkungan menjadi tidak sehat. Asap yang dihasilkan oleh kebakaran hutan membuat polusi udara sampai dengan hilangnya ekosistem hewan. Akan banyak hewan yang kehilangan habitat, dan akan menjadi wajar jika kini banyak diberitakan bahwa macan dan harimau masuk ke perkampungan penduduk. Rusaknya hutan menyebabkan lingkungan kita menjadi rusak, berkurangnya resapan air, mudah terjadi tanah longsor, berkurangnya biodervisitas tanaman yang dimiliki Indonesia di dalam hutan, berkurangnya oksigen yang dihasilkan oleh tanaman, dan terjadi polusi udara. Untuk jangka panjangngya bila hutan kita habis adalah terjadinya global warming, bagaimana tidak jika hutan kita habis, temperatur bumi berubah, dan tidak ada yang dapat memberikan kesejukan sehingga dengan mudah pemanasan global terjadi.

Sebagian besar penduduk Indonesia sudah mengerti betapa pentingnya hutan bagi lingkungan sekitar dan makhluk hidup. Banyak program untuk melestarikan hutan Indonesia sudah dicanangkan. Sebut saja gerakan tanam seribu pohon, gerakan ini bukan hanya diikuti masyarakat, namun pemerintah pun ikut ambil bagian dalam program ini. Kegiatan ini sangat membantu sekali dalam reparasi hutan di Indonesia. Karena menurut dinas kehutanan, program tanam seribu pohon yang diselenggarakan masyarakat Indonesia sudah menutup sebagian hutan Indonesia yang gundul.

Selain itu program tebang pilih tanam juga menjadi salah satu program yang diadakan di Indonesia, jadi setiap masyarakat atau perusahaan yang mau menebang pohon di hutan Indonesia, harus memilah pohon mana yang dapat ditebang, dan pohon pengganti yang bagaimana yang harus ditanam. Teknik pemuliaan pohon, manipulasi lingkungan serta pengendalian hama dan penyakit bisa dilakukan untuk memulihkan kembali hutan di Indonesia. Penanaman hutan secara intensif menjadi pilihan terbaik karena prospek ke depannya, sehingga kebutuhan kayu bisa diperhitungkan tanpa harus merusak habitat hutan alam yang masih baik.

Dengan melaksanakan program-program tersebut secara tidak langsung maupun tidak langsung kita dapat menyelamatkan makhluk hidup, lingkungan serta ekosistem yang ada di dalam hutan. Dan juga dengan program tersebut kita menyelamatkan bumi dari pemanasa global.

Sabtu, 25 Juli 2009

tak

Tak biru lagi lautku

Tak riuh lagi camarku

Tak rapat lagi jalamu

Tak kokoh lagi karangku

Tak buas lagi ombakmu

Tak elok lagi daun kelapaku

Tak senyum lagi nelayanku

Tak senyum lagi nelayanku

Rabu, 22 Juli 2009

gerhana matahari


hari ini ada gerhana matahari tau ngga? di indonesia ngga terlalu keliatan juga sih, tapi katanya pak didi kalo di china paling lama gerhanannya hampir 4 jam. subhanallah banget ya bisa kayak gini. tapi tadi pas pak didi bilang kalo hari ini ada gerhana matahari, kayaknya ngga ada yang berubah deh, masalahnya terang-terang aja tuh.

Jumat, 17 Juli 2009

sweet 17san

"bila umurku bertambah aku bersyukur kepada Allah
ku ucapkan Alhamdulillah semoga Allah memberi berkah"

mudah-mudahan diumur yang sudah tua ini, (yaiyalah, secara umur gue sudah seperempat perjalanan hidup gue) mudah-muahan gue diberikan yang lebih dari Allah, diberikan keimanan yang lebih, berkah yang lebih, ilmu yang lebih, kedewasaan yang lebih, pokoknya yang lebih-lebih dari yang kemaren gue berumur 16. pokoknya gue mau nargetin, gue harus rajin belajar secara gue udah kelas 3, gue harus bisa banggain ayah sama ibu soalnya mereka udah susah-susah ngegedein gue sampe yang segede ini, harus bisa jadi yang terbaik pokoknya. amiin

Senin, 13 Juli 2009

sakit juga

malem minggu kemaren abis makarab dirumahnya viky sekalian pelepasannya "Adinya Itassaqa Rossiana" temen gue yang mau pindah ke Arab, di pindah soalnya orang tuanya itu kerja di Deplu. (udah gue cerota tasyanya sedikit aja, kapan-kapan dilanjutkan) gue pulang keruma sekitar jam setengah sembilan malem, dan terus sampe dirumah gue langsung tiduran dan tidak sadarkan diri kemudian. (secara dari pagi gue harus ngurusin anak-anak baru nyiapin atribut MOS 2009 soalnya lagi gue kan menjadi salah satu panitianya) yaudah laaah. tiba tiba pagi harinya gue dikejutkan dengan setetes darah yang mengalir cukup deras dari hidung gue, kaya habis ditonjok. untungnya hari minggu ini gue lagi kosong (maksudnya ngga ada jadwal kemana-mana) gue dusuruh istirahat sama ibu terus banyak makan (tau ngga gue makan sampai 6-7 kali kayaknya) ters harus banyak minum (yan membuat gue beser seharian) yang gue bingung panas gue ngga turun-turun padahal gue udah banyak minum. abis isya gue di kerokin sama ibu (gilaa kayak macan tuh punggung gue hahaha) alhamdulillah abis dikerokin gue bisa tidur nyenyak walaupun badang gue panasnya 39 derjat celcius)

besoknya gue bela-belain untuk dateng kesekolah padahal, paginya gue abis mimisan lagi banyaaak banget sampe 45 menit baru berenti. terus gue kesolah untuk para tatib (tata tertib) ngasih keringanan buat gue, gue ngga ikut upacara, apel, seri. (makaish tatib, walupun galak, baik juga) disekolah badan gue panaas banget. jam 4 sore gue sampe dirumah, rencananya kalo panasnya turun gue mau les, secara gue harus mengikuti final test. tapi ternyata, badan gue panasnya sampe 39,6 (gilaa panas banget kan) karena kepanasan gue akhirnya mimisan lagi, mimisan kali ini kalo itampung bisa satu gelas kali. ibu udah panik takut gue kena DBD, akirnya gue dibawa keklinik, disana gue tes darah ke lab, ternyata hasilnya gue dinyatakan positif terkena tipus. katanya gue kecapean terus harus banyak istirahat, naaah kalio mimisan terus katanya gue kena DB, mudah-mudahan ngga, soalnya gue kalo mimisan kalo suhu dibadan gue lagi pana-panasnya. udah ah gue jadi cerita tentang diri gue kebanyaka. udah yaa. doain gue cepet sembuh.

Jumat, 10 Juli 2009

lanjutkan

setelah pencontrengan kepada kandidat capres dan cawapres dilaksanakan, penghitungan cepat pun dimulai. dan dari penghitungan cepat tersebut sudah dapat di lihat pemenangnya adalah
LANJUTKAN

taukan yang pakai kata-kata itu siapa? dia itu

Susilo Bambang Yudhoyono dan Budiono
selamat ya bapak-bapak, mudah-mudahan negara kita ini lebih baik, lebih baik lagi. pro rakya ya pak. turunin BBM juga pak biar onkos angkot ngga mahal. kalo bisa wajib belajar 12 tahun pak (soalnya dipikir-pikir lulusan SMP dipake buat apaan emangnya ntar) kan jadi GERATIS 12 tahun sekolah tuh. terus apa lagi ya? pokoknya jadi pemimpin yang TE-O-PE-BE-GE-TE deh ya pak !

*punya cerita sedikit, kata orang SBY tanpa JK, ngga bakal bisa LANJUTKAN pak ! gimana tuh.
"yaiyalah kalo ngga pake J dan K ngga bakal tertulis dan terbaca "LANJUTKAN" ntar bakalan jadi "LANUTAN".

*hahahhaha just kidding and jayus.

adzan

belum lama gue naik bis kota jakarta jurusan ciledug-blokm, secara gue anak "BASECIL" (basis ciledug kerenan dikit laaah). lagi cape-capenya abis dari daerah blok m. sampe di seskoal ada seorang pengamen naik, dia laki-laki, kalo dilihat lihat sekitar umur 20-26 laaah, dia membawa gitar dan mulai menyanyikan sebuah lau yang menurut gue lagu itu punya makna besar banget, terus gue pikir-pikir emang kebanyakan orang melakukan rutinitas begitu dan sampe lupa sholat. gini nih lagunya :

gema adzan shubuh aku lelap tertidur
gema adzan dzuhur aku sibuk bekerja
gema adzan ashar aku diperjalanan
Tuhan.... bla-bla-bla-bla (gue lupa liriknya lagi maaf)
tuh baca deh, gue rasa lagu yang mereka ciptain ini emang punya pesan banget buat kita yang dengerinnya, termasuk gue yang secara lagi gue penumpang yang mendengar langsung lagu ini keluar dari mulut si pengamen ini. emang benerkan, pas adzan shubuh kita tidur. pas adzan dzuhur kita sibuk kerja, untuk pelajar pasti lagi sibuk sama jam istirahat sekolah. terus pas adzan ashar kita pas perjalanan pulang.

kapan waktunya untuk sholat? makannya semenjak itu gue tersentuh hatinya untuk sedikit-sedikit memperbaiki kebiasan jelak gue lupa sholat, atau di undur-undur waktu sholatnya.

ayo tebak ini apa ?

ini benda kalo kita lihat dari atas, ayoo tebak !!

Kamis, 09 Juli 2009

kemana cinta fitri ?

udah ditunggu-tunggu kedatangan sinetron kesayangan gue dan keluarga yang bukan lain lagi adalah cinta fitri season ramadhan, katanya akan tayang tanggal 6 bulan ini, tapi udah ditunggu-tunggu sampai hari ini cinta fitri tak kunjung tayang. ckck. sampai hari ini gue tunggu-tunggu soalnya abis tragedi yang menimpa mischa pemeran antagonis yang super nyebelin dan jahat itu mengalami kecelakan di daerah salemba sana, yang menyebabkan kerusakan kecil dibagian korneanya dan luka di mukanya (weiits ngalahin infotaiment gue), itu dia yang menyebabkan ngga tayang-tayang cinta fitrinya. padahal di iklan bilangnya tanggal sembilan loh. oh iya ada kabar lagi ternyata mozza juga lagi kena tifus, terusnya lagi si tristan yang kena dbd. kenapa pada sakit sih? kan jadi diundur nih sinetronnya, ngga tau apa udah nungguin ck. cepetan tayang ya !

Selasa, 07 Juli 2009

jutaan mata tertuju padanya

dialah Michael Jackson "King of The Pop" karena karya-karya yang ia hasilkan menoreh perhatian dari halayak ramai, saat ia akan dikuburkan juga pastinya menoreh perhatian yang tidak kalah mewah dan ramainya di Amerika Michael Jackson dimakam kan. sebagian kalangan artis duniapun ikut dalam acara penghormatan ini. hampir di seluruh stasiun TV dunia menayangakan acara pemakamannya. memang hebat dia, alhamdulillahnya dia katanya sudah menjadi mualaf. mudah-mudahan meninggalnya pas keadaan khusnulkhotimah. amiin.

kenapa kita harus menyontreng?

yaiyalah dengan ini berarti kita peduli dengan pemernitahan yang akan datang, bukan mau belagak sok tau. tapi menurut yang gur denger dari bapak andi sutopo guru kewarganegaraan gue di sma 47 pas kita lagi membahas tentang pemilu. pemilu ini adalah salah satu ajang dimana kita bisa menyalurkan aspirasi kita. jadi sayang banget kalo banyak yang golput. kalo seandainya aja gue udah berumur 17 tahun pasti gue ngga mau ngelewatin kesempatan ini. hari ini adalah pemilu untuk pemilihan presiden 2009-2014. jadi kalo diitung-itung gue baru bisa nyoblos 5 tahun lagi. ck

ayo jangan bingung buat kalian yang milih sekarang kandidatnya sama-sama kuat loh :
1. Megawati dan Prabowo
2. Susilo Bambang Yudhoyono dan Budiono
3. Jusuf Kala dan Wiranto

Senin, 06 Juli 2009


ceritanya anak punk, tadi gue dapet ide dari om gue

belajar udah kelas 3





sekolah

sekolah itu ngga seru tanpa pe-er
sekolah juga ngga seru tanpa remedial
sekolah itu seru kalo kita cabut bareng-bareng, abis itu dimarahin guru deh
atau pas lagi kita ngga ngerjain pe-er, atau lagi pas kita nyontek bareng-bareng
kata orang sekolah tempat ngeceng paling enak
kata orang lagi ekskul basket ekskul yang paling cool
sekolah rumah kedua kita (pelajar), lagian kalo ada event pasti kita disekolah sampe malem
sekolah salah satu tempat nyari pacar (huehehehe)
sekolah tempat nyontek yang paling cepat

jangan mikir sekolah menjadi negatif

sekolah tempat nyari ilmu
sekolah tempat nyari banyak temen
sekolah tempat belajar berorganisasi
sekolah juga tempat mencari jatidiri
sekolah tempat kita mencari prestasi
sekolah tempat belajar bagaimana solidaritas
sekolah tempat ngasah bakat kita ada dimana dengan adanya ekskul

Minggu, 05 Juli 2009

jamsis part I


bisa difikirkan

lo tau hubungan antara dua bola mata lo?

mereka berkedip bersama
mereka bergerak bersama
mereka menangis bersama
mereka melihat bersama
mereka tidur bersama

meskipun mereka tidak pernah melihat antara satu sama lain.
persahabatanharusnya seperti itu.
sebuah kehidupan akan seperti neraka, tanpa seorang sahabat. (agak sedikit lebay si) tapi gitu deh pokoknya.