Kamis, 16 Juni 2011

Gerhana Bulan 16 Juni 2011

untuk kedua kalinya aku diberikan kesempatan oleh Allah untuk melihat gerhana bulan. yang ini tanggal 16 juni 2011 adalah gerhana bulan total. awalnya aku berniat untuk begadang sembari menunggu gerhana itu. aku yang tadinya semangat 45 menunggu gerhana bulan itu muncul, mulai memupuskan niat, soalnya keadaan kosan yang mendadak sepi. ternyata temen-temenku udah pada molor dikamar. aku juga tadinya mau buat live streaming JADI GAGAL. karena keparnoanku menjadi-jadi. dan wassalam, aku tertidur.

jam 3.32 aku terbangun, langsung keluar kostan meliahat bulanku dimana? ternyata tertutup. dan langinya gelap :( walaupun enggak ngeliat secara penuh step-stepnya sampai bulan itu tertutup total, saya bangga bisa menyaksikan awan hitam tanpa bulan. itu tandanya bulan sedang tertutup. aku ingat kata ayah untuk sholat gerhana, dan aku langsung sholat gerhana.

sedikit info tentang sholat gerhana :
  • sholatnya sama seperti sholat biasa.
  • 2 kali rokaat.
  • setiap rokaat ada 2 kali ruku.
  • biasanya setelah kita ruku lalu itidal dan kemudian sujud, tapi untuk sholat gerhana, setelah ruku pertama membaca al-fatihah dan surat, kemudian ruku lagi, itidal, kemudian sujud.
  • begitu juga dirokaat kedua.
  • over all mirip seperti sholat biasa.

siangnya. hari ini aku mencari info tentang gerhana bulan tadipagi. masalahnya aku kan enggak ngeliat. ternyata pas buka mbah google, mbah google juga mengapresiasikan dirinya dengan mengubah tampilan awal google menjadi

ini kumpulan beberapa foto yang aku searching di internet untuk kalian yang bernasib sama kayak aku, enggak ngeliat gerhananya. atau cuma ngeliat langit hitam.

gerhana tadi pagi itu terjadi jam 01.25 WIB hingga 05.04 WIB, pas pukul 02.25 sampai totalnya pada pukul 03.14 WIB bulan secara penuh akan tertutup. itu dia aku enggak bisa ngeliat :( dan bodohnya setelah sholat eh malah bobo.

terus aku baca, insyaallah ada gerhana bulan total bulan 10 Desember 2011 nanti. Perbedaan antara Gerhana Total Desember nanti, diperkirakan waktu mulainya akan terjadi pada pukul 19.46 WIB. Sementara total gerhana akan terjadi pada pukul 21.04 WIB dan akan berakhir pada 23.17 WIB. naaah untuk kalian yang enggak bisa begadang mudah-mudahan bisa ngeliat.

yaudaaah segitu dulu yaaak. dadaaaaah :D



3 komentar:

  1. waw mau ada gerhana lagi ya tapi waktunya lebih awal ya ? hihih nice info sis

    BalasHapus
  2. Ada lagi kok tahun depan tanggal 8 Oktober 2014 Gerhana Bulan Total waktunya saat maghrib

    BalasHapus