Kamis, 22 Desember 2011

ibu

hai ibu,
apa kabar disana?

ini tahun ke dua hari ibu tanpa ibu di deket aku.
ini tahun ke dua hari ibu enggak ada senyum ibu disamping aku.

aku kangen itu bu.

2 tahun yang lalu, aku kasih sesuatu buat ibu, "sayur asem tanpa rasa" masih inget kan bu? ibu cuma tersenyum waktu itu. walaupun aneh rasanya, ibu tetep makan itu. tahun ini sebenernya aku mau kasih sesuatu bu, tapi jauuh.

bu,
makaih banget,
aku bersyukur allah memberikan aku ibu sebaik ibu.
aku tau, sampai saat ini aku belum biasa ngasih yang terbaik buat ibu.
aku tau, aku belum bisa menghormati ibu seperti yang seharusnya.
aku tau, aku belum bisa semua itu bu.

aku hanya berdoa,

ya allah,
tolong jaga ibuku selalu
tolong berkahi disetiap perjalan umurnya
tolong berikan kesabaran lebih untuk membimbing aku dan adik-adikku
tolong lindungi ia selalu
tolong sayangi ia seperti ia menyayangiku

ayah,
engkau beruntung sekali mendapatkan wanita seperti itu, maka
tolong jaga ibu
tolong selalu berikan perhatian kepadanya
tolong bersabar sedikit dengan ibu
tolong mengalah dengan ibu
tolong sayangi ibu terus ya yah
tolong jangan pernah marahin ibu
tolong cintai ibu terus

selamat hari ibu ibuku tersayang.

kakak kangen ibu :')



Rabu, 31 Agustus 2011

selamat idul fitri
taqobballahu minna wa minkum

maafin kesalahan-kesalahan aku ya,
selama nulis di blog ini,
buat semua yang kenal aku,
buat semua kecablakanku,

maafin aku ya. semoga doa kita semua dikabulkan oleh ALLAH SWT,
temukan aku di ramadhanmu tahun depan ya ALLAH

Rabu, 17 Agustus 2011

Doaku di 66 tahun Indonesia Merdeka


66 tahun silam Indonesia berjuang untuk kemerdekaan yang telah menjadi impian dari bangsanya.

66 tahun sudah Indonesia berjuang untuk kita rakyatnya

Dirgahayu Indonesiaku

66 tahun adalah sebuah perjalan yang panjang bagi negeriku ini. Dari setiap tikungan-tikungan yang dialami sampai usia seperti ini. Indonesia adalah secuil berkah yang Allah berikan kepada kita. Indonesia memiliki orang-orang hebat didalamnya. Indonesia memiliki keindahan yang belum tenttu dimiliki Negara lain. Indonesia memiliki berbagai ragam suku-ras, umat beragama. Indonesia memiliki kekayaan tradisonal banyak. Indonesia memiliki orang-orang cerdas. Itu semua ada di Indonesiaku.

Ya, Indonesia punya itu semua, tapi miris sekali ketika melihat pojok demi pojok Indonesia yang seram. Seperti banyaknya anak jalanan, biaya sekolah mahal sehingga bibit-bibit itu tidak dapat mengenyam pendidikan, fakir miskin luntang lantung di jalan. Sangat sedih kawan, padahal sudah 66 tahun kita merayakan hari lahir Indonesia, setiap 17 Agustus. Seharusnya sedikit demi sedikit pemandangan suram itu terhapus di Indonesia ini. Tapi apa?

Doaku di 17 Agustus 2011

Semoga dengan bertambahnya umur Indonesia semakin sedikit teman-teman yang putus sekolah dan fakir miskin.

Semoga di setiap tahun pertambahan umur Negara ini selalu diberikan kemudahan untuk melangkah lebih maju, lebih baik.

Semoga setiap tanggal 17 Agustus bukan sebagai euporia belaka, tapi sebagai intropeksi apa yang telah bangsa ini perbuat.

Semoga semakin dikit pertumbuhan tikus-tikus kantor di pemerintahan

Semoga Indonesia bertambah maju.

Amiin

Dirgahayu Indonesiaku, aku bangga bisa lahir di tanah tercinta ini.

Satu lagu untuk Indonesia “rayuan pulau kelapa”

Tanah airku Indonesia
Negeri elok amat kucinta
Tanah tumpah darahku yang mulia
Yang kupuja sepanjang masa
*courtesy of LirikLaguIndonesia.net
Tanah airku aman dan makmur
Pulau kelapa yang amat subur
Pulau melati pujaan bangsa
Sejak dulu kala


Melambai lambai
Nyiur di pantai
Berbisik bisik
Raja Kelana

Memuja pulau
Nan indah permai
Tanah Airku
Indonesia

Sabtu, 09 Juli 2011

keluar dari zona nyaman


ketika kita sudah terlalu nyaman di suatu kondisi pasti itu sulit sekali untuk dilepaskan itulah yang disebut zona nyaman. aku selama 5 tahun yang lalu terlalu nyaman dengan kondisi yang saya hadapi, sehingga saya merasa terlalu dimanjakan dengan keadaan seperti itu. bagaimana anda? apakah anda merasakan apa yang saya rasakan? atau anda memang tidak merasakan?

belajar keluar dari zona nyaman adalah bentuk upaya kita untuk tidak memanjakan apa yang kita punya sekarang, dan merubahnya ke lebih baru (keluar dari zona nyaman).

apa sih zona nyaman itu? zona nyaman adalah kondisi dimana kita dalam keadaan menyenangkan, gembira, nyaman, bahagia, tenang, tentram, dan semua apapun kebutuhan kita terpenuhi. tidak ada kata susah, sulit untuk mencapai seperti itu. bisa diibaratkan dengan mengonkang-ongkang kaki kita mendapat apa yang kita mau.

naaah... seperti itu, dewasa ini banyak mahasiswa atau pelajar seumuran saya yang terlalu nyaman di zona nyaman mereka sehingga mereka tidak mau meng-explore dirinya untuk melakukan sesuatu yang lebih yang bisa mereka lakukan. kebanyakan dari mereka terlalu manja, bangga dengan apa yang mereka punya sekarang padahal dia tidak mengetahui kalau itu semua milik orang tuanga (hahahaha), mereka tidak mandiri tidak bisa menghadapi dunia ini. dan sebagainya.

belajar keluar dari zona nyaman :
  1. berani mencoba hal yang baru
  2. tidak mudah putus asa
  3. belajar dari pengalaman
  4. berani untuk mengeluarkan pendapat
  5. saling membantu sesama
  6. meng-explore diri
  7. belajar hemat


Kamis, 23 Juni 2011

Selamat Ulang Tahun Jakarta

22 Juni sudah berapakali ketemu dengan tanggal ini, untuk kesekian kali aku mengucapkan DIRGAHAYU IBU KOTA NEGARA semoga tambah baik ya dirimu. kali ini, aku mengucapkan dari kembaran kotamu jogJAKARTA. semoga dirimu tambah baik, tambah rapih, tambah enggak macet, tambah-tambah yang lain deh.

aku atas nama BATAVIA UGM mengucapkan
selamat ulang tahun DKI Jakarta :)

Minggu, 19 Juni 2011

Pemberdayaan Ekonomi

Pendahuluan

Latar Belakang

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sangat pesat belakangan ini menyebabkan terlenanya para pelaku ekonomi dan institusi pemegang kebijkan. Kesuksesan ini menimbulkan suatu optimism yang berlebihan dan dipihak lain terjadi keteledoran yang ditunjukkan oleh kegiatan-kegiatan ekonomi dari pelaku tanpa pengawasan dan lepas kendali.

Untuk mengatasinya, pemerintah mengambil tindakan-tindakan penyehatan, seperti injeksi modal, upaya-upaya rekapitulasi, dan suatu pemberdayaan yang bermanfaat untuk memperbaiki ekonomi Indonesia. Sektor tradisional yang selama ini dianggap sebagai sektor yang kurang penting dan dianggap sebagai penghambat pertumbuhan ekonomi, ternyata dapat berperan sebagai pengganti beberapa sektor modern yang belakangan ini ambruk.

Strategi pemberdayaan ekonomi rakyat dalam rangka pemulihan ekonomi Indonesia diantaranya mengembangkan ekonomi rakyat yang berlandaskan sistem ekonomi pancasila dengan melakukan pendekatan institusional. Dalam hal ini pemerintah menciptkan iklim usaha yang kondusif, dengan membangung sinergi yang saling menguntukan antara ekonomi rakyat dengan swasta ataupun nasional dalam hal pemodalan, teknologi, pemasaran, dan pengembangan sumber daya manusia.

Inti Permasalahan

Melihat generasi saat ini banyak pelaku ekonomi yang telah sukses tumbang, maka diperlukan pula pembinaan kader-kader pelaku ekonomi generasi baru menggantikan generasi pelaku ekonomi yang sudah tumbang

Permasalahannya adalah bagaimana membentuk generasi baru sebagai pelaku ekonomi selanjutnya? Dan bagaimana cara menstabilkan perekonomian yang belakangan ini mengalaim penurunan? Serta bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan agar tidak terjadi sika keterlalu optimisan yang melekat dalam sektor ekonomi tersebut. Sikap itu sebenarnya memang sangat bagus, tapi akibat dari sikap tersebut adalah ketika seseorang sedang berleyeh-leyeh menganggap semua itu bisa teratasi tapi realitanya jauh dari perkiraan, dalam artian bad. Dan realita seperti apa pemberdayaan ekonomi disekitarmu?

Inti Penyelesaian

Pemberdayaan ekonomi rakyat merupakan suatu cara yang harus dilakukan untuk memulihkan ekonomi nasional. Jatuhnya ekonomi nasional dan pembenahan kembali disebabkan oleh sumbangan yang besar dari ekonomi rakyat. Pulihnya ekonomi tersebut disebabkan oleh faktor kepercayaan pada program pemerintah, dalam kerja sama seperti pemberdayaan ekonomi

Ekonomi rakyat itu sendiri adalah satuan ragam perekonomian rakyat. Dengan mengelompokan perekonomian rakyat dapat mendominasi struktur dunia usaha. Pemberdayaan ekonomi yang dimaskud adalah untuk menstabilkan perekonomian dalam ruang lingkup kecil adalah pengembangan kegiatan simpan pinjam dan lembaga keuangan mikro (LKM) dan pengembangan usaha kecil mikro (UKM). Kedua fokus adalah salah satu pemberdayaan ekonomi yang banyak dilakukan dibanyak daerah. Sekarang ini, pemberdayaan ekonomi yang seperti ini saling terkait dan mendukung satu sama lainnya. Simpan pinjam merupakan kegiatan pintu masuk yang dipilih dalam pemberdayaan Pekka. Oleh karena itu, semua kelompok Peka yang dibentuk, dimotivasi untuk memulai kegiatan dengan simpan pinjam dengan menerapkan sistem koperasi. Pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan usaha kecil mikro bagi kelompok Pekka dilakukan dengan berbagai cara termasuk pendampingan dan pelatihan usaha.

Sikap yang harus dibangun adalah sikap kerja keras dan pantang menyerah sehingga apa yang kita kerjakan membuahkan hasil. Karena jerih payah seseorang tidak akan terbuang bagitu saja, melainkan pasti ada hasil yang dicapai. Selain itu menanamkan kembali sikap saling percaya, itu adalah modal awal untuk menjalankan suatu usaha. Contoh saja simpan pinjam, bila tidak ada sikap saling percaya, apakah program tersebut bisa jalan? Lalu, menjalin kerjasama. Dengan begitu usaha akan berkembang pesat.

Reverensi

http://www.smecda.com/deputi7/file_makalah/Makalah%20samarinda.pdf

http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/saskara.pdf

Kamis, 16 Juni 2011

Gerhana Bulan 16 Juni 2011

untuk kedua kalinya aku diberikan kesempatan oleh Allah untuk melihat gerhana bulan. yang ini tanggal 16 juni 2011 adalah gerhana bulan total. awalnya aku berniat untuk begadang sembari menunggu gerhana itu. aku yang tadinya semangat 45 menunggu gerhana bulan itu muncul, mulai memupuskan niat, soalnya keadaan kosan yang mendadak sepi. ternyata temen-temenku udah pada molor dikamar. aku juga tadinya mau buat live streaming JADI GAGAL. karena keparnoanku menjadi-jadi. dan wassalam, aku tertidur.

jam 3.32 aku terbangun, langsung keluar kostan meliahat bulanku dimana? ternyata tertutup. dan langinya gelap :( walaupun enggak ngeliat secara penuh step-stepnya sampai bulan itu tertutup total, saya bangga bisa menyaksikan awan hitam tanpa bulan. itu tandanya bulan sedang tertutup. aku ingat kata ayah untuk sholat gerhana, dan aku langsung sholat gerhana.

sedikit info tentang sholat gerhana :
  • sholatnya sama seperti sholat biasa.
  • 2 kali rokaat.
  • setiap rokaat ada 2 kali ruku.
  • biasanya setelah kita ruku lalu itidal dan kemudian sujud, tapi untuk sholat gerhana, setelah ruku pertama membaca al-fatihah dan surat, kemudian ruku lagi, itidal, kemudian sujud.
  • begitu juga dirokaat kedua.
  • over all mirip seperti sholat biasa.

siangnya. hari ini aku mencari info tentang gerhana bulan tadipagi. masalahnya aku kan enggak ngeliat. ternyata pas buka mbah google, mbah google juga mengapresiasikan dirinya dengan mengubah tampilan awal google menjadi

ini kumpulan beberapa foto yang aku searching di internet untuk kalian yang bernasib sama kayak aku, enggak ngeliat gerhananya. atau cuma ngeliat langit hitam.

gerhana tadi pagi itu terjadi jam 01.25 WIB hingga 05.04 WIB, pas pukul 02.25 sampai totalnya pada pukul 03.14 WIB bulan secara penuh akan tertutup. itu dia aku enggak bisa ngeliat :( dan bodohnya setelah sholat eh malah bobo.

terus aku baca, insyaallah ada gerhana bulan total bulan 10 Desember 2011 nanti. Perbedaan antara Gerhana Total Desember nanti, diperkirakan waktu mulainya akan terjadi pada pukul 19.46 WIB. Sementara total gerhana akan terjadi pada pukul 21.04 WIB dan akan berakhir pada 23.17 WIB. naaah untuk kalian yang enggak bisa begadang mudah-mudahan bisa ngeliat.

yaudaaah segitu dulu yaaak. dadaaaaah :D



Sabtu, 11 Juni 2011

hualllooooooooo

aduuh maaf banget nih jarang posting disini. lagi banyak kegiatan.

saya mau mengucapkan selamat menempuh UAS BERSAMA.

semoga kita diberikan kelancaran dalam mengerjakannya, dan mudah-mudahan dosen ngasih soalnya yang gampang-gampang amiiin.

berdoa mulai.

Minggu, 22 Mei 2011

Selamat hari pendidikan nasional

untuk kesekian kali aku menulis selamat hari pendidikan nasional. *maaf telat sebelumnya. sedikit mengkritik, pendidikan nasional? tapi belum sepenuhnya untuk nasional. banyak diantara mereka belum merasakan dunia pendidikan padahal sudah waktunya mereka mengenyam dunia pendidikan itu.

ataukah  sistem pendidikan yang sekarang susah?

atau pendidikan itu hanya di desain untuk orang "punya saja"?  bukan untuk semua.

tanggal2 mei 2011 lalu, aku mengikitu kegiatan komunitasku setiap bulannya yang bertepatan dengan hari pendidikan nasional. seperti biasa kita mengumpulkan koin untuk beasiswa adek asuh. disana aku melihat video tentang mereka daaaan ngenes, terharu ketika mulut polos mereka berkata semua tentang pendidikan.

ini linknya 

aku bingung! katanya biaya sekolah bebas untuk jenjang sd sampai smp. tapi kenapa banyak biaya prinilan yang masih dikeluarkan oleh sekolah? oke kalau mereka semua mampu. tapi apa enngak kepikiran untuk mereka yang kurang mampu?

sedikit solusi, menurutku kita lebih banyak bantu sesama, toh kalau mereka benar-benar pintar, mereka bisa membawa harum nama negara kan? kalau mau kasih keringanan jangan diberat-beratin ya. and yang pasti harus ikhlas :D

selamat hari pendidikan nasional untuk semua pelajar di Indonesia.

Kamis, 21 April 2011

tips-tips memilih jurusan kuliah

masa sma memang ngga bisa dilupain, masa yang memang sangat menyenangkan, masa dimana kita bisa bertingkah, sekonyol-konyolnya biar rame :) itu semua yang kalian dapetin di sma kan? tapi untuk sekarang kalian harus bisa memilih, mana tujuan kalian berikutnya.

aku sudah melewati masa smaku, banyak yang terjadi disaat aku memakai seragam itu. sekarang aku sudah menjadi mahasiswa, menjadi mahasiswa adalah tujuanku dan sebagian banyak teman-temanku. banyak dari mereka yang mendapatkan universitas-universitas terkenal di Indonesia, bahkan banyak dari mereka juga melanjutkannya sampai ke luar negeri. hebat kan mereka?

naaah, disini aku mau memberi tips-tips sama adik-adikku untuk memilih jurusan. kenapa aku kasih tips-tips, yaa karena aku merasa aku sudah mengalami seperti kalian alami sekarang, khususnya yang kelas 3. jadi ini tips-tipsnya:

  1. pilih jurusan sesuai hobi kalian ; jangan sampai karena kalian saking nurutnya sama orang tua kalian salah masuk yang bukan hobi kalian. karena kuliah kalo ngga didasari suka dan hobi agak susah. keculi untuk kalian yang emang bener mau berubah sesuai apa yang jurusan kalian dapatkan.
  2. pilih jurusan sesuai tingkat kemampuan kalian ; bukan mengecilkan hati teman-teman yang ingin mencapai-cita-cita yang tinggi. tapi coba lihat kenyataannya. tapi yaa kalo kalian mau berusaha, apa sih yang ngga akan tercapai, yakan?
  3. pilih jurusan, dan cari informasinya ; misalnya kamu sudah sangat yakin sama jurusan yang kamu pilih, ngga ada salahnya kok untuk mencari tau lebih dalam lagi tentang jurusan yang kamu mau ambil. universitas mana yang mennyediakan jurusan yang kamu suka, atau cari grade jurusan yang bagus ada di universitas mana. cari tahu berapa daya tampungnya. atau yang lain.
  4. pilih jurusan yang sesuai dengan biaya orang tuamu ; maksudnya kita memang senang mendapatkan jurusan, universitas bagus, tapi tidak memikirkan biaya orang tua kan sangat disayangkan, apalagi kalo kamu punya adek yang banyak. bagi-bagi biaya pendidikan untuk adek-adekmu ngga salah kok.
  5. pilih jurusan, seuai karier yang kamu cita-citakan ; jadi jangan sampai salah jurusan. emang si realitanya banyak yang ubah jalur setelah lulus kuliah. tapi kan sayang ilmu yang sudah dipelajari. jadi lebih enak kan satu jalur. dan pikirin juga prospek kedepannya ya! :)

yaaa... mungkin segitu dulu yang aku bisa share ke kalian. mudah-mudahan bisa membantu ya :) selamat berjuang untuk mendapatkan status baru sebagai seorang MAHASISWA.

SEMANGAT SNMPTN

UGM

ITB

UI

menanti kaliaaan loh :)

Hari Kartini

setiap tanggal 21 April pasti banyak sekolah-sekolah, SD yang merayakan hari ini yang sering disebut hari kartini. hari kartini ini dibuat untuk mengenang RA kartini salah satu pahlawan Indonesia.

ini sedikit profil RA Kartini :

Raden Adjeng Kartini (lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 – meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 pada umur 25 tahun) atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh suku Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

itu duluu ibu kartini bisa membuat perubahan, bahwa wanita bisa apa saja.

dan terbukti sekarang wanita bisa kok ngerjain pekerjaan laki-laki.

banyak kok kartini-kartini muda yang tangguh dan bisa menggantikan tugas pria. bahkan mereka lebih kuat dan trampil dibanding pria. dulu memang wanita hanya bisa di rumah dan di dapur. tapi sekarang beda, kartini yang tangguh hebat telah bersebaran di Indonesia, bukan hanya sedar bisa menggantikan pekerjaan pria, kartini sekarang sudah banyak yang melanjutkan sekolah hingga gelar, prof, dr, dan lainnya. kartini sekarang lebih banyak dibutuhkan.

jadi jangan minder untuk para ibu-ibu, kartini-kartini, nona-nona. kalian pasti punya sesuatu yang bisa lebih baik dari pria. Semangat buat para ibu kartini muda!

Rabu, 20 April 2011

BELAJAR 

UTS udah lewat 

berarti yang bisa di perjuangkan di UAS 

SEMANGAT!!

jangan terlalu nge-down, saat kita melihat nilai kita berapa di papan nilai. itu adalah sebuah proses. dari kita melihat nilai itu, maka ada keinginan untuk diperbaiki. selagi ada kemauan untuk membuat yang terbaik pasti ada hasil yang baik juga.

jangan menjudge kalo kita ngga bisa "ah nilainya segitu, aku ngga bisa" nanti di otak kita sudah termindset seperti itu kalo kalian ngga bisa.

yang penting, keep study dan selalu berusaha untuk bisa memahami setiap materinya. oke :)


Kamis, 07 April 2011

Dia datang lagi
Tapi tidak sebegitu parah seperti kemarin
Aku mulai belajar memahaminya
Aku mulai belajar bersahabat dengannya
Di sini, di Yogyakarta

Kesendirian
Aku tau, aku harus kuat dengan itu

Jumat, 01 April 2011

CAC masuk koran loh

kemaren dapet kabar dari mba hety dan mas arwan kalo Yogyakarta Coin a Chance masuk koran lagi. setelah Koran Kedaulatan Rakyat, kali ini kita masuk koran Jawa Pos. yeay senangnya menambah keeksisan dan sekalian sosialisasi CAC ke sumanya. salam. ka e ke er i ri ce i ci iiing kerinciiiiing.







Ada aku loh. hehehe.
oh iya yang mau baca selengkapnya ada di www.coinforall.com

Minggu, 27 Maret 2011

don't be sad

Ketika satu perasaan itu muncul kembali
Aku tak mengerti
Hanya sepi dan sedikit bunyi jam berdetakku dengar
Sendiri.
Aku tak suka dengan situasi ini
Aku merasa ada keanehan
Aku sendiri

Aku ingin seperti biasanya
Tawa, senyum, mengelilingiku

Aku tak suka dengan ini
Ketika berada dalam lingkup ini

Hanya sebuah benda yang selalu menghiburku
Tapi aku butuh mereka
Mereka yang dekat denganku

Aku muak dengan kesendirian
Aku takut.


Aku suka pasar
Aku suka keramaian
Emosiku dikala sepi sudah tidak bisa aku tutupi
Kamu tau aku menangis, Ketika sepi itu datang?

Aku mau pulang.

Jumat, 25 Maret 2011

26 Maret (Earth Hour 60+)

yap kita ketemu lagi dengan tanggal 26 Maret, kali ini di tahun 2011.
jangan lupa ya matiin lampu satu jam aja. at 8.30 pm oke
kali ini aku bakal matiin lampunya di Jogja. aku mau liat seantusias mana Yogyakarta sama acara ini. tahun kemaren kan kita sudah lihat bunderan HI gelap. Jakarta sebagian gelap. nah sekarang di Jogja.

jaga bumi ya teman-teman. ngga rugi loh

sekali lagi yaaaa.

Ingat! 26 Maret matikan lampu pukul 20.30-21.30

Kamis, 24 Maret 2011

CCD#17


CAC. 

untuk ke-tiga kalinya aku ikut berkumpul dengan orang orang hebat di Yogyakarta Coin A Chance. (aduuuuh bahasa formal syusaaaah yak!)

gini nih. ini yang ke-tiga kalinya aku ikut ngumpul sama orang-orang hebat di Yogyakarta Coin A Chance. yaaa gimana enggak hebat ya, mereka peduli sesama loh, dengan ngumpulin receh-receh kita bisa membantu adek-adek asuh yang enggak mampu, tapi yang punya semangat untuk sekolah.

dapet berapa yu? kemaren ccdnya?

weiiits sabar dulu, kan lagi cerita nih

naaaah. kemaren itu kita ngumpul di Bunderan UGM. dan ternyata banyak yang antusias sama akomunitas ini. yang dateng tau enggak berapa? 30 orang lebih, dan banyakan orang-orang baru. GREAT kan? disana kita nyetor koin-koinnya. dipandu mbak Karlin si Ibu Negara, dan Mas Aan, Mas Arwan. 

biasa pembukaan ccd ke-17 ini diawali dengan pengenalan CAC ke anggota baru, dan biasanya yang kayak gini mas Aan jagonya, dan sedikit ramah tamah sambil menunggu ibu negara dateng bawa celengan. 

yaudah ceritanya dapet berapa yu? kemaren ccdnya?

weiiits enggak sabar sabar ya?

yaudah deh aku ngalah. padahal masih mau banyak ceritanya. hmmm.... jadi kita kemaren berhasil ngumpulin koin sebanyaaaaaaaak...


*jeng jeng jeng jeng*

1.815.800 rupiah

nominal yang sangat besar untuk collecting day biasanya. karena setau aku ccd kali ini membuat rekor ---> sok taunya mulai. heheheh

ya udah deh ya. sampai situ dulu ceritanya, udah panjang lebar nih ngetiknya sampe jari-jari keriting. (*lebay*)

oh iya, bagi ceman-ceman yang belum bisa ikutan ngumpul, bulan depan ikut yuk! nanti tempat dan waktunya diberitahukan lagi kok sama ibu negara Mbak Karlina. oke!

oke, pesan saya, jangan lupa ngumpulin koin setiap harinya, karena dari koin kita bisa loh membantu sesama :)

oke. dadaaaaah ketemu di ccd#18 ya....

oh iya satu lagi, satu lagi

ternyata video profil CAC Jogja menang Juara 1 di ajang Yournalism yang diadain UI

lets keep on doin it guys..

salam krincing..^_^

oh iya. salam kenal dari kita untuk semua pembaca. muah muah. hahahah



Senin, 21 Maret 2011

LOWONGAN VOLUNTEER

LOWONGAN VOLUNTEER

PANITIA AKTIF KEGIATAN KONTES INOVATOR MUDA (KIM) 6
DAN KEGIATAN LOMBA BLOG - FORUM KOMUNIKASI PECINTA TERUMBU KARANG (FORKOM MATABUKA)

BIDANG PENDIDIKAN KELAUTAN CRITC COREMAP II-LIPI
(JAKARTA, FEB - NOV 2011)

Job Description :

* Melakukan sosialisasi dan penyampaian informasi kegiatan KIM 5 dan Forkom Matabuka di sekolah-sekolah seluruh Indonesia, terutama Jakarta.
* Membantu mempersiapkan dan melaksanakan kesuksesan acara di bagian sosialisasi, publikasi, perlengkapan, kerjasama media dan sponsorship, kesekretariatan, konsumsi dan keamanan.
* Membantu pekerjaan lain, jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
* Durasi kerja tidak dibatasi, disukai pada jam kantor / office hours

Kriteria :

* Mahasiswa (jadwal kuliah tidak padat) atau sudah lulus kuliah (tidak ada keterikatan pekerjaan di perusahan/ instansi lain).
* Aktif dan kreatif serta memiliki inovasi dan inisiatif yang tinggi.
* Memiliki fisik dan mental yang tangguh.
* Sopan, rapih, rajin, pekerja keras, jujur dan bertanggung jawab.
* Memiliki pengalaman dalam kepanitiaan event – event besar, lebih disukai.
* Berdomisili di Jakarta, akses mudah dan dekat dengan kantor, lebih disukai.
* Memiliki kendaraan sendiri (motor), lebih disukai.
* Bersedia bekerja di luar jam kantor, jika dibutuhkan (dalam hal ini, tidak sering).
* Bersedia menjadi volunteer selama persiapan, pelaksanaan dan pasca kegiatan berlangsung.

Syarat :

* Kirimkan biodata dan keterangan diri (curriculum vitae/ cv) lengkap dengan pengalaman (jika ada) atau dengan mengisi formulir pendaftaran .
* Dikirimkan melalui email : edukasi@coremap.or.id atau edukasicoremap@yahoo.co.id atau langsung ke Gedung CRITC COREMAP – LIPI, Bagian Pendidikan dan Kelautan. Alamat : Jalan Raden Saleh No. 43 Jakarta Pusat – 10330
* Penerimaan dibuka tanggal 1 Februari 2011 dan ditutup tanggal 30 April 2011.

Sumber : COREMAP II - LIPI

Kamis, 17 Maret 2011

Teman-teman blogku

hallo guys. aku mau ngasih beberapa link teman-teman yang emang hobi ngeblog nih, kali aja bisa nambah-nambah pengetahuan kalian. coba di lirik ya blog mereka


indah : Indah Nurhidayati. temen kuliah fisika kebetulan dia sekelas sama diriku.
huhuhu...
nurra : Nurra Keprin, biasanya aku panggil di mbak nurra, ada sedikit sejarahnya sampai kita seangkatan manggil dia seperti itu. bahkan sempai angkatan sepuh juga manggil dia "mbak nurra"
angkringanfisika : nah ini buat yang hobi sama fisika bisa mengikuti perjalanan hidup fisikawan dan fisikawati UGM loh. wow.
kiki : ini sahabat aku waktu sma, dia masuk stan loh. dia banyak ngajarin
tentang hidup :)


see ya. ketemu lagi dengan diriku di acara selanjutnya, yang pasti bakalan bagi-bagi blog yang seru dadaaaaaah muah muah

Jumat, 11 Maret 2011

satu jam yang lalu aku mendengar kabar (via twitter) bahwa Jepang dilanda gempa berkekuatan 8,9 menghantam timur laut Jepang. memang belum tau berapa skala yang ditimbulkan gempa tersebut. gempa tersebut memakan banyak korban, kebakaran, dan tsunami setinggi 4 meter. (via kompas.com)

astagfirullah, bencana lagi yang datang di bumi kita. belum beberapa jam mendengar berita gempa di Jepang. ada yang memberikan berita lagi kalo

BMKG memprediksi akan ada tsunami pukul 18.00 melanda papua, sulawesi utara, irian, dan maluku utara.
(via pesan singkat handphone)

apa yang akan terjadi. but we must pray for Japan and Indonesia

ini beberapa gambar yang didapat sejak gempa Jepang

Senin, 07 Maret 2011

Perempuan juga manusia


perempuan adalah makhluk paling indah. bukan begitu? perempuan bisa membuat dunia ini berwarna, perempuan memilik banyak kelebihan yang mungkin belum bisa dikerjakan oleh laki-laki. menjadi seorang perempuan adalah sebuah hakekat, dan rezeki yang indah. bukan tidak mnsyukuri menjadi laki-laki. tapi begitu lah perempuan. pernah kepikir enggak, kalalu didunia ini tidak ada perempuan? dunia ini akan sepi. perempuan yang melahirkan orang-orang baru yang bisa mengubah dunia.

Banyak yang dilakukan perempuan di dunia ini. saya akan membahas sedikit di lingkup Indonesia, terimakasih kepada perempuan-perempuan hebat

Ibu saya yang sudah melahirkan, mnegurus, dan mengajari banyak hal kepada saya di dunia ini.Ibu Kartini, terimakasih sudah membuat emansipasi wanita. sekarang wanita tidak sulit lagi untuk bekerja. Tjut Nyak Dien, untuk Ibu Guru, Ibu dosen

tanpa mereka semua mungkin kita belum bisa apa-apa. terkadang saya sedih kepada mereka yang tidak menghormati perempuan, mereka yang memperdagangakan perempuan, mereka yang kasar terhadap perempuan, mereka yang tidak menghargai perempuan.

sekarang zamannya sudah berubah banyak kejadian seperti yang saya bilang diatas. tapi sedikit perubahan. ayooo sekarang

8 Maret 2011 "HARI PEREMPUAN INTERNASIONAL"

STOP perdagangan perempuan

lebih menghormati perempuan

lebih menghargai perempuan

dan tidak kasar kepada perempuan

ingat, kalian lahir dari rahim perempuan. 

Jumat, 11 Februari 2011

Thomas Alfa Edison


Thomas Alfa Edison.

seorang penemu lampu ini mungkin adalah orang yang paling berjasa di dunia ini, melalui beberapa ratus percobaannya sehingga bisa tercipta sebuah benda yang sangat membatu kita dimalam hari ini, LAMPU. terimakasih banget untuk bapak Thomas Alfa edison, kita semua tau tanpa bapak, mungkin tidak ada penemu yang berani dan kreatifnya mengutak-ngutik lampu setelah bapak. terimakasih juga bapak telah menciptakan sebuah benda ini. benda ini sangat berguna kala gelap.

lampu, lampu identik dengan Thomasa Alfa Edison. dan hari ini adalah ulang tahunnya. selamat ya bapak, mungkin memang bapak Thomas sudah tidak ada di dunia ini, tapi walaupun demikian engkau tetap ada menerangi kita di setiap malam kok pak.

terimakasih :)

Senin, 24 Januari 2011

salary for bapak presiden

gembar-gembornya bapak presiden curhat tentang gajinya ya?

waaah... sepertinya saya sedikit ketinggalan berita ya? tapi enggak apalah kalo masih dalam satu dua minggu, pasti yang dibicarakan enggak jauh dari sini kan?

gimana sih ceritanya?
katanya pas lagi pidato bapak presiden sempet ngomongin gajinya yang belum naik, wah wah wah wah, ternyata gajinya yang segitu belum cukup ya pak? mungkin pengeluarannya juga banyak kali ya?

saking hebohnya, masa sampe-sampe saya mendapat tag di facebook seperti ini


awalnya saya ketawa kecil dengan gambar tersebut, dan mengomentarinya

oh, bapak juga mau koin ya? tunggu ya pak aku kumpulin dulu bareng anak kosan.

saya bilang seperti itu karena saya ikut progam kumpul koin krincing bareng COIN A CHANCE di Jogja buat adek asuh kita yang kurang mampu biaya pendidikan.

hehehee.. ada-ada aja ya? ^.^

dan sudah banyak juga di twitter gerakan "help salary for presiden" saya sebenernya kurang mengerti apa maksudnya. tapi setelah baca-baca di beberapa artikel tentang salary for presiden ternyata gerakan itu bukan omongan semata, kemarin di Bundaran HI banyak yang menyumbangkan koin seratus rupiah untuk gaji prasiden. ini sebenarnya sebuah sindiran atau apa ya? pertama karena menurut kebanyakan orang "tidak wajar kalo seorang presiden mempersoalkan soal gaji sangat tidak wajar"

tapi beberapa orang yang lain juga beranggapan biasa saja dengan pernyataan bapak presiden contohnya
"presiden kan juga manusia, wajar lah kalo minta gajinya dinaikin juga"
"hei pekerjaan presiden juga besar loh. inget"
jadi sebenernya ini adalah anggapan yang sedikit berlebihan pada sebuah pernyataan.

buat angin lalu aja yak pak~~

Sabtu, 15 Januari 2011

Kompetisi Web Kompas Muda & Aqua

it’s about us : Air Untuk Masa Depan

Seringkali masyarakat Indonesia dan dunia mengeluh tentang kerusakan air atau lebih terkenalnya pencemaran air yang berdampak negatif bagi kesehatan dan potensial mengganggu kegiatan. Dari sudut kesehatan, penyakit yang dapat muncul akibat pencemaran air adalah penyakit kulit, yang terkait salah satu faktor pencemaran air, yakni limbah kimia buangan. Tidak hanya penyakit kulit, kekurangan mata pencairan juga bisa menjadi masalah, pencemaran air yang menyebabkan sulitnya air bersih dimasyarakat dapat memicu terjadinya penyakit lainnya. Dari segi produktivitas, banyak kegiatan yang terancam terganggu, transportasi misalnya. Belum lagi air yang memang kita ketahui sebagai kebutuhan pokok, untuk minum pasti dengan air, untuk mandi pasti membutuhkan air, untuk masak, dan kebutuhan sehar-hari lainnya. Hal ini cukup memprihatinkan mengingat dulu Indonesia yang memiliki hampir 75% adalah air, dengan melihat kondisi air seperti ini sangat disayangkan. Apalagi kita membayangkan air di masa depan.

Air adalah salah satu hal yang vital bagi kehidupan makhluk hidup, dengan adanya Air makhluk hidup dapat minum dan tinggal. Air berperan besar bagi kelangsungan hidup kita semua. Air juga memegang peranan paling strategis, karena disamping memiliki fungsi produksi seperti ikan dan semua mahkluk hidup air yang berhabitat di dalam air, air juga berpengaruh pada kelestarian alam dan lingkungan. Nah sudah sedikit terbayangkan bagaimana jika air yang sekarang kotor, rusak dan kita manusia kurang concern dengan air tersebut? Air yang digunakan sehari-hari memberi pengaruh yang besar, namun amat disayangkan air bersih yang sekarang sudah banyak yang telah terdegradasi bahkan ada kemungkinan akan susah mendapatkan air bersih. Mengapa demikian?

Faktor terbesar yang menyebabkan kesulitan mendapatkan air bersih adalah pencemaran air yang di faktori oleh pembuangan limbah seenaknya, dan sampah. Kesulitan mendapatkan air bersih merupakan faktor yang hampir setiap tahun belakangan ini terjadi di Indonesia. Lebih parahnya jika krisis air terjadi di musim kemarau. Di Wonosari, daerah terdekat dengan kos saya. Disitu salah satu daerah yang kekeurangan air bersih. Mencari air bersih itu butuh tenaga untuk mendapatkannya. Miris sekali melihat itu.

Selain itu penyebab pencemaran air dan susahnya menkonsumsi air bersih adalah ketidak pekaan manusia akan pentingnya air bersih dan air di masa depan. Mungkin belum terfikir air di masa depan seperti apa. Tapi setidaknya pikirkanlah untuk anak-anak, cucu kita di masa depan. Apakah mereka bisa dengan air yang kotor? Yang menjadi pertanyaan besar adalah “Benarkah mereka tidak mengerti atau tidak mau mengertikah mereka tentang nasib Air di Indonesia?” dan “Apa yang harus kita lakukan sebagai warga negara yang baik melihat keadaan air seperti ini?”

Kebanyakan manusia sekarang adalah manusia yang serakah, mereka tidak mau memikirkan apa yang terjadi di masa depan jika semua air di Indonesia tercemar, mereka mendahulukan ego. Mereka hanya memikirkan dirinya sendiri, bagaimana mendapatkan uang banyak tanpa memikirkan akibat perbuatannya terhadap lingkungan sekitar. Padahal jika air bersih susah didapatkan, otomatis keadaan ini membuat kita kelimpungan mengatasi bagaimana mendapatkan air bersih tersebut. Belum lagi kita yang belum bisa mengatasi bagaimana agar mendapatkan air besih.

Sebagian besar penduduk Indonesia sudah mengerti betapa pentingnya air bagi lingkungan sekitar dan kebutuhan makhluk hidup. Banyak program untuk melestarikan air bersih misalnya dengan hal kecil, tidak membuang sampah di sungai, waduk dan sejenisnya. Tidak membuang limbah seenaknya. Care terhadap air sekitar. Dan pembuatan mesin penyulingan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Lalu perusahan-perusahaan besar yang sudah bisa mendaur-ulang limbah-limbah mereka sehingga tidak terlalu membahayakan linkungan sekitar.

Memang slogan “buanglah sampah pada tempatnya” selintas lebih kesebuah klise belaka. Masalahnya banyak dari kita yang masih dengan seenaknya membuang sampah itu seenaknya. Tapi kebiasaan jelek tersebut bisa dihilangkan jika kita sudah menumbuhkan rasa cinta terhadap air di masa depan, bukan dari diri kita sendiri, tapi juga dari keluarga kerabat dekat kita. Tumbuhkan rasa prihatinnya walaupun sedikit untuk air kita.

Dengan melaksanakan semua itu secara tidak langsung maupun langsung kita dapat menyelamatkan makhluk hidup, lingkungan serta ekosistem yang ada di dalam air. Dan juga dengan program tersebut kita menyelamatkan bumi kita. Bumi kita sudah tua, dan kita sebagai yang menetap tinggal di dalamnya harus menjaga alamnya dengan menjaga airnya. Benarkan?


oke tahun-tahun sekarang kita masih bisa melihat yang baik-baiknya. dan akan terus berdoa mudah-mudahan akan baik terus nantinya, yaa seperti ini


mudah-mudahan bisa minum air yang bersih terus ya :)

bisa ngeliat pemandangan laut yang indah, tempat si ikan dan umbu hidup :D


bisa memakai air sebagai sarana transportasi air kan :D

pokoknya harus disyukuri apa yang telah diberikan tuhan kepada kita dalam wujud air ya kawan!

masalahnya saya sempat kepikiran dengan kondisi dunia yang kayak gini, dan mungkin ada rasa sangsi di hati kecil saya. "gimana air di masa depan?" akan kah seindah ini, bisa digunakan seperti ini kah?, atau malah kebalikan.

#aku searching tentang air dan...

aku lihat

ternyata air sungai di ibu kota tepatnya di sungai ciliwung kayak gini :( takuuut

dan dampaknya jadi banyak ikan yang mati, si ikan enggak punya tempat tinggal :(

itu semua karena sampah dan limbah

yaampun sampe ijo :(

dan anak kecil itu mandi dilimbah itu,
limbah kimia yang berubah jadi busa-busa putih :(

dan yang paling nyeremin ketika kita enggak bisa ngatasin itu semua untuk kebutuhan minum kita, masa minum air kayak gitu :(

atau ini, enggak lucu kan kalau Indonesia, yang mayoritas lautan semua krisis air ??


#nah ??
karena om bumi udah tua juga, makannya kita harus jaga dia, harus jaga airnya,
harus jaga alamnya :D

dengan :
*enggak buang sampah sembarangan
*enggak buang limbah seenaknya
*belajar yang bener, biar bisa ngatasi limbah yang terus keluar
*irit air, inget dibelahan bumi sana ada yang kekurangan air
*jaga kondisi dengan minum air yang bersih, biar kita bisa melakukan 4 yang di atas

oke udah sedikit tentang air kita bicarakan, dan gambarannya di masa depan? gimana hayoo? udah sedikit kebuka kan gambarannya, air emang enggak bakal jauh dari kehidupan kita. karena tanpa air kita enggak bisa apa-apa. beda kan sama makan, kita enggak makan 3 hari masih tetap hidup, tapi gimana kalo enggak minum 3 hari? -_-" sedih rasanya, mati bisa, dehidrasi apalagi. bukan buat manusia juga, air itu untuk setiap makhluk hidup, tanaman coontohnya kalau enggak ada air pasti layu-> kering -> dan mati. terus hewan darat, ngga jauh-jauh kayak manusia, kecuali unta ya bisa tahan dalam kurun waktu yang cukup lama, tapi lama-kelamaan akan mati juga kalau enggak ada air. terus hewan air, mana bisa hidup mereka tanpa air, namanya juga hewan air ya kan? naah tambah jelas lagi kan gunanya air. air dimasa depan, bukan kayak serial komik dan film doraemon ya, yang bisa disulap. kalau ada mereka mah enak banget. makannya kita harus memikirkan air dimasa depan, sebelum terlambat ya kawan buat tahun-tahun kedepannya. buat anak-anak kita, buat cucu-cucu kita, buat orang lain juga. dari kita, untuk mereka di masa depan.

kenapa dari tadi kita ngomongin dampak air kalau enggak di jaga dari sekarang? dan Air Untuk Masa Depan. karena kita enggak bakal tau apa yang terjadi di masa yang akan datang, mungkin lebih baik atau mungkin lebih buruk. jadi dari sekarang kita antisipasi duluan. toh "enggak ada salahnya kan sedia payung sebelum hujan" nah begitu teman-teman. mungkin 10 tahun lagi, 20 tahun lagi ada alat canggih yang bisa mempergunakan air jadi suatu barang yang yang punya nilai besar, dan hanya dipakain air yang bersih aja. yakan? jadi apa salahnya kalau kita concern sama air :D


inget ini tahun 2011, 2010 udah lewat, dan kita harus lebih baik dari tahun kemaren
begitu juga dengan airnya ya :D

oke see ya !!

notes : gambarnya saya ambil dari google :) makasih ya

tulisan ini dibuat untuk mengikuti Kompeisi WEB Kompas MuDA & AQUA (www.mudaers.com)