Jumat, 30 Oktober 2009

28 oktober

Ketika semua orang gencar-gencarnya membicarakan 2 kata ini yang sepertinya familiar.
||disekolah||
"besok ada upacara loh!"
"besok bawa topi"
"besok tanggal 28 ya?"
"besok ada acara apa si? Kita ngga belajar dong ya?"

...(dalem hati gue).. Apa apaan dah ni, emang besok ada apa si? Akhirnya gue langsung mengutarakan pertanyaan yg ada di otak gue ke manusia prasejarah dikelas gue, yang ngga asing, dan yang ngga bukan lagi adalah @mastongki "tong ada apaan deh besok? Kenapa pada ngomongin deh?" "yaampun yu, masa lu ngga tau besok apaan? Besok tanggal 28" .... Gue mikir lagi tanggal 28, kayanya nih angka familiar banget.. Tanggal 28, tanggal 28, berpikir keras untuk mengingat apa yang terjadi di tanggal 28 oktober. Tak.tik.tuk.tak.tik.tuk..hmm.. Jeng jeng jeng jeng setelah beberapa menit gue inget kalo tanggal 28 ituu. Tanggal 28 itu adalah hari lahir ayah gue. Happy birthday ayah. happy birthday ayah. happy happy happy birthday. Happy birth day ayah. (lagu happpy birthday)

manusia di depan gue cuma memandang gue dengan wajah yang menurut gue itu menyebalkan. Tidak menyebutkan apa salah gue, apa bener gue, dia langsung ngeluyur pulang. Sampe temen gue adit bilang, besok tuh sumpah pemuda yu! Dengan muka seadanya gue cuma bilang "oh".

gue sebenernya bingung kenapa topik sumpah pemuda begitu gencarnya semriwing di kuping gue.. Sampe sampe di twitter juga banyak yang menyinggung tentang sumpah pemuda. Sumpah pemuda yaa? Ada apa dengan sumpah pemuda? (bukan AADSP ya! Itu maksa banget soalnya)

besoknya tanggal 28 oktober 2009, ngga ada yang beda sama hari ini. Emang si sedikit ada yang beda, bedanya biasanya kita upacara kalo senin doang, tapi ini hari rabu. Biasanya jam 7 kaya gini gue lagi pelajaran olah raga, tapi karena upacara ngga jadi olah raga. Udah itu doang bedanya. Masuk pelajaran sejarah, tiba-tiba guru gue yang termasuk guru yang memiliki rasa nasionalisme tinggi ini, menyuruh semua anak sekelas berdiri dan membacakan sebuah teks di layar proyektor yang nancep di depan kelas gue. Begini teksnya :

-kami putra putri indonesia mengaku bertumpah darah satu tanah air indonesia
-kami putra putri indonesia mengaku berbangsa satu bangsa indonesia
-kami putra putri indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa indonesia

saat baca teks ini ada sesuatu yang berdiri di kulit ini, ternyata satu satu bulu di tangan gue berdiri (mungkin bulunya berdiri ikut membacakan teks tersebut) setelah membacak teks itu, pak didi nama guru yang tadi itu, bercerita tentang sumpah pemuda..sambil menyimak.. Dan akhirnya gue mengerti. Sumpah pemuda bukan sumpah biasa, bukan sumpah pocong, melainkan sumpah yang dibuat untuk perubahan bangsa indonesia. Saat sumpah ini berkumpul banyak ras dan suku, mereka berkumpul untuk melakukan perubahan untuk bangsa indonesia. Hebatkan!

:iloveindonesia

Cerita panjang

Oke, maaf banget untuk semua yang selalu setia membaca dan menjadi pengikut sedia www.celotehanpelajar.blogspot.com (kalo dipikir pikir siapa juga yang mau ya). Maaf banget soalnya annisa ayu artanti lagi sibuk.hehe.(halah sok lu!) terserah deh! Pokoknya untuk posting ini gue bakalan cerita panjang lebar. Oke lagi nih! Enakan dari mana ya?

tanggal 11 oktober yang laluuu banget, gue regenerasi duta terumbu karang di seaworld. Sedih juga sih sudah tidak menyandang gelar `duta` itu. Tapi berkat disana ada yang bisa gue ambil jadiin pelajaran, yaitu gue jadi ngga cape deh, udah ngga ada beban jadi duta. Hehe becanda. Becanda. Cerita jelasnya ada di episode selanjutnyaaa...

ulangan harian tanggal 12, awalnya karena nenganggap enteng alhasil gue remed semuak kecuali 2 pelajaran, agama, bahasa indonesi. Yang paling bikin shock matematika gue dapet 43. Gila, mungkin ini teguran dari allah supaya ngga sombong lagi. Untuk melihat nilai nilai gue, ketemu di episode selanjutnya oke.

tanggal 24 okt, #pb2009 yaitu pesta blogger 2009 di smesco, disana gue ketemu @benakribo @mastongki @nengratna @meilya @gery @ndorokakung @anakcerdas @sherinamunaf @radithyadika dan banyak lagi. Tambah teman yang pasti. Gue kesana gratis loch. Hehe.

selang beberapa hari gue ikut uji simak ui di kalibata, alhamdulillah bisa sedikit.

nah sudah sedikit bercerita, cerita panjang dan lebih lengkapnya nanti setelah modem m2 gue kembali sehat walafiat. :D

Sabtu, 10 Oktober 2009

bisa aja bangsa ini

korupsi. udah familiar kan? gempa kemarin di sumatra barat menjadi salah satu korbanya loh. yaa.. udah ngga heran si sama bangsa kita ini semuanya dikorupsi. bisa aja kan bangsa kita. kemaren gue liat detik.com

Badan Klimetologi dan Geofisika (BMKG) meralat gempa Sumatra Barat (SUMBAR) yang sebelumnya 7,6 SR menjadi 7,9 SR. sesaat setelah gempa , United States Geological Surve (USGS) merilis bahwa gempa di Sumbar berkekuatan 7,9 SR
tuh kan, tadinya BMG kita bilang gempanya 7,6 SR, tapi setelah tau dari The United States Geological Surve (USGS) yangbilang kalo gempa tersebut itu 7,9 SR baru deh dirubah.

hmmm,.... masa gempa juga mau dikorupsi si?

Sabtu, 03 Oktober 2009

DEKLARASI PELAJAR

tepat saat hari batik nasional tanggal 2 oktober 2009, selueruh pelajar khususnya di DKI Jakarta menggelar sebuah deklarasi. deklarasi tersebut diadakan di tugu proklamasi, Jakarta. semua pelajar datang untuk menyaksikan deklarasi tersebut, termasuk gue (hehhehe). disana kita mengeluarkan aspirasi bahwa pelajar ingin dan mau merdeka. kenapa dipilihnya tugu proklamasi sebagai tempat pembacaan deklarasi tersebut? yaa karena disitu jaga dua sosok pahalawan kita bung karno-bung hatta membacakan proklamasi yang bisa membuat perubahan buat bangsa indonesia, naaah... itu sebabnya deklarasi ini diadakan di situ, kita semua mau (pelajar), kita bisa membuat perubahan bagi pendidikan di indonesia. kita tidak mau dijadikan objek pemerintahan yang slelau membuat kebijakan tanpa melibatkan kita (pelajar). jadi tanggal 2 oktober juga dijadikan sebagai hari deklarasi pelajar juga ya?


ini isi deklarasinya :

DEKLARASI PELAJAR

Kami pelajar yang menggugat, dengan ini menyatakan:

1. Pelajar harus tetap merdeka untuk pertahankan tiap maha karya sebesar bangsanya.
2. Pelajar tetap akan merdeka untuk berkarakter dengan ruang gerak seluas tanah airnya.
3. Pelajar terus akan merdeka untuk persatukan tiap keberanian bicara sekuat bahasanya.

Atas nama perjuangan, untuk pelajar yang merdeka berkarya.
Tugu Proklamasi, Jakarta 2 Oktober 2009



GENERASI SIDIK JARI juga sebagai sebutannya

2 oktober 2009

secara resmi, indonesia telah mempatenkan bahwa batik milik indonesia, dan salah satu warisan yang dimiliki indonesia yang harus di jaga. tepat tanggal 2 oktober 2009 batik diresmikan milik indonesia oleh UNESCO. hari itu juga 2 oktober SBY, menyuruh seluruh indonesia untuk memakai batiknya, dari pelajar sampai orang kantoran hari itu semua memakai batik. jadi tanggal 2 oktober adalah hari batik. kita harus bangga dengan kebudayaan kita dan harus tetap menjaga warisan budaya indonesia.



IPA 2 hari batik


:iloveindonesia

Kamis, 01 Oktober 2009

indonesia digoncang

kali ini indonesia digoncang lagi oleh sesuatu yang bernama gempa. gempa menggoyangkan bagian barat sumatra dan kali ini wilayah sumatra barat, Padang. (bukan inul dkk aja yang bisa goyang kan? ahahha) gempa yang berkekuatan 7,6 skala richter ini menggoyangkan padang kemarin tanggal 30 september 2009 terjadi pada pukul 17.16.09 WIB. katanya ngga hanya daerah padang doang yang mendapat goyangan maut ini, tapi wilayah sekitarnya juga kena, seperti jambi dan jambi, dan lainnya. sampai ngeri tetangga juga kena loh. singapura dan malaysia. waw. that's great kan? katanya malahan berpotensi tsunami loh. tapi untungnya ngga jadi. fiuuh alhamdulillah Allah masih sayang sama kita.

selang beberapa jam kemudian. tepatnya pagi 1 oktober 2009, jambi yang dapet peringatan dari Allah, jambi juga diguncang oleh gempa berkekuatan 7 skala richter (ngga mau kalah ya gedenya sama padang. hehhe).

abis ini mudah-mudahan ngga ada gempa lagi. amiin.