Selasa, 06 Maret 2012

SNMPTN-UGM Jalur Ujian Tertulis


    1. Latar Belakang Sistem seleksi ini merupakan sistem ujian masuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara nasional, oleh sebuah panitia terpusat di Jakarta, yang ditunjuk oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), dan ditempatkan di kota-kota yang strategis dimana Perguruan Tinggi Negeri berada. Tujuan pelaksanaan SNMPTN 2012 – Jalur Ujian Tulis adalah untuk memilih calon mahasiswa baru yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.Ujian tulis yang diselenggarakan dalam rangka Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri akan dilaksanakan secara serentak dan terpadu pada jam dan hari yang sama, dengan soal yang sama di berbagai PTN di Indonesia, sehingga peserta diharapkan dapat memilih lokasi yang terdekat dengan penyelenggaraan kegiatan seleksi tersebut. Tempat ujian tidak menjadi bahan pertimbangan dalam proses seleksi dan penentuan kelulusan seorang calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri yang dipilihnya.
    2. Seleksi
      1. Lulus Ujian Nasional SLTA atau yang setara tahun 2010, 2011, dan 2012.
        Bagi lulusan tahun 2010 dan 2011, memiliki ijazah SLTA atau yang setara dan bagi lulusan tahun 2012 telah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas foto yang bersangkutan dan dicap.
      2. Memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.
      3. Tidak buta warna dan/atau tuna daksa bagi program studi tertentu.
    3. Persyaratan Khusus Siswa Pelamar UGM
      1. Semua calon mahasiswa yang mendaftar pada SNMPTN Jalur Ujian Tulis yang memilih progran studi di UGM harus mengisi dan menyerahkan Formulir Kesediaan Pembayaran SPMA, paling lambat padatanggal 6 Juni 2012 pukul 16.00 WIB.
      2. Formulir Kesediaan Pembayaran SPMA yang telah diisi lengkap dikirimkan melalui kantor pos/faksimili/e-mail, atau diserahkan sendiri ke alamat:Direktorat Administrasi Akademik,
        Jl. Pancasila, Boulevard, Bulaksumur, Yogyakarta – 55281
        Telp. (0274) 551222, 6491808, 6491919.
        Fax. (0274) 552132.
        email: umugm@ugm.ac.id
      3. Peserta dapat memeriksa status pengiriman Formulir Kesediaan Pembayaran SPMA melalui laman http://um.ugm.ac.id.
      4. Siswa pelamar yang tidak menyerahkan Formulir Kesediaan Pembayaran SPMA pada tanggal yang telah ditetapkan, diwajibkan membayar SPMA 4 bila lulus seleksi.
    4. Registrasi
Siswa pelamar yang lulus Ujian Nasional, lulus ujian tertulis SNMPTN 2012, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh UGM dapat melaksanakan registrasi sebagai mahasiswa UGM sesuai dengan jadwal yang akan diumumkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar