Rabu, 24 November 2010

selamat hari guru

guru bak pelita penerang dalam gulita jasamu tiada tara :D

tahun lalu gue masih nyanyiin lagu ini pas upacara peringatan hari guru di sekolah. emang sekarang baru kerasa ya, jasa mereka itu tiada tara. (aseeek dah ayu bahasanyas) yaa.. emang si pas kita SMA ngga terlalu merhatiin berapa besarnya jasa mereka. tapi pas udah kuliah berasa kok. ngga ada yang ngomel kayak mereka, ngga ada yang sebegitu carenya sama kita seperti mereka. guru yang jadi orang tua di sekolah.

emang terkadang menjengkelkan si, pas disuruh ini-itu, banyak tugas lah, suruh buat presentasi, gurunya ngga enak blablablabla... tapi itu mereka. secara ngga langsung meraka ngajarin banyak hal yang ngga masuk dalam jadwal pelajaran kan?

guru itu.. mereka, mereka yang sabar, yang memotivasi kita, yang mengarahkan kita kuliah kemana, yang ini yang itu. pokoknya banyak deh

maksih ya pak bu. :D

terimaksih buat, pak eko, pak bambang, pak uci, bu martini, bu fitri, bu makasum, pak medi, bu hen, frau dyah, pak juni :D

Berkontribusi?

Yap benar banget, engga baik kalo kita menjadi mahasiswa yang hanya kuliah-pulang kuliah-pulang, enggak ada seru-serunya. (lah emang kenapa yu?) yah bukannya aku bakal sok tau tentang apa namanya kontribusi ya. Emang si jujur aku baru mendapat kata ini setelah aku menjadi mahasiswa. Berkontribusi itu dimana kita ikut andil bagian dalam suatu ormas, atau himpunan mahasiswa gitu. Jadi apa yang bisa kita berikan ke organisasi tersebut, bahkan kalo bisa ke fakultas gitu lewat BEM. Jadi disitu lo bisa memberikan apa kek yaa buat organisasi yang lo ikutin.

Yaa.. tapi disini bukan untuk memaksa kalian untuk ikut-ikutan itu, kalian harus bisa memilah mana yang “lo banget” jangan main asal ikut-ikutan temen, pertama karena itu ngga baik, dan yang kedua kalo disananya lo ngga pas percuma aja kan?

Nah jadi dengan kita berkontribusi di organisasi-organisasi, kita bisa mendapat pengalaman ß klise banget. Pokoknya intinya bisa nambah cerita dihidup kiita aja, jadi ngga flat gitu yakaaan?

Naah, mumpung belum telat makannya ikutin tuh UKM, HIMA, atau apa kek biar kehidupan mahasiswa lo lebih ada warnanya. Oke?

Maunya jadi mahasiswa yang kayak apa?

Mahasiswa itu banyak banget modelnya loh. Udah tau belum? Banyak kan ngeliat mahasiswa berbagai macam tipe. Nah mahasiswa itu enggak monoton kan. Misalnya :

Mahasiswa yang sibuk dengan demo-demonya

Mahasiswa yang tekun belajar

Mahasiswa yang rajin organisasi

Mahasiswa yang udah punya gawe-an

Mahasiswa yang sibuk pacaran

Mahasiswa yang kutu buku

Mahasiswa yang sibuk dengan penampilan

Mahasiswa yang kuliah pulang-kuliah pulang

Mahasiswa yang sibuk dengan tugasnya

Mahasiswa yang enggak bisa diajak susah

Mahasiswa yang apa adanya

Mahasiswa yang pintar bagi waktu belajar dan organisasi

Mahasiswa yang ini, mahasiswa yang itu, yang ini yang itu. Yaaa.. termasuk yang manakah anda? :D

mereka

Maaf teman bukannya aku mau ikut campur urusan kalian, mungkin ini bentuk perhatian aku ke kalian, mungkin emang cara saya yang salah, tapi menurut aku itu yang baik. Emang banyak sesekali yang ngga bisa diterima sama kalian semua. Maaf. Oke sekarang aku belajar mengenal kalian, aku akan diam dulu beberapa hari, untuk mempelajarinya. Mungkin aku terlihat egois, aku yang maunya menang sendiri, tapi jujur aku ngga ada maksud untuk melukai siapapun. Mungkin omonganku terdengar pedas, ya tapi itu aku. Maaf. Aku janji aku akan belajar dari semua itu. Maaf sekali lagi.

Sabtu, 13 November 2010

habermass pernah cerita

dari seorang temanku yang bisa dibilang berpengetahuan luas, soalnya dia suka membaca buku, did you know "buku jendela dunia" nah makannya. rajin baca buku ya!! :D

oh iya aku dapet ceritanya, dari messages facebook. kata dia sih bacanya pake nalar ya. nice share :)

nih Habermass pernah cerita

aid ada suami istri. nah istri nya itu masih muda, cantik, seger deh diliatnya. dan suaminya itu kerja di Los Angeles. abis itu, kan pulangnya jarang-jarang nah kata bos si suaminya ini "kamu kenapa nggak nyari kerjaan lain aja yang deket dari rumah?kasian tuh istri kamu cantik masih muda ntar kalo misalnya nyeleweng gimana tuh? apalagi istri kamu udah kerja. emang kamu nggak takut?" dan si suami itu menjawab "aku kerja untuk bukti cinta aku dengan ngasih uang yang banyak" sampai pada akhirnya tibalah saatnya suami itu pulang kerumah. dan saking senengnya si suami, istrinya, dan anak semata wayangnya yang masih kecil jalan-jalan ke suatu pusat pertokoan. tapi nasib buruk menimpa anak mereka. yaitu tertabrak mobil sehingga harus dibawa ke rumah sakit. tapi sebelumnya sang istri minta ijin pulang karena ada kerja mendadak sebelum si anak mendadak. dalam perjalanan menuju rumah sakit, sang suami pun bingung harus kerumah sakit mana. sampai akhirnya ia memutuskan untuk mngunjungi salah satu RS terbesar di kotanya. dan sang suster di rumah sakit itu, menyatakan untuk mengoperasi anaknya karena luka si anak yang parah. lalu si suami mengizinkan untuk dioperasi. sesaat sebelum operasi, sang dokter melihat kondisi anak tersebut dan dengan sangat terkejut nya si dokter berkata "aku tidak bisa mengoperasi darah dagingku sendiri".
jadi kesimpulan nya, siapa kah dokter itu?



oh iya ceritanya dari Muammar Khadafi.

Kamis, 11 November 2010

apa kabar Jogja ?

beberapa saat setelah mbah merapi batuk dan mengeluarkan semua isinya, yang banyak menelan korban jiwa dan membuat jogja dan sekitarnya berubah. sudahkah jogja dikatakan aman?

tapi walaupun belum terdengar kabar tentang itu, aku yakin Jogja bisa seperti Jogja kita yang dulu. yaa.. kan Allah memberikan kita cobaan kayak gini biar kita intropeksi diri kan? naaah... mudahan setelah kejadian ini Jogja bisa lebih baik lagi. amiin. dan aku bisa kembali ke Jogja secepatnya :D

oh iya apa kabar kamarku disanana? di kosan? mungkin berabu 5cm hahahaa :D yaa itu peninggalan sejarah meletusnya gunung merapi November 2010.

apa kabar kampusku? walaupun terlihat sudah usang mungkin tambah usang diguyur abu merapi kemarin.

apa kabar tetanggaku disana? baikah mereka? atau ikut mengungsi? mudah-mudahan ngga kenapa-kenapa.

apa kabar teman-temanku yang masih bertahan disana? mungkin mereka lebih tangguh daripadaku mereka jadi relawan. waaah hebat.

apakabar Jogja? mudah-mudahan hari ini lebih baik daripada kemaren ya. amin

Rabu, 10 November 2010

pahlawan? seperti apa?

10 November

tanggal segitu emang terkenal dengan hari pahlawan. pahlawan memang seseorang yang telah memberikan suatu hal yang beguna bagi diri kita bahkan bagi negeri ini. kalo menurut saya pahlawan itu bisa dalam segi banyak hal contohnya

pahlawan buat diri saya sendiri adalah orang tua saya ayah-ibu, mereka berdua pahlawan tanpa-tanpa-tanpa pamrih, kalo ngga ada mereka mungkin saya ngga mungkin muncul di dunia ini. terimaksih yah-bu

terus pahlawan yang sudah menjadikan saya melewati masa-masa pelajar dan goes to mahasiswa, bapak guru - ibu guru di sekolah :D terimakasih banyak pak-bu

terus lagi pahlawan yang selalu muncul di buku-buku sejarah, pahlawan yang sudah melakukan perubahan buat negeri ini Indonesia, terimakasih.

kalo sekarang-sekarang ini pahlawan menurut saya pertama, mereka yang turun ke jalan untuk mendapatkan haknya. mereka semua merupakan pahlawan untuk dirinya sendiri, dan untuk beberapa golongan, walaupun mereka semua melakukannya dalam bentuk demo dan orasi, tapi itu mereka.

lalu mereka yang siap mengorbankan diri, nyawa dan fisiknya untuk membantu sesama di merapi, mentawai dan wasior. walaupun mereka tidak akan ditulis di buku pelajaran-pelajaran, tapi tetap tanpa mereka apa yang dapat dilakukan disana. terimakasih para relawan :D

pahlawanku, pahlawanmu, kalian akan selalu ada di sini, di hati dan di negeri ini

Selasa, 09 November 2010

apa yang diamakan obama tadi?


cerita singkat cerita akhirnya Barrack Obama, presiden negara adidaya sana, Amerika Serikat akhirnya datang bertandang ke Indonesia, 10 oktober 2010. selain mengerjakan hubungan bilateral ternyata om barry ini <-- panggilan gue ke dia, ternyata mau mengingat masa kecilnya, dan sedikit mau makan masakan Indonesia.



"Thank you untuk bakso, nasi goreng, emping, kerupuk. Semuanya enak," ucap Obama

oh iya ternyata, bukan hanya di istana aja yang repot di UI, yang besok merupakan jadwal acara obama mengadakan mata kuliah umum demokrasi, disana juga receet banget, banyak banget peraturannya, ngga boleh bawa inilah, itulah, kudu jalan kaki, dan peraturan se-abrek-abrek.

terus di twitter, banyak banget yang ngomongin om barry <-- sok kenal gue. hehehe pada bilang :

"tifsembiring abis salaman sama obama tangannya ngga mau dicuci tuh. hehee"
"kata sby pas dia nepuk pundak obama dia bilang jangan lupa folbek twit saya ya"
"enak ya jadi obama"
"emang iya obama jadi ke indonesia"

pokoknya banyak deh twit-twit tentang obama tadi. yang betah ya om. Indonesia tuh indaaah banget. Iloveindonesia

sumber : detiknews

Minggu, 07 November 2010

Nuklir, Ancaman atau Solusi ?

Saat ini, pemerintah melalui Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bersama Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkoninfo) melakukan sosialisasi di Jateng mengenai rencana pembangunan proyek PLTN di Jepara. Rencananya, PLTN yang dipersiapan beroperasi pada 2015 akan menambah catu daya sekitar 5.000 hingga 7.500 megawatt (MW). Proyek PLTN terpadu dengan perkirakan 5-6 reaktor, 1 reaktor berkapasitas 600-1.000 MW. Rencana pembangunan PLTN di Indonesia kurang saya setujui, karena faktor :

Keamanan. Indonesia adalah Negara kepulauan dan berada pada wilayah Lingkaran Api atau tempat pusat bertemunya beberapa lempeng bumi, hal ini menyebabkan Indonesia rentan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami dan dapat terjadi pencemaran lingkungan yang dapat menyebabkan kanker thyroid. Ketergantungan Terhadap Negara Lain. Di Indonesia memang terdapat tambang Uranium di Kalimantan, namun Uranium tersebut masih harus mengalami proses pengolahan yang lama dan membutuhkan biaya banyak. Jika mau mudah, hanya bisa membeli di negara lain. Artinya ketergantungan selama 40 tahun (masa hidup reaktor). Biaya yang Mahal. Indonesia masih sangat kekurangan pengalaman tenaga kerja dan butuh banyak peralatan yang harus di impor dari negara luar, hal itu akan menyebabkan banyak memakan biaya yang sangat besar. Belum lagi jika terjadi kerusakan besar dan memakan waktu perbaikan yang lama, Tenaga Ahli-nya pun harus yang sudah berpegalaman, dan Tenaga Ahli yang sudah berpengalaman tersebut tidak terdapat di Indonesia, maka harus melakukan pengeluaran besar untuk memanggil Tenaga Ahli dari luar negeri tersebut.

Saran saya terhadap pembangunan PLTN di Indonesia adalah, sebaiknya di lakukan pelatihan oleh Tenaga Ahli luar hingga dapat melaksanakannya sendiri terlebih dahulu, mulai dari cara mengolah bahan baku, pembangunan, pendaur-ulangan limbah yang mungkin dihasilkan, sampai kerusakan yang dapat terjadi. Sehingga kedepannya, Indonesia tidak perlu membutuhkan biaya untuk membeli bahan baku (karena sudah dapat mengolah dengan baik), dan Tenaga Ahli untuk perbaikan. Karena ledakan reaktor nuklir dapat menyebar hingga radius 15-25 KM. Sebaiknya pembangunan di lakukan di daerah terpencil, dan dekat dengan sumber bahan baku. Sebab meskipun terjadi kecelakaan, tidak menyebabkan efek yang terlalu besar bagi kehidupan disana.

merapiku, merapimu, merapikita








gambar diambil dari :
www.tempointeraktif.com
regional.kompas.com
http://www.detik.com/

aku, kamu, kami, kita, mereka dan merapi


aku belum bisa sepenuhnya memabantu saudara-saudaraku di jogja sana. walaupun terlihat egois sekali ketika aku pulang ke jakarta sedangkan di jogja masih butuh bantuan. aku sebenernya tidak ingin pulang, tapi ke-khawatiran orang tuaku yang menyuruh aku pulang.

"dear merapi, aku tau aktivitasmu sekarang ini untuk me-refresh ulang jogja dan sekitarnya. me-refresh secara rohani dan jasmani kita. mengingatkan kita akan kuasa Allah, dan mendekatkan kita kepada-Nya. membuat kita lebih membantu sesama. membuat jogja dan sekitarnya lebih baik lagi. tapi aku, kami, mohon jangan terlalu lama. kasihan adek-adek bayi itu, kasihan nenek itu, sudah dioper-oper dari satu pengungsian kepengungsian lain. ya Allah selamatkan mereka disana."

jaga aku, kamu, kami, kita, mereka dan merapi-Mu ya Allah