Kamis, 21 April 2011

tips-tips memilih jurusan kuliah

masa sma memang ngga bisa dilupain, masa yang memang sangat menyenangkan, masa dimana kita bisa bertingkah, sekonyol-konyolnya biar rame :) itu semua yang kalian dapetin di sma kan? tapi untuk sekarang kalian harus bisa memilih, mana tujuan kalian berikutnya.

aku sudah melewati masa smaku, banyak yang terjadi disaat aku memakai seragam itu. sekarang aku sudah menjadi mahasiswa, menjadi mahasiswa adalah tujuanku dan sebagian banyak teman-temanku. banyak dari mereka yang mendapatkan universitas-universitas terkenal di Indonesia, bahkan banyak dari mereka juga melanjutkannya sampai ke luar negeri. hebat kan mereka?

naaah, disini aku mau memberi tips-tips sama adik-adikku untuk memilih jurusan. kenapa aku kasih tips-tips, yaa karena aku merasa aku sudah mengalami seperti kalian alami sekarang, khususnya yang kelas 3. jadi ini tips-tipsnya:

  1. pilih jurusan sesuai hobi kalian ; jangan sampai karena kalian saking nurutnya sama orang tua kalian salah masuk yang bukan hobi kalian. karena kuliah kalo ngga didasari suka dan hobi agak susah. keculi untuk kalian yang emang bener mau berubah sesuai apa yang jurusan kalian dapatkan.
  2. pilih jurusan sesuai tingkat kemampuan kalian ; bukan mengecilkan hati teman-teman yang ingin mencapai-cita-cita yang tinggi. tapi coba lihat kenyataannya. tapi yaa kalo kalian mau berusaha, apa sih yang ngga akan tercapai, yakan?
  3. pilih jurusan, dan cari informasinya ; misalnya kamu sudah sangat yakin sama jurusan yang kamu pilih, ngga ada salahnya kok untuk mencari tau lebih dalam lagi tentang jurusan yang kamu mau ambil. universitas mana yang mennyediakan jurusan yang kamu suka, atau cari grade jurusan yang bagus ada di universitas mana. cari tahu berapa daya tampungnya. atau yang lain.
  4. pilih jurusan yang sesuai dengan biaya orang tuamu ; maksudnya kita memang senang mendapatkan jurusan, universitas bagus, tapi tidak memikirkan biaya orang tua kan sangat disayangkan, apalagi kalo kamu punya adek yang banyak. bagi-bagi biaya pendidikan untuk adek-adekmu ngga salah kok.
  5. pilih jurusan, seuai karier yang kamu cita-citakan ; jadi jangan sampai salah jurusan. emang si realitanya banyak yang ubah jalur setelah lulus kuliah. tapi kan sayang ilmu yang sudah dipelajari. jadi lebih enak kan satu jalur. dan pikirin juga prospek kedepannya ya! :)

yaaa... mungkin segitu dulu yang aku bisa share ke kalian. mudah-mudahan bisa membantu ya :) selamat berjuang untuk mendapatkan status baru sebagai seorang MAHASISWA.

SEMANGAT SNMPTN

UGM

ITB

UI

menanti kaliaaan loh :)

1 komentar: