Sabtu, 30 Oktober 2010

Menjadi diri sendiri

Yap tepat sekali, ngga ada yang lebih baik ketimbang menjadi diri sendiri, berfikir, dan memahami hal dari sudut pandang banyak orang, dan menyimpulkan dengan diri sendiri. Ketika seseorang sudah dapat bertindak seperti itu, itu adalah suatu perbuatan yang sangat terhormat, disbanding kita hanya meniru, mengikuti, hal yang lagi booming, ataupun omongan-omongan banyak orang. Belajar menjadi diri sendiri, dengan bercermin kepada opini orang lain tentang diri kita. Bukan ingin dipuji ketika mendapat opini yang baik-baik. Dan bukan berfikiran negative terhadap orang lain, ketika mendapat opini jelek.

Satu hal yang masih saya belum pahami menjadi mahasiswa adalah ketika saya dihadapkan dengan penyataan “kamu tuh SMA banget”. Banyak petanyaan-pertanyaan muncul tentang pernyataan itu, pertanyaan-pertanyaan konyol sampai yang benar-benar bagus dan terlihat intelek. Mungkin dari sudut pandang saya, “kamu tuh SMA banget” adalah salah satu sikap yang dimiliki kita yang masih terbawa sampai menjadi mahasiswa, sikap-sikap kita yang terlihat cablak, apa adanya, belum mengerti benar tapi sudah sok tau, cepat mengambil keputusan tanpa pikir panjang dulu. Yaa… itu saya, kita, kami anak SMA yang masih butuh proses, belajar mengenal dunia baru, dunia mahasiswa. Mungkin butuh waktu untuk menjadikan pola pikir sempurna, dewasa, seperti mereka. Dan saya mau belajar. Dan yang pasti harus tetap menjadi diri sendiri.

gunung merapi meletus lagi

30-10-2010

malam dini hari gunung merapi, melakukan erupsi, yang kali ini lumayan besar, gilaaa gimana ngga besar abunya sampe ke kosan saya, Pogung kilometer 4,5 jalan kaliurang. ketebalan abunya 1-2 cm.

Jumat, 29 Oktober 2010

Oktober minggu ke-3 2010

Tuhan, marahkah kau padaku

Ini kah akhir duniaku

Kau hempaskan jarimu di ujung banda

Tercenganglah seluruh dunia


Tuhan, mungkin kau ku abaikan

Takku dengarkan peringatan

Kusakiti engkau sampai perut bumi

Maafkan kami ya rabbi


Engkau yang perkasa

Pemilik semesta

Biarkanlah kami

Songsong matahari


Engkau yang pengasih

Ampunilah dosa

Memang semua ini

Kesalahan kami


Oh

Tuhan ampuni kami


Oooh

Tuhan tolonglah kamu


Tuhan ampuni kami

Tuhan tolong lah kami

Ya Allah, kini tanah airku sedang dilanda musibah, maafkan kami yang mungkin kami sudah menjauh darimu. Maafkan kami karena kami lupa bersyukur akan semua yang engkau berikan, maafkan kami, karena kami tidak menjaga ala mini, maafkan kami ketika kami terlalu percaya sama makhlukmu, bukan kepada-Mu ya Allah

Minggu ini mungkin jadi minggu yang kelabu bagi tanah airku, disebelah barat Indonesia, dikepulauan Mentawai terjadi tsunami, menyapu sebagian wilayah Mentawai, yang banyak merenggut saudara-saudara kami disana, belum lagi mereka yang hilang. Belum yang satu selesai, musibah banjir yang melanda ibu kota Negara, Jakarta. Sebagian wilayah Jakarta ditutupi air berwarna coklat yang sangat menggagu aktivitas disana. Terus dibagian tengah Indonesia, di Yogyakarta, tanggal 26 Oktober 2010 gunung merapi yang paling aktif di dunia meletus, mengeluarkan awan panas dan debunya. Dan merenggut banyak korban jiwa.

Maafkan kami ya Allah.

Senin, 25 Oktober 2010

AWAS

memberitahukan aja, ternyata om gunung disana sedang lagi ingein mengeluarkan unek-uneknya deh, udah beberapa kali dia meng-update status dari SIAGA menjadi AWAS.

yup. dia gunung merapi di Jogja, menurut berita yang saya tau katanya mau meletus. aw..aw..aw.. dan mengeluarkan wewek gombelnya. hihihih. ngga deng wedus gombel. sebenernya aku juga masih menanyakan apa arti wedus gombel? dia siapa si? eksis amat kayaknya. yang pasti aku mau kasih tau kepada seluaruh teman-teman, saudara-saudara, CP-blog kalo merapinya udah status AWAS sekarang. jadi hati-hati ya, kalo nanti tiba-tiba ada gempa, atau ada abu-asepnya, nah untuk safety beli masker ya.

oke sampai disini dulu info tentang om disana. semoga om baik-baik saja, dan jangan... oke om?

Minggu, 24 Oktober 2010

UTS-UTS-UTS

wew ngga terasa udah 3 bulan kita kuliah, dan sekarang saatnya kuliah beneran, kan kalo kuliah pasti ada ujian, nah tanggal 25 Oktober, tanggal danger buat prodi fisika 2010, soalnya ujian tengah semester pertama aku dan teman-teman ini. adalah KALKULUS. wew.... nastabh kan gan, pembuka ujian dengan kalkulus. ngga heran kalo semuanya dari kakak-kakak yang ngulang kalkulus sampe kita adik adik mahasiswa baru, belajar kalkulus 1 malem. harusnya sih jangan dicontoh kayak gini belajar kalo mau ujian. tapiii gimana yaaa.... kayak ngga tau aja deh

nah serba-serbi UTS yang ada di otak aku. heheheh... just kidding ya kawan :D

UTS = Ujian Tanpa Solusi
UTS = Ujian TranSparan
UTS = Ujian Tidak Susah
UTS = Ujian Tapi Sulit
UTS = Ujian Tetap Santai
UTS = Ujian Tapi Salah
UTS = Ujian Tanpa Soal
UTS = Ujian Tarik Sontekan
UTS = Ujian Tinggal Salin
UTS = Ujian Tetap Selow
UTS = Ujian Tetap Senyum
UTS = Ujian Top Score
UTS = Ujian Tuntas Semua

Oya Tambahan dari mas aant

UTS = Ujian Tidak Sehat
UTS = Ujian Tidak Satu-satunya
UTS = Ujian Tanpa Senyuman
UTS = Ujian Tanpa Semangat

Sabtu, 23 Oktober 2010

TOPCOP 2010

OLIMPIADE FISIKA

HTM:

SMP / MTs: 100.000 (untuk peserta Olimpiade dan Guru Pendamping), gurunya nanti mengikuti workshop

SMA / MA: 100.000 (untuk peserta Olimpiade dan Guru Pendamping), gurunya nanti mengikuti workshop

100.000 sudah paket-an, jika mendaftarkan muridnya untuk mengikuti maka harus ada guru pendampingnya

Waktu Kegiatan :

Sabtu – Minggu, 27-28 November 2010

Tempat Kegiatan :

Fakultas MIPA UGM

HADIAH :

* SMA

Juara 1 : Rp 5.000.000,00

Juara 2 : Rp 3.500.000,00

Juara 3 : Rp 2.000.000,00

* SMP

Juara 1 : Rp 3.000.000,00

Juara 2 : Rp 2.000.000,00

Juara 3 : Rp 1.000.000,00

LOMBA SEO

Tema :

Optimalisasi Teknologi Informasi Dalam Pewacanaan Rekonstruksi Paradigma Sains Untuk Kemajuan Bangsa

WAKTU Pendaftaran paling lambat :

15 Oktober 2010 (diundur hingga 27 November 2010)

Hadiah:

Juara I

* Uang Tunai Rp. 600.000,-
* T-Shirt topcop.

Juara II

* Uang Tunai Rp. 500.000,-
* T-Shirt topcop

Juara III

* Uang Tunai Rp. 400.000,-
* T-Shirt topcop

NB : Hadiah akan dibagikan mulai tanggal 28- 30 November 2010. Uang tunai akan kami kirim langsung ke rekening (BCA, Mandiri, BNI, BRI). Pembayaran via paypal atau Libertyreserve 1 USD = 10.000,- Untuk T-Shirt, kirimkan via PT. Pos indonesia. Ukuran T-Shirt All Size.

LOMBA OPINI

Tema:

Nuklir, ancaman atau solusi????

Konten opini:

* Apa yang kamu ketahui mengenai isu pembangunan PLTN di Indonesia?
* Bagaimana pangamatan & penilaian kamu tentang pembangunan PLTN di Indonesia?
* Apa saran kamu untuk pembangunan PLTN di Indonesia selanjutnya?

WAKTU

Pengumpulan Naskah : 15 Oktober – 30 Oktober 2010

Penjurian : 31 Oktober – 4 November 2010

Pengumuman : 6 November 2010

HADIAH :

Juara 1 : Rp 1.000.000,00

Juara 2 : Rp 750.000,00

Juara 3 : Rp 500.000,00

WORKSHOP GURU

Tema : Mengenal Metode Mengajar Fisika yang Tepat.

Pelaksanaan : Sabtu, 27 Nonember 2010

Tempat : FMIPA UGM

Pembicara : Dr.rer. nat Muhammad farchani Rosyid : Dosen Fisika FMIPA UGM

Prof. Yohanes Surya*

dari BATAN

Fasilitas untuk peserta

1. Seminar kit
2. Snak
3. Sertifikat

Untuk guru selain pendamping siswa olimpiade dapat mendaftar dengan membayar melalui email tckfgama2010@gmail.com dengan biaya pendaftaran Rp 20.000,00

Format pendaftaran : Nama _Asal Sekolah dengan Subject: Daftar Workshop Guru


SEMINAR

Tema :

“Nuklir, Ancaman atau Solusi???”


Pembicara (dalam konfirmasi) :

- Drs. H. Suharna Surapranata, MT ( Menristek 2009 – 2014 )

- Batan Pusat

Waktu Kegiatan :

Tanggal : 28 November 2010

HTM :

Mahasiswa/Pelajar : Rp 50.000,00

Umum/S2 : Rp 100.000,00


DIALOG EDUKASI

Tema :

Pahlawan Bangsa bernama Ilmuwan
Deskripsi :
Sebuah forum diskusi antara pakar pendidikan dengan peserta yang sebagian besar adalah siswa – siswa peserta Olimpiade Fisika Nasional ini akan membahas tentang “Pahlawan Bangsa bernama Ilmuwan” dimana pahlawan bukan sekedar orang yang berperang menggunakan senjata tetapi berperang menggunakan akal dan pikiran serta karya – karya inovatif yang dapat memberikan sumbangsih kepada Negara.

Waktu :

27 November 2010

Tempat :

FMIPA UGM

Kamis, 21 Oktober 2010

Wow! Kamu memiliki semuanya untuk menjadi kuat. Selalu siap sedia, fokus dan selalu percaya diri, kamu kelihatan seperti perempuan yang terlihat rapi tanpa harus berusaha. Pandai berbicara dan cerdas, kamu selalu memilki pandangan sendiri untuk setiap kejadian. Kamu juga orang yang menginginkan segalanya!

kalkulus pemersatu prodi

hallo ketemu lagi dengan aku annisaayu, untuk di dunia maya mungkin lebih dikenal dengan nama itu, tapi kalo di dunia sungguhan aku dipanggilnya ayu. oke, guys. aku bakalan cerita tentang judul itu "kalkulus pemersatu prodi" <-- maksudnya apaan dah yu? iya aku kan prodi fisika, disini bener bener berasa satunya ketika kita melewati satu mata kuliah yang emang katanya "danger" dan dia adalah K to the A to the L to the K lagi, to the U to the L lagi to the U lagi to the S --> KALKULUS.

ini mata kuliah :

  • adalah yang paling banyak massanya,
  • dari tahun 2007-2010 ada semua disitu,
  • dari yang rajin sampe yang males,
  • dari yang suka nanya terus sampe yang suka tidur,
  • dari yang suka ngobrol sampe yang bergosip ria,
  • dari yang duduk di depan sampe yang dibelakang,
  • dari yang tua sampe yang muda,
  • dari yang suka nyatet sampe yang membuat masterpiece di buku catetanya (felix),
  • dari yang suka nyalin sampe nyalin tugas laporan disitu,
  • dari yang semangat belajar sampe yang tukang nguap,
  • dari yang datengnya pagi sampe yang suka telat,
  • dari yang tujuannya belajar sampe yang tujuannya cari cem-ceman
  • dari yang diem-diem sampe yang ngga bisa diem
itu semua ada di kalkulus, aku juga sempet bingung pertamanya, kenapa massanya begitu banyak? apakah semuanya ini pada hobi kalkulus, atauuu?? belum lagi bapak gurunya, yang seperti itu apa adanya, yang katanya selalu ngasih soal yang syusaaaah saat UTS atau UAS, bapak gurunya yang dengan lihainya mengutak-ngatik angka dan variabel di papan tulis, belum lagi limit-limitnya. dan itu semuanya hanya ada di kalkulus.

kalkulus yang selalu membangunkanku selasa pagi jam 6, dan selalu berusaha untuk on time dateng ke ruang B1.02 ruang yang dikenal sebagai sauna mipa. dan disinilah kalkulus beromansa, azeeek nyontek kata-katanya. hahhahaha

Rabu, 20 Oktober 2010

satu tahun jabatan sby budiono

wow.. saatnya suara mahasiswa di dengar, apa yang telah di kerjakan bapak sby disana, dan sekarang kita mau lihat, kita mau dengar, kita boleh tau dong semuanya. oh iya, kemaren tepanya tanggal 20 oktober 2010 itu, tepat satu tahun jabatan sby-budiono. dan kebanyakan dari kita (mahasiswa) melakukan demo dimana-mana. walaupun aku ngga turun langsung untuk demo, aku terus ngikutin perkembangannya, aku penasaran banget sama yang namanya demo. aku tertarik dengan kata itu, walaupun kebanyak orang berfikiran kalo demo itu minus, tapi ngga menurutku, dengan begitu kan asporasi kita mungkin bisa terdengar, walaupun ngga banyak juga yang tidak menggubris kita. tadinya sih kepengen ikut, tapi karena ada tutor kalkulus, danger of bidang study, jadi ngga jadi deh. tapi suatu saat aku mungkin bisa turun ke jalan untuk ikut itu. hahahahah.

sorry, jadi curhat sedikit, masalah aku mau ikut demo hahahah. maaf ya :D

iya jadi hari ini itu ribuan mahasiswa, turun untuk demo di daerah tempat mereka, misalnya untuk universitas di daerah jogjakarta kayak UGM, UII, UNY dan kawan-kawanya turun demo di bundaran UGM. mereka menggelar unjuk rasa memperingati satu tahun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono. Mereka menuntut agar SBY-Boediono turun dari jabatannya sebagai presiden dan wakil presiden karena dinilai gagal mensejahterakan rakyat. Mahasiswa yang mengatasnamakan diri Masyarakat Peduli Kemiskinan berorasi disana.

mungkin aku masih lama untuk merasakan berdemo, berorasi seperti mereka, tapi dengan ini, mungkin bisa samalah. aku cuma menulis sedikit, mungkin bapak disana membacanya (kalo tiba-tiba nyasar ke blog aku)


"bapak aku seorang mahasiswa baru, yang mungkin belum mengenal sepenuhnya dunia politik, dunia apalah itu disana, tapi saya mebaca, mendengar, dan melijhat berita. dan menurut saya kakak-kakak yang turun disana benar kok, katanya dulu bapak mau mensejahterakan rakyat, tapi mana pak? aku ngga akan mungkin berkoar-koar untuk bilang "turun" tapi mungkin dengan ini bapak memikirkannya ya pak, terimakasih bapak"


oh iya teman-teman semua, maaf belum ada fotonya tentang demo kemaren ya. nanti aku update lagi. oh iya lagi, demo hari ini dilakukan banyak mahasiswa di seluruh indonesia. mungkin kalo aku ada di jakarta aku akan ke bunderan HI untuk lihat, dan ikut disana, masalahnya disana lebih rame. presiden-presiden universitas besar semua turun kesana.

waaah... keren ya. ini dia mahasiswa.


HIDUP MAHASISWA INDONESIA

HIDUP MAHASISWA INDONESIA

HIDUP MAHASISWA INDONESIA

HIDUP MAHASISWA INDONESIA

Rabu, 13 Oktober 2010

bukan berarti kita belakang

belajar ala mahasiswa ternyata beda loh sama kebanyakan anak sma, kalo dulu pas sma kita udah punya bangku masing-masing, jadi setiap hari kita sekolah dan belajar pasti di bangku itu itu terus. dan teman sebangkunya juga itu-itu terus, beda sama orang kuliahan (weeets udah kuliah lu yu?) kalo orang kuliahan mah, duduknya bebas mau di depan boleh, di belakang boleh, duduk disebelah siapa juga boleh, sebelah yang pinter, kakak senior, adek junior, bapak dosennya juga gapapa.

nah kebetulan tempat favorit gue itu duduk, di bagian belakang, kalo di ruang B1.02 yang terkenal sebagai sauna MIPA Utara gue duduk dibagian undakan, nah kalo dari situ keliatan jelas bapak gurunya nerangin (bapak dosen kali yu?) gue biasa duduk bareng-bareng temen gue tatag, felix, iip, anwar, riri, bhisma, adit, kiki. bukan masalah kita yang paling rame dikelas, tapi karena emang hobi kita duduk di bagian itu. bukan berarti yang duduk di belakang males, males dan maunya becanda terus, tapi adakalanya kok kita harus serius, dan kita tau itu <-- sampai ngantuk. banyak orang bilang duduk dibelakang.... pokoknya fikiran orang negatif, tapi itu bukan kita. wuuu.... perbedaan jalan pikir, adalah lumrah, dan wajar, mungkin yang duduk di sana terlalu berfikir akan mindsetnya, yang padahal belum di set wakakakakak. sedangkan kita, berfikir, dengan logis walaupun banyak selingan ketawa-ketawanya. so, jangan beda-bedain kita oke !!

Senin, 11 Oktober 2010

jadi mahasiswa





wooo.. lama ngga nge-post tentang pelajar yang telah berubah menjadi mahasiswa. bangga rasanya ketika dikatakan menjadi mahasiswa. aku yang dulu dan yang sekarang beda, walaupun fisik dan sepenglihatan sama,tapi ternyata kalo diperhatiin beda kok. bukan dari pakaiannya doang, yang dulu kemana mana pake seragam sekolah tapi sekarang pake baju bebas. dulu seperti ini, dulu kalo mau makan, tinggal makan dirumah, tapi sekarang harus keluar rumah-lebih tepatnya keluar kosan nyari makan. dapetin temen temen baru yang seru seru gila gila. selamat datang tatag, felix, bhisma, iip, adit, riri, kiki di dunia kita.

oke agak ngga ke konsep nih ceritanya. foto yang paling atas, itu foto gue dan felix ketika dinobatkan menjadi putra-putri fisika 2010, bingung juga si kenapa gue sama felix yang dipilih, kirain gue yang pinter pinter yang dipilih, eh ternyata felix dan ??? bukan gue ngatain, tapiii... ternyata yang dipilih yang supel supel, yang rame yang seru, yang gila, yang ngga ngebosenin.

oke lagi, sedikit cerita tentang putra-putri fisika.

mahasiswa, belajar sendiri

mahasiswa, samadengan kuliah dan laporan

mahasiswa, samadengan pengiritan

itu sedikit banyaknya tentang my new life menjadi mahasiswa. belajar disekolah namanya kuliah. hehheeh :D seneng deh




Rabu, 06 Oktober 2010

Pesta blogger. Siapa yang belum kenal pesta ini. Pesta yang sudah dijalankan ruti pertahunnya. Tahum ini 2010 #pb2010 <-- hashtag di twitter di jakarta, setelah 2009 kemarin diadakan disini juga di jakarta. Tahun lalu aku bertemu banyak blogger disana, ada kak benakribo, nengratna, dan ndoro kakung