Sabtu, 15 Januari 2011

Kompetisi Web Kompas Muda & Aqua

it’s about us : Air Untuk Masa Depan

Seringkali masyarakat Indonesia dan dunia mengeluh tentang kerusakan air atau lebih terkenalnya pencemaran air yang berdampak negatif bagi kesehatan dan potensial mengganggu kegiatan. Dari sudut kesehatan, penyakit yang dapat muncul akibat pencemaran air adalah penyakit kulit, yang terkait salah satu faktor pencemaran air, yakni limbah kimia buangan. Tidak hanya penyakit kulit, kekurangan mata pencairan juga bisa menjadi masalah, pencemaran air yang menyebabkan sulitnya air bersih dimasyarakat dapat memicu terjadinya penyakit lainnya. Dari segi produktivitas, banyak kegiatan yang terancam terganggu, transportasi misalnya. Belum lagi air yang memang kita ketahui sebagai kebutuhan pokok, untuk minum pasti dengan air, untuk mandi pasti membutuhkan air, untuk masak, dan kebutuhan sehar-hari lainnya. Hal ini cukup memprihatinkan mengingat dulu Indonesia yang memiliki hampir 75% adalah air, dengan melihat kondisi air seperti ini sangat disayangkan. Apalagi kita membayangkan air di masa depan.

Air adalah salah satu hal yang vital bagi kehidupan makhluk hidup, dengan adanya Air makhluk hidup dapat minum dan tinggal. Air berperan besar bagi kelangsungan hidup kita semua. Air juga memegang peranan paling strategis, karena disamping memiliki fungsi produksi seperti ikan dan semua mahkluk hidup air yang berhabitat di dalam air, air juga berpengaruh pada kelestarian alam dan lingkungan. Nah sudah sedikit terbayangkan bagaimana jika air yang sekarang kotor, rusak dan kita manusia kurang concern dengan air tersebut? Air yang digunakan sehari-hari memberi pengaruh yang besar, namun amat disayangkan air bersih yang sekarang sudah banyak yang telah terdegradasi bahkan ada kemungkinan akan susah mendapatkan air bersih. Mengapa demikian?

Faktor terbesar yang menyebabkan kesulitan mendapatkan air bersih adalah pencemaran air yang di faktori oleh pembuangan limbah seenaknya, dan sampah. Kesulitan mendapatkan air bersih merupakan faktor yang hampir setiap tahun belakangan ini terjadi di Indonesia. Lebih parahnya jika krisis air terjadi di musim kemarau. Di Wonosari, daerah terdekat dengan kos saya. Disitu salah satu daerah yang kekeurangan air bersih. Mencari air bersih itu butuh tenaga untuk mendapatkannya. Miris sekali melihat itu.

Selain itu penyebab pencemaran air dan susahnya menkonsumsi air bersih adalah ketidak pekaan manusia akan pentingnya air bersih dan air di masa depan. Mungkin belum terfikir air di masa depan seperti apa. Tapi setidaknya pikirkanlah untuk anak-anak, cucu kita di masa depan. Apakah mereka bisa dengan air yang kotor? Yang menjadi pertanyaan besar adalah “Benarkah mereka tidak mengerti atau tidak mau mengertikah mereka tentang nasib Air di Indonesia?” dan “Apa yang harus kita lakukan sebagai warga negara yang baik melihat keadaan air seperti ini?”

Kebanyakan manusia sekarang adalah manusia yang serakah, mereka tidak mau memikirkan apa yang terjadi di masa depan jika semua air di Indonesia tercemar, mereka mendahulukan ego. Mereka hanya memikirkan dirinya sendiri, bagaimana mendapatkan uang banyak tanpa memikirkan akibat perbuatannya terhadap lingkungan sekitar. Padahal jika air bersih susah didapatkan, otomatis keadaan ini membuat kita kelimpungan mengatasi bagaimana mendapatkan air bersih tersebut. Belum lagi kita yang belum bisa mengatasi bagaimana agar mendapatkan air besih.

Sebagian besar penduduk Indonesia sudah mengerti betapa pentingnya air bagi lingkungan sekitar dan kebutuhan makhluk hidup. Banyak program untuk melestarikan air bersih misalnya dengan hal kecil, tidak membuang sampah di sungai, waduk dan sejenisnya. Tidak membuang limbah seenaknya. Care terhadap air sekitar. Dan pembuatan mesin penyulingan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Lalu perusahan-perusahaan besar yang sudah bisa mendaur-ulang limbah-limbah mereka sehingga tidak terlalu membahayakan linkungan sekitar.

Memang slogan “buanglah sampah pada tempatnya” selintas lebih kesebuah klise belaka. Masalahnya banyak dari kita yang masih dengan seenaknya membuang sampah itu seenaknya. Tapi kebiasaan jelek tersebut bisa dihilangkan jika kita sudah menumbuhkan rasa cinta terhadap air di masa depan, bukan dari diri kita sendiri, tapi juga dari keluarga kerabat dekat kita. Tumbuhkan rasa prihatinnya walaupun sedikit untuk air kita.

Dengan melaksanakan semua itu secara tidak langsung maupun langsung kita dapat menyelamatkan makhluk hidup, lingkungan serta ekosistem yang ada di dalam air. Dan juga dengan program tersebut kita menyelamatkan bumi kita. Bumi kita sudah tua, dan kita sebagai yang menetap tinggal di dalamnya harus menjaga alamnya dengan menjaga airnya. Benarkan?


oke tahun-tahun sekarang kita masih bisa melihat yang baik-baiknya. dan akan terus berdoa mudah-mudahan akan baik terus nantinya, yaa seperti ini


mudah-mudahan bisa minum air yang bersih terus ya :)

bisa ngeliat pemandangan laut yang indah, tempat si ikan dan umbu hidup :D


bisa memakai air sebagai sarana transportasi air kan :D

pokoknya harus disyukuri apa yang telah diberikan tuhan kepada kita dalam wujud air ya kawan!

masalahnya saya sempat kepikiran dengan kondisi dunia yang kayak gini, dan mungkin ada rasa sangsi di hati kecil saya. "gimana air di masa depan?" akan kah seindah ini, bisa digunakan seperti ini kah?, atau malah kebalikan.

#aku searching tentang air dan...

aku lihat

ternyata air sungai di ibu kota tepatnya di sungai ciliwung kayak gini :( takuuut

dan dampaknya jadi banyak ikan yang mati, si ikan enggak punya tempat tinggal :(

itu semua karena sampah dan limbah

yaampun sampe ijo :(

dan anak kecil itu mandi dilimbah itu,
limbah kimia yang berubah jadi busa-busa putih :(

dan yang paling nyeremin ketika kita enggak bisa ngatasin itu semua untuk kebutuhan minum kita, masa minum air kayak gitu :(

atau ini, enggak lucu kan kalau Indonesia, yang mayoritas lautan semua krisis air ??


#nah ??
karena om bumi udah tua juga, makannya kita harus jaga dia, harus jaga airnya,
harus jaga alamnya :D

dengan :
*enggak buang sampah sembarangan
*enggak buang limbah seenaknya
*belajar yang bener, biar bisa ngatasi limbah yang terus keluar
*irit air, inget dibelahan bumi sana ada yang kekurangan air
*jaga kondisi dengan minum air yang bersih, biar kita bisa melakukan 4 yang di atas

oke udah sedikit tentang air kita bicarakan, dan gambarannya di masa depan? gimana hayoo? udah sedikit kebuka kan gambarannya, air emang enggak bakal jauh dari kehidupan kita. karena tanpa air kita enggak bisa apa-apa. beda kan sama makan, kita enggak makan 3 hari masih tetap hidup, tapi gimana kalo enggak minum 3 hari? -_-" sedih rasanya, mati bisa, dehidrasi apalagi. bukan buat manusia juga, air itu untuk setiap makhluk hidup, tanaman coontohnya kalau enggak ada air pasti layu-> kering -> dan mati. terus hewan darat, ngga jauh-jauh kayak manusia, kecuali unta ya bisa tahan dalam kurun waktu yang cukup lama, tapi lama-kelamaan akan mati juga kalau enggak ada air. terus hewan air, mana bisa hidup mereka tanpa air, namanya juga hewan air ya kan? naah tambah jelas lagi kan gunanya air. air dimasa depan, bukan kayak serial komik dan film doraemon ya, yang bisa disulap. kalau ada mereka mah enak banget. makannya kita harus memikirkan air dimasa depan, sebelum terlambat ya kawan buat tahun-tahun kedepannya. buat anak-anak kita, buat cucu-cucu kita, buat orang lain juga. dari kita, untuk mereka di masa depan.

kenapa dari tadi kita ngomongin dampak air kalau enggak di jaga dari sekarang? dan Air Untuk Masa Depan. karena kita enggak bakal tau apa yang terjadi di masa yang akan datang, mungkin lebih baik atau mungkin lebih buruk. jadi dari sekarang kita antisipasi duluan. toh "enggak ada salahnya kan sedia payung sebelum hujan" nah begitu teman-teman. mungkin 10 tahun lagi, 20 tahun lagi ada alat canggih yang bisa mempergunakan air jadi suatu barang yang yang punya nilai besar, dan hanya dipakain air yang bersih aja. yakan? jadi apa salahnya kalau kita concern sama air :D


inget ini tahun 2011, 2010 udah lewat, dan kita harus lebih baik dari tahun kemaren
begitu juga dengan airnya ya :D

oke see ya !!

notes : gambarnya saya ambil dari google :) makasih ya

tulisan ini dibuat untuk mengikuti Kompeisi WEB Kompas MuDA & AQUA (www.mudaers.com)

50 komentar:

  1. Assalamualaikum ayuu..
    tulisannya kerenn... sejenak menggugah sekaligus menyadarkan kita akan likungan yang udah semakin buruk ajha.. huuhh :(

    ditunggu tulisan2 berikutnya yach ^_^

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Ayu
    tulisannya kereenn banget nich... sejenak menggugah sekaligus menyadarkan kita akan lingkungan nich...

    ditunggu tulisan2 berikutnya yach ^_^

    BalasHapus
  3. untuk itulah kami para geograf muda hadir menjadi terdepan untuk ini semua.

    BalasHapus
  4. Sebegitukah menyeramkan pencemaran air...
    syukur di Lombok masih ada banyak kali alami untuk mandi dan masak...

    BalasHapus
  5. ngeri bgt pencemaran air...

    untung di daerah saya belum separah itu

    masih ada tempat untuk mandi bebas di kali atau sungai yang jernih

    BalasHapus
  6. good luck buat lombanya ya sayang

    BalasHapus
  7. semangat yu :)
    your family (yosee dkk)

    BalasHapus
  8. bagus yuuu :)
    semoga limbah pabrik ga dibuang sembarangan lagi -____-"
    udah ngalamin yg namanya susah air dan itu menyiksa banget dibanding mati listrik,wlaupun sm2 penting
    heee

    BalasHapus
  9. Ayuuuu postingannya bagus. Inspiratif buat yang baca. Semoga menang lombanya yaaa :)

    BalasHapus
  10. Ayu postingannya bagus. Inspiring bgt buat yg baca. Semig menang ya lombanya! :)

    BalasHapus
  11. benar yu, kondisi air di Indonesia bisa dikatakan buruk. waktu aku ikut Jenesys Programme 2008 di Jepang, dan berkunjung ke salah satu museum air di Jepang (kalo aku ga salah dan lupa hehe), Indonesia termasuk salah satu negara yang persediaan airnya sedikit. Nah, sudah persediannya sedikit, kondisinya buruk pula, parah banget kan? keadaan seperti ini bisa dikatakan 'sudah mengakar'. cukup sulit untuk diselesaikan. namun, inilah tugas kita pemuda bangsa. perubahan besar sulit dilakukan tanpa adanya perubahan kecil :)

    Nice posting yu!

    BalasHapus
  12. keren yu post nya ! lebih menggugah gw buat ngehemat air, dan emang iya, kualitas air bersih di Indonesia ini masih tergolong kurang.

    limbah dan sampah bertebaran, di pantai aja kita sekarang ga bisa lagi ga nemuin sampah, entahlah itu tutup botol ato bekas bungkus makanan, harusnya masyarakat lebih sadar akan pentingnya air ya

    BalasHapus
  13. Haduh haduh....kondisi sungai dan laut kita emang udah sangat mengkhawatirkan apalagi yang ada di ibukota susah banget buat dapetin air bersih.Langganan PAM juga airnya kaga enak.
    Emang udah seharusnya mulai dari sekarang kita bener bener jaga kebersihan sungai dan tingkatin kesdaran kita untuk tidak membuang sampah di sungai ato pun berbagai jenis limbah yang lain coz water is very important 4 our life n our future generation!

    Gudlak Ayu..moga dengan tulisan kamu ini bisa ngingetin kita semua untuk lebih peduli ma lingkungan :D

    BalasHapus
  14. haduh haduh....kondisi sungai dan laut kita emang udah sangat mengkhawatirkan apalagi yang ada di ibukota susah banget buat dapetin air bersih.Langganan PAM juga airnya kaga enak.
    Emang udah seharusnya mulai dari sekarang kita bener bener jaga kebersihan sungai dan tingkatin kesdaran kita untuk tidak membuang sampah di sungai ato pun berbagai jenis limbah yang lain coz water is very important 4 our life n our future generation

    Gudlak Ayu..moga dengan tulisan lo ini bisa ngingetin kita semua untuk peduli ma lingkungan :D

    BalasHapus
  15. gw jadi sedih ngeliat kayak gitu, gw dukung yu. ayo ubah dunia

    BalasHapus
  16. nice post, like this, kita harus mulai peduli, dari sekarang, dari hal kecil dan dari diri sendiri... dua jempol buat Ayu...

    BalasHapus
  17. nice post, like this, kita harus mulai peduli, dari sekarang, dari hal kecil dan dari diri sendiri... dua jempol buat Ayu...

    BalasHapus
  18. wah ayuuu bisa nulis juga to ternyata... bagus kok tak tunggu yang lainnya yaa, semoga yang sedikit ini bisa menyadarkan dan mengingatkan kita betapa sangat pentingnya air, #padahal ak sendiri boroos banget ma air hhihihi
    semoga bermanfaaat sukses yaa ^^

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Kereeen" tulisannya :D
    Salute buat ayuuuu :)

    BalasHapus
  21. Bener,
    Kapan lagi kalo bukan diri kita yang mulai...
    :) :) :)

    BalasHapus
  22. wahhh,,mantab yu tulisannya,,menggambarkan keadaan air masa kini,,tapi kalo ditarik garis lurus,kyaknya postingan lo ada kemiripan dengan postingan di blog gua dehh...

    BalasHapus
  23. iya tuuuuh bener banget yuuu..
    air itu kan sumber kehidupan manusia. bahkan, sebagian dr tubuh manusia trdiri dr air. kalo air nya rusak ya rusak lah semuannya..
    ayu ini baguuuuss :)

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum ayu...
    tulisannya bagus cuu..keren banget palagi kalau sampe diperaktekan dilapangan..biar generasi berikutnya tidak kena krisis air bersih..
    good luck buat lombanya ya.. :D

    BalasHapus
  25. wow, celotehan yang cukup panjang yuu.. tapi bagus karena "kepolosan" dalam gaya penulisannya..

    BalasHapus
  26. waaaaww ayuuu keren banget tulisan kamu. wih bener juga ya, gimana jadinya kalo sampe krisis air bersih. ga kebayang sampe harus minum air kotor kayak yang ada di gambar. aku ngebayanginnya aja udah enek sendiri, gimana kalo sampe kejadian beneraaaaann???!! huaaaaa tidaaaaaakkk.

    BalasHapus
  27. nice info...
    jangan lupa kunjung balik y, ane masih newbie...
    heheheh

    BalasHapus
  28. iya bener tuh, emang terkadang kita suka tidak memperhatikan air di masa depan. serem ngeliat gambarnya :(

    BalasHapus
  29. iye bener tuh dek, kemaren kita ke wonosari kamu liatkan susahnya nyari air bersih. padahal kita masih di indonesia yang 75% adalah air.

    susan

    BalasHapus
  30. sampah! (emang bener tuh banyak sampahnya di perairan hohoahoahoahohaohaohoahoa

    BalasHapus
  31. wah bagus tulisannya n bermakna jugaa jadi serem ttg air tp jd terpacuu jg buat ngejaga nyaa :)
    sukses terus yu nulisnyaa yaa :)

    BalasHapus
  32. iya setuju banget, air bersih sekarang udah jadi barang langka. jadi kita harus hemat dan seefektif mungkin dalam pemakaiannya.

    BalasHapus
  33. iya bener banget postingan kakak satu ini,
    sering banget kita menyepelekan hal kecil..
    padahal ini bs berdampak buruk kalau tidak dijaga dan tidak dipergunakan seperlunya..
    Air tidak hanya untuk pemenuhan kebutuhan tetapi bisa dijadikan sarana pendapatan negara loh (misalnya turis yang berkunjung ke Indonesia memanfaatkan wisata air seperi snorkeling atau diving). Nah, kalau banyak turis yang dateng kan pendapatan negara banyak :D hahahaha.....(bner ga sih?)

    jadi kesimpulannya, kita generasi muda harus JAGA AIR YAH! DEMI ANAK CUCU :)

    dytha

    BalasHapus
  34. baguuusss c,.air emg sumber khidupan, yang patut dijaga,.. ngmong2 soal jakarta,. itu gmn? ide inovatif tntg kbersihn air dsana?, next pasti ada hub dg banjir,.. ya terus di gali aja biar tema blog ini gx terlalu umum..tp lbh khusus,..

    BalasHapus
  35. iya bener banget nih, apalagi air di jakarta. ajegile kotornya bukan main. kalo mau ngeliat kondisi air di jakarta sekarang ya tinggal liat aja kali ciliwung, dan itulah keadaan jakarta sesungguhnya dibalik mewahnya gedung-gedung bertingkat yang kurang peduli lingkungan itu.

    BalasHapus
  36. cool ayu~ :D sama di kost gue juga airnya paraaah banget.. sehari sekali bak mandinya mesti dibersihin~ :( sukses yu!

    BalasHapus
  37. wah bener tuh kak. iya di tempat om irwan cengkareng juga udah susah cari air bersih. bener mudah mudahan mengguah untuk menjaga air untuk masa depan

    BalasHapus
  38. naudzubillahimin dzalik..

    BalasHapus
  39. good luck ayuu , nice posting:)
    semoga semua mata terbuka untuk lebih menyadari akan pentingnya lingkungan bagi kehidupan :)

    BalasHapus
  40. Sukses ya untuk kompetisinya, semoga tulisan ini bukan sekedar jd pengingat tp juga bisa diamalkan buat kita semua, mengingat dampaknya yang mbak jelasin. Semoga inspirasi ini memberi perubahan. 1x lg sukses......

    BalasHapus
  41. wih,bener banget nih kak, air memang harus dijaga dengan baik apalagi karena air dibutuhkan setiap lapis makhluk hidup.semoga kualitas air tetap baik sampai masa depan

    BalasHapus
  42. bener banget, sekarang di daerah daerah ciputat ada yang beberapa rumah airnya bau bau besi gitu. padahal itu air dari sumur, what a wonderful world

    BalasHapus
  43. Aduh Menyadarkankita untuk tidak membuang sampah sembarangn.....

    BalasHapus
  44. yakin bisa,
    semangat !
    jangan cuma tulisan,bktikan diperbuatan kamu juga

    BalasHapus
  45. bagus tulisannya....
    Band saya bikin lagu tentang air jg loh... (judulnya:Water), cekidot: myspace.com/negativminus
    so...keep the water clean...

    BalasHapus
  46. ayuuuu gw jg ikutan tapi gw bikin komik yu heheheheh. blognya bagus bgt isisnya informatif abis.

    BalasHapus