Minggu, 17 November 2013

aku bangga menjadi bagian dari kalian



Selamat pagi, alhamdulillah masih dikasih sehat oleh Allah, masih bisa ngeposting disini. Diatas adalah foto angkatan Fisika UGM 2010. Senang sekali masih bisa berkumpul, dan bangga menjadi bagian dari kalian. Walaupun difoto ini belum semua anak fisika 2010 kumpul. Aku akan sebutkan nama mereka. Mudah-mudahan ingat :) mulai dari atas kiri ya..

Baris 1 : Zam-Putu-Robi-Yusuf-Qosim-Tatag-Felix
Baris 2 : Irman-Rahmat-Andreanus-Sriyanto-Ali-Vada-Gusde
Baris 3 : Iif-Falah-Budi-Bhisma-Anwar-Adit-Sulthon
Baris 4 : Otik-Indah-Puri-Winda Asnita-Kiki-Nurra-Ayu-Udin
Baris 5 : Rusliana-Hana-Vero-Sakinah-Tisar-Winda-Amel-Ana
Paling depan : Roni

teman-teman yang belum bisa kesempatan foto bareng :
Putri-Nila-Lisa-Riri-Ikhsan-Lintang-Rama

suatu saat pasti aku kangen kalian :')

Minggu, 13 Oktober 2013

Buat Mahasiswa Yang CUMA Bangga Sama IP 3.5

Disadari atau nggak, mahasiswa di era pasca soeharto lengser cenderung lebih berbeda dibanding dengan mahasiswa sebelum soeharto lengser. Setidaknya, dari intensitas ngomong, mahasiswa jaman sebelum soeharto lengser lebih vokal ngomong di luar urusannya sama akademik.
Terlepas dari ada atau nggak penyokong dana di balik aksi mahasiswa sebelum soeharto, senggaknya mahasiswa di jaman orde baru lebih punya prinsip buat ngadain gerakan-gerakan. Nggak cuma gerakan demo, tapi juga lobi-lobi ke pemerintahan.

Sekarang?

Disadari atau nggak, mahasiswa jaman sekarang cenderung lebih milih nggedein IPK, lulus nggak nyampe 4 tahun, terus kerja di perusahaan bonafit. Sukur-sukur sih kerja di perusahaan asing yang ada di Indonesia. Kalo bahasa kasarannya versi ane, menJongoskan diri di negeri sendiri. yaaa…beda tipis lah sama orang pribumi jaman hindia belanda yang justru jadi kacungnya orang belanda.

Oke. Kembali ke topik. Dari berbagai obrolan warung kopi, emang faktanya mahasiswa jaman sekarang (nggak tau sengaja atau nggak) dibuat biar lebih fokus ke bidang akademiknya. Itu bahasa halusnya. Kalo bahasa yang agak blak-blakan, yaa…mahasiswa dibikin cupu. Dibikin gimana caranya jadi kutu buku, tiap hari cuma berangkat kuliah, masuk kelas, dengerin dosen, tidur di kelas, ngerjain tugas, lobi dosen biar dapet nilai bagus, atau biar lebih dramatis, kalo menjelang ujian safari ke rumah dosen ngasih parcel atau bingkisan. Yaa..siapa tau si dosen akan iba dan tersentuh hatinya kalo udah dikasih bingkisan, terus mau ngasih nilai bagus.
Kurang lebih gitu kan?

Kalo diitung di kampus, jumlah mahasiswa yang mau mikir kondisi kampusnya, lingkungannya, atau malah negaranya, dibanding jumlah mahasiswa yang boro-boro mikir orang lain, buat mikir dirinya sendiri bahkan doi bersedia nyikut kawannya. Banyakan mana coba? Mahasiswa yang lebih ngejar target IPK dan lulus cepet, ketimbang mahasiswa yang menikmati kuliahnya dengan berbagai kegiatan non akademik.

Yaa…nggak bisa dipungkiri, mahasiswa jaman sekarang ngejar lulus dibawah 4 tahun. Bukan mahasiswanya yang salah sih kalo menurut ane.

SEKALI LAGI!
BUKAN MAHASISWA JAMAN SEKARANG YANG SALAH.

Tapi dari berbagai hasil analisis ane, emang mahasiswa jaman sekarang sengaja dibikin nggak vokal, baik merespon lingkungannya, terhadap sikap pemerintah pusat dan daerah, atau juga terhadap orang-orang di sekitarnya. Kenapa?
Berikut analisis ane…. image
image

Yang pertama, secara nggak sadar, Rezim jaman SBY beda-beda tipis sama rezimnya Soeharto. Nggak percaya? Yaa…walau kedoknya negara demokrasi, bebas korupsi, kebebasan berpendapat, tapi faktanya kroni-kroninya SBY di partai sama di keluarganya pada mainin proyek negara. Korupsi kurang lebih bahasa jaman sekarangnya. Nah, kalo mahasiswa jaman dulu, mereka langsung sadar kalo Kroninya Soeharto korup. Makannya tahun 1998 sempet meledak kan?
Sekarang? Jaman SBY? Orang birokrat udah belajar dari jaman kesalahan Soeharto. Kalo mahasiswa dibiarin liar di kampusnya, dikasih ruang bebas buat berorganisasi atau respek ke lingkungannya, yang ada mereka sadar kalo sekarang jaman udah lagi nggak bener. Maka dari itu dibikin kurikulum kampus yang lebih ketat. Target IPK 3 lah, lulus di bawah 4 tahun lah. bla bla bla….
Itu yang pertama.

Yang kedua, mau nggak mau ane harus ngomong lagi soal konspirasi asing. Kok nyambung ke asing? Pikir aja! 5-10 tahun ke depan, yang bakalan ngurus negara Indonesia tercinta mau nggak mau ya mahasiswa yang kuliah kan? Nah, kalo mahasiswa yang kuliah dibiarin liar di kampusnya, belajar organisasi, terus tiba-tiba sadar mereka masih dibodohi asing jaman modern, pasti mereka bakal berontak.
Nah, strategi asing, ya dibikin gimana caranya biar mahasiswa yang lulus dari kampusnya buat puas dengan gaji sedikit di atas perusahaan pribumi, terus menikmati hasil ngacung mereka di perusahaan asing.
Kalo mahasiswa sadar, 5-10 tahun lagi asing pasti bakal terancam. Kenapa? Bayangin aja sekarang. Berapa perjanjian ekspor impor yang merugikan Indonesia? Contoh gampang yang baru kejadian, Indonesia punya banyak garam, tapi menteri perdagangannya malah impor garam. Nah lo? Nyambungnya? Ya Intervensi asing.
image

Nggak cuma itu. Sekarang, coba pikir lagi, 5-10 tahun, minyak sama hutan bakal jadi barang langka dan penting. Asing di Indonesia udah mulai ancang-ancang noh! Pake perusahaan, csr, greenpeace, bla bla bla. Nah? Kalo mahasiswa nyadar orang indonesia cuma jadi kacung di negaranya, ya asing merasa terancam. Maka dibuatlah gimana caranya mahasiswa lulus dengan kemampuan akademik aja, biar nggak punya jiwa kepemimpinan, terus puas dengan kedudukan STAF PERUSAHAAN ASING di negaranya sendiri.
image

Itu baru dua. Sebenarnya masih banyak opini di otak ane, kenapa mahasiswa sekarang dibikin diem. Oiya, perlu ditekankan lagi. Ane nggak mendiskreditkan mahasiswa jaman sekarang. Karena status ane sekarang juga masih mahasiswa. Tapi yang terjadi sekarang, sistemnya emang dibikin gitu. mahasiswa diberi ruang sempit buat melakukan aktivitas diluar doktrin akademik. Intinya 24 jam dalam 7 hari, mahasiswa disuruh baca buku doang!
Terus juga, ane nggak anti asing! Tapi faktanya sekarang, asing yang udah ngobok-obok negara kita. Emang mau besok anak-anak kita tetep dijajah kayak kita? dijadiin kacung dari perusahaan-perusahaan mereka yang udah nyedot emas, minyak, batubara, dan kekayaan negara kita buat perut mereka? Ane rasa cuma orang bego yang mau diporotin hartanya sampe mereka jatuh miskin.

Sebenernya sih mahasiswa yang nyadar juga ada. Ada juga mahasiswa sekarang yang mulai bikin gerakan sosial. Misalnya di twitter, facebook, forum. Yaa..termasuk kaskus juga. Di dunia nyata, banyak juga mahasiswa yang bikin gerakan sosial yang intinya ngembangin potensinya. Tapi itu baru sebagian kecil.
Ini bukan jaman penjajahan klasik kayak jaman jepang, belanda, inggris jajah indonesia sebelum 1945. Ini jaman penjajahan model baru. Nggak cuma orang asing, bangsa sendiri yang cuma mikir mbuncitin perut mereka juga penjajah model baru.

Sumber

Selasa, 10 September 2013

TOPCOP 2013


Top Challenge of Physics (TOP COP) adalah kompetisi fisika tingkat nasional antar siswa-siswi SMA dan sederajat yang diadakan oleh Komunitas Fisika Gadjah Mada (KFgama). Kompetisi ini diadakan sebagai wadah bagi para kawula muda yang memiliki ketertarikan terhadap fisika sekaligus merupakan ajang untuk menguji keterampilan dalam bidang fisika.

Pendaftaran 1-31 Oktober 2013 (via website)
Penyisihan Online 3-9 November 2013 (via website)

TOTAL HADIAH 10 JT
Juara I : Piala Kemendiknas + Sertifikat + Medali
Juara II : Piala Gubernur + Sertifikat + Medali
Juara III : Piala Rektor + Sertifikat + Medali

Persyaratan Lomba

  1. Peserta adalah seluruh siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA/sederajat) di Indonesia.
  2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 75.000,- melalui Bank BRI No. Rek. 216401002028501 atas nama Veronica Sri Hastuti Pamungkas.
  3. Mengisi formulir biodata pada web.

Alur Pendaftaran

Berikut adalah alur pendaftaran yang harus dilalui peserta Topcop 2013:
  1. Waktu pendaftaran dimulai dari tanggal 1 Oktober 2013 dan berakhir pada 31 Oktober 2013
  2. Peserta membuat akun di website topcop > http://topcop.fmipa.ugm.ac.id/kfgama/lomba/daftar
  3. Peserta melakukan pembayaran ke rekening topcop (Bank BRI, Nomor rekening: 216401002028501 a/n Veronica Sri Hastuti)
  4. Peserta melakukan konfirmasi pembayaran ke nomor 089604406383 (Experian), setelah itu kami akan memverifikasi pembayaran anda
  5. Setelah menunggu maksimal 1x24 jam, peserta melanjutkan proses pendaftaran dengan log-in di website topcop > http://topcop.fmipa.ugm.ac.id/kfgama/lomba/masuk
  6. Peserta mengisi profil peserta pada bagian LOMBA --> PROFIL SAYA
  7. Peserta siap untuk mengikuti seleksi online yang akan diadakan pada tanggal 3 - 9 November 2013
  8. 50 peserta yang lolos seleksi online dapat mengikuti semifinal di Fakultas MIPA UGM yogyakarta pada tanggal 24 November 2013
twitter : @TopCop2013
FB : Top Cop 2013

Contact Person : 
Taufik (085720562468) 
Ridho (08812081999)


Minggu, 16 Juni 2013

Rabu, 12 Juni 2013

Nge-lab part 1


alhamdulillah, akhirnya selesai juga nge-lab tahap pertama ini

Sebelumnya aku sudah cerita ya, kalau semester ini aku udah mulai nge-lab. Akhirnya bisa ngerasaain apa yang kakak angkatan rasain dulu kalo "nge-lab". Aku nge-lab di laboratorium fisika material untuk membahas tentang karakterisasi Cobalt Ferrite MNPs dengan sodium silica dan PEG-4000. Jadi sesuai rencana bapak pembimbingku Pak Edi, aku bareng timku membuat Cobalt Ferrite-nya dulu. kemudian pelapisan (coating) dengan sodium silica dan PEG-4000. Setelah itu di analisa XRD, TEM, FTIR, dan VSM.

Nge-lab pertamaku mulai awal maret sampai hari ini (12 Juni 2013) sesuai deadline dari Pak Edi, soalnya mau di VSM di Jepang. Pertama yang kita lakuin adalah buat nanopartikelnya dulu. Untuk pertama kali diajarin sama Mas Arif  (S2), pas kita udah bisa baru deh ngebuat sendiri. Pembuatan nanopartikel ini butuh waktu 2 hari, dari persiapan alat-stirring-pencucian-furnace-penggerusan. Lamaaaaa banget... mana hasilnya sedikit cuma 1,1-1,4 gram. :(

sedih yaaa...

Kita buat Cobalt Ferrite banyak banget, sampai kurang lebih 7,5 gram. 

Kemudian, setelah buat nanopartikelnya, mulai pelapisan dengan PEG-4000 dengan variasi sampel sebanyak 6 sampel. Tahap pelapisan ini enggak terlalu rumit, cuma menunggu keringnya aja yang lumayan lama 4 hari.

Terakhir, pelapisan nanopartikel dengan sodium silicate. Ada kendala sebelum mulai pelapisan ini, soalnya sodium silicatenya belum tersedia, jadi harus nunggu pemesanan dari Bandung. Pelapisan ini juga mirip dengan pelapisan sebelumnya, hanya saja kalau dengan PEG tidak pakai pencucian, tapi kalau dengan sodium silicate dilakukan pencucian menggunakan aquades. Setelah itu pengeringannya selama 5 hari. 

akhirnya hari ini selesai sudah nge-lab tahap pertamaku. alhamdulillah. 
dan sudah dibawa juga sama Pak Edi untuk di VSM di Jepang.



and than WELECOME NGE-LAB TAHAP 2 setelah KKN ya :)

Sabtu, 01 Juni 2013

PROMO TIKET KERETA API !!! SERBUUUU!!!!

assalamualaiku, kawan...

aku mau kasih tau ke kalian, pembaca blog aku, soalnya ada tiket PROMO kereta api untuk tanggal dekat lebaran.. alhamdulillahnya aku dapet tiketnya

TAKSAKA PAGI
6 Agustus 2013
Yogyakarta-Gambir

yuk yuks searching berburu tiket MURAH... masih ada nih nih


kalo yang dibawah ini tiket aku :)


semoga kalian beruntung dapetinnya yaa. :)

Nostalgila :)

halo, assalamualaikum, apa kabar bulan Juni? 
what's your resolution of Juni?

postingan kali ini aku akan cerita tentang nostalgila masa kecil. Alhamdulillah akur dilahirkan di-era-90-an. karena itu salah satu alasan mengapa masa kecilku termasuk masa-masa teriindah selama hidupku. 

di-era-90-an, hari minggu adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak seusiaku (6-12tahun) mengapa? yap.. karena saat itu masih banyak film-filim kartun di TV, beda sama sekarang, yang terlalu banyak gossip infotaiment. 

lalu yang kedua, sore hari juga menjadi suatu yang ditunggu-tunggu untuk bermain, walau hanya 1-2jam tapi itu benar-benar quality time untuk bersosialisasi dengan teman sebaya, biarpun itu hanya bermain bekel, petak umpet, gobak sodor, bentengan, kasti, masak-masakan, tak jongkok, tak nyamuk, taplak, batu tujuh, buaya-buayaan, dan sepak bola. itu semua membuat aku bersyukur karena jaman dulu permainan tradisional banyak sekali. beda sekali dengan anak-anak jaman sekarang, biasa sore hari mereka, mereka isi dengan les privat, dan kalau bermain mereka bermain dengan pembantunya dan gadget mereka.

yang ketiga, makanan jajanan masa kecil juga menjadi alasan kalau anak-anak era-90-an itu paling menyenangkan, ingat dengan kue cubit, telor dadar, es potong? atau yang ada di gambar ini?


ingat itu semua? nah paling menyenangkan kan? walaupun tidak sehat-sehat banget. tapi itu menyenangkan sekali. jujur, aku kangen makanan itu semua. untung kemarin ulang tahun Yogyakarta Coin A Chance ke-4, banyak jajanan masa kecil. foto diatas aku ambil saat itu :)

kalau aku, aku menyimpan memori masa kecilku indah sekali. kalau kamu?

Jumat, 24 Mei 2013

tiada

hai kasih,
hari itu, aku tau ada sesuatu yang hilang darimu
aku tau hari itu dunia begitu gelap dimatamu
aku tau itu cobaan dari Tuhan untukmu,
untuk naik ketingkat level lebih tinggi dari hidupmu

hai kasih,
hari itu, aku tau kematian datang layaknya hembusan angin. lebih cepat
aku tau kamu berusaha untuk kuat akan itu
aku tau kamu sudah berusaha yang terbaik untuk itu

sampai aku lihat kamu, begitu tegar saat melepaskannya
aku lihat itu semua kasih.

hai kasih,
hari itu, aku tau kamu menangis dalam hatimu
aku tau semua begitu berat rasanya
aku tau sekarang rasanya saat orang yang palintg kita sayangi telah pergi selamanya

hai kasih,
percaya bahwa Tuhan selalu menjaganya
percaya bahwa ia tenang disana
percaya bahwa setiap doa kita akan diterima oleh-NYA
percayalah itu


Selasa, 14 Mei 2013

Laporan Pengukuran Tingkat Kelelahan Bahan Fatique


(+) presentasi sudah bagus
(+) sudah ada latar belakang
(+) analisa data sudah benar

(-) data yang disajikan sedikit, kalau pakai metode regresi jadi terlalu besar ralatnya
(-) seharusnya semakin besar diameter semakin sulit mengalami keretakan, pada variasi diameter seharusnya    grafiknya menurun bukan naik seperti itu


note :
untuk yang menjadikan slide ini referensinya, sebelumnya difahami terlebih dahulu. karena pada slide ini menyediakan apa yang didapatkan dari praktikum. dan dikarenakan mesin fatiquenya sedikit ada trouble jadi  hasil yang didapatkan dan disajikan seperti itu.

term 6 WOOOOOWWW!!!!

gilaaaa...... semester 6 ini padet banget.

Niatnya semester ini aku konsentrasi untuk cari dosen pembimbing skripsiku nanti. Alhamdulillah jalannya dimudahin sama Allah, aku ketemu mbak winda, kita ngomongin tentang dosen inceran kita yang bakalan ngebimbing skripsi nantinya. Aku ada beberapa opsi dosen-dosennya diantaranya Pak Kuwat, Pak Edi, Pak Mitra, Pak Yusril. Ternyata pak Kuwat mau nerusin studi untuk gelar profesor diluar negeri (Arab Saudi) tahun ini. Jadi aku harus berusaha pendekatan ke bapak Edi. Naaah kebetulan beliau salah satu dosen favorit aku dan mbak winda, dan kebetulan sekali beliau lagi buka rekrutmen untuk penelitiannya. Aku pun memberanikan diri untuk ikut pertemuan pertama dengan beliau, sebelumnya mbak winda sudah ketemu pertama kali, dan dia disuruh cari mahasiswa S1 yang lain.eh ada aku :) 

Pertemuan pertama dengan Pak Edi di ruang sebelah Lab Fismatel. Kita dikasih step-step untuk ngejalanin penelitian itu. Tentang Cobalt Ferrite Nanopartikel. Di pertemuan itu aku kenalan sama mbak Anjar yang akan jadi partner penelitian juga, dia anak S2. Yang paling berkesan dari pertemuan ini adalah, bapak ngasih tau kekita kalau step tentang penelitian ini ada 10 step, naah 1-6 nantinya mbak Winda yang akan pakai buat skripsi, kemudaian 5-10 itu bagian aku untuk skripsi, dan mbak Anjar step 1-10 (banyak ya... karena dia anak S2 hehehe). Seneng sambil sport jantung aku pas pak Edi bilang kayak gitu.

GILAAAA LO GUE BAKALAN MULAI NYEKRIPSI !!!!

Tapi itu alhamdulillahnya, niatnya pendekatan, tapi malah dikasih lebih. :) Jadi mulai saat itu ada kegiatan tambahan di semester 6 ini yaitu NGE-LAB. (canggih ya)

Itu kegiatan pertama gue di semester 6 ini.

Lalu yang kedua adalah TUGAS LAB. Tugas Lab berbeda dengan NGE-LAB, kalau tugas lab ini termasuk sks wajib di kurikulum prodi fisika. Disini aku jadi asisten Laboratorium Fisika Dasar untuk mahasiswa diluar prodi fisika. Aku kedapetan ngasistenin anak Kimia. Jadi asisten Lab Fisdas ini, kita enggak harus megang semua alatnya, jadi kita milih sesuai kesukaan gitu. Aku pilih Kalor tentang termometer gas dan pendinginan air. 

Menjadi asisten disini sangat enak, berasa udah tua aja bisa ngasistenin. Saat jamnya nge-asistenin itu seru banget, gimana caranya ngebuat ngerti temen-temen kimia dengan percobaan tersebut. Walaupun banyak juga dari praktikannya yang bilang kalo rumusnya kepanjangan, terlalu ribet metodenya, dan kurang waktunya untuk ngerjain laporan saat itu juga, Overall mereka seneng-seneng aja tuh pas aku aku nge-asistenin.hehehe ;) 

tapi alhamdulillah lagi, minggu lalu tanggal 8 Mei sudah selesai tugasn nge-asisteninnya.:) (yeaaaaay)

Ada lagi yang ke-tiga kesibukan gue di semester 6 ini, yaitu adalah EKSPERIMEN ZAT PADAT. Eksperimen ini baru dimulai pertengan bulan April lalu, agak telat sih, seharusnyakan awal semester sudah mulai Eksperimen ini, tapi karena bu Wiwit susah ngatur jadwalnya jadi diundur deh :) tapi gapapa....

Eksperimen ini merupakan eksperimen terkahir (insyaallah) di jenjang S1, karena eksperimen terakhir makannya dibuat metode baru, jadi kita praktikan enggak disuruh ngebuat laporan gitu, tapi mempresentasikan hasil Eksperimennya kedosen pengujinya. Minggu lalu, aku baru aja selesai presentasi hasi laporan eksperimen, dan harus tau siapa yang ngujinya.... Pak Edi Suharyadi. awalnya sih deg-degan, tapi di tengah-tengah enggak deg-degan lagi.Aku enggak maksimal pas presentasi jadi cuma dikasih 7,5 sama pak Edi. (kecil yaaa?? nanti aku berusaha lagi deh) ;)

Masih ada 3 Percobaan untuk menyelesaikan eksperimen ini. semangaaaaat GANBATTE!!!

tuh tuh.... padet banget kan, belum lagi aku ngambil 24 SKS (weiiits sombong) rasanya pengen banget di bagi-bagi badannya yang satu NGE-LAB, yang satu KULIAH, yang satu NGERJAIN TUGAS, EKSPERIMEN....

wooow.... tumben ya aku curhat disisni :)

Sabtu, 16 Maret 2013

LINUX : DEBIAN


minggu lalu, salah satu dosen ganteng dikampusku (kayak banyak dosen gantengnya. hahaha) memberi tugas  untuk mencari tau beberapa jenis linux, kemudian tugas itu dibuat makalah. naaah, dari pada cuma menuh-menuhin hardiskku mending di taruh di blog kan?? biar kalian bisa baca dan yang pasti bisa bagi-bagi ilmu pengetahuan.

oke keep reading yaa :) 

LINUX : DEBIAN

Abstrak
Linux atau GNU/Linux adalah sistem operating non-commersial (free) yang sedang populer di negara-negara berkembang salah satu nya di Indonesia. Sistem operating Linux adalah sistem operating yang bersifat open source. Linux diciptakan oleh Linux Torvalds. Dalam perkembangannya banyak distribusi Linux yang muncul. Beberapa distribusi Linux yang terkenal adalah Red Hat Linux, Debian Linux, Caldera Open Linux, Slackware, Turbo Linux, SuSE Linux, Madrake, dan Corel Linux. Dalam Makalah ini akan menjelaskan tentang salah satu jenis atau distribusi Linux yaitu Debian Linux. Debian merupakan jenis Linux yang kurang terkenal, namun banyak penggunanya dari kalangan teknis.


Pendahuluan

Latar Belakang

Komputer terdiri dari tiga komponen Hardware (monitor, cpu, peralatan computer yang dapat dipegang), Brainware (orang, user, yang mempunyai kemampuan memakai dan menjalankan komputer) dan terakhir Software (sebagai perantara bagi Hardware dan Brainware). Software bisa dibagi menjadi dua jenis salah satunya adalah Sistem Operating. Sistem Operating  yaitu program yang berfungsi mengendalikan hardware, termasuk memanajemen proses antara satu perintah dengan perintah lain. Sistem operating juga mengatur interaksi antara user, program aplikasi dan hardware. Tapi pada dasarnya Sistem Operating atau OS (Operating System) merupakan aturan-aturan dalam bentuk program bagaimana seharusnya suatu hardware bekerja, sehingga kemampuan hardware bisa dimanfaatkan secara optimal. Namun, semua program aplikasi pada komputer tidak dapat berjalan sebelum ada sistem operating yang dijalankan, karena program aplikasi tersebut "berjalan di atas" sistem operating. Terdapat banyak macam Sistem Operating yang sudah ada contohnya antara lain, DOS, Windows, Macintosh, dan sebuah keluarga besar sistem operating UNIX.

UNIX merupakan salah satu sistem operating yang mengawali lahirnya Linux ke dunia ini. UNIX merupakan salah satu sistem operating yang ada saat ini. Adapun UNIX merupakan salah satu sistem operating populer selain keluarga Microsoft (mulai dari DOS, MS 9x sampai Vista), Novell, OS/2, BeOS, MacOS dan lainnya.

Linux merupakan sistem operating bertipe Unix modular. Linux memiliki banyak disain yang berasal dari disain dasar Unix yang dikembangkan dalam kurun waktu 1970-an hingga 1980-an. Faktor ketersediaannya dan kompatibilitasnya yang tinggi menyebabkannya Unix dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi secara luas oleh institusi-institusi akademis dan pada pebisnis. Namun satu hal yang sangat disayangkan pada waktu itu adalah kita tidak bisa sembarangan memodifikasi dan menyebar luaskan Unix secara bebas ke masyarakat umum.
Proyek GNU yang mulai pada 1984 memiliki tujuan untuk membuat sebuah sistem operating yang kompatibel dengan Unix dan lengkap dan secara total terdiri atas perangkat lunak bebas. Tahun 1985, Richard Stallman mendirikan Yayasan Perangkat Lunak Bebas dan mengembangkan Lisensi Publik Umum GNU (GNU General Public License atau GNU GPL). Kebanyakan program yang dibutuhkan oleh sebuah sistem operating (seperti pustaka, kompiler, penyunting teks, shell Unix dan sistem jendela) diselesaikan pada awal tahun 1990-an, namun sayangnya elemen-elemen tingkat rendah seperti device driver, jurik dan kernel masih belum selesai, pada saat itulah (1991) Linus Torvalds mengumumkan telah membuat sebuah kernel yang dibuat berdasarkan Unix yang diberi nama Linux, hal ini tentunya sebuah kebetulan dimana pada waktu itu proyek GNU membutuhkan Kernel (belum memiliki kernel ) , hal ini dapat dilihat dari pernyataan Linus Torvalds yang pernah berkata bahwa jika kernel GNU sudah tersedia pada saat itu (1991), dia tidak akan memutuskan untuk menulis versinya sendiri.


ISI
          Seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya, makalah ini berisi mengenail Linux tipe Debian. Debian adalah sebuah sistem operating pada computer yang terdiri dari perangkat lunak bebas yang dirilis sebagai perangkat lunak terbuka terutama di bawah GNU General Public License. Debian merupakan “kernel indpenden” yaitu sistem operating Debian dikembangkan murni tanpa mendasarkan pada sistem operating yang sudah ada.
                
Linux tipe Debian ini diperkenalkan pertama kaloi oleh Ian Murdoch, seorang mahasiswa Universitas Purdue, Amerika Serikat, pada tanggal 16 Agustus 1993. Nama Debian berasal dari kombinasi nama mantan kekasihnya Debra dan namanya Ian. Awalnya Debian merilis versi 0.9x pada tahun 1994 dan 1995. Di tahun 1996 Versi 1.x dimulai dan pada tahun itu juga Bruce Perens menggantikan Ian Murdoch sebagai pemimpin proyek. Di tahun 1996 juga Debian berkembang menjadi Debian Ean Schuessler dan merinisiatif untuk membentuk Debian Social Contract dan Debian Free Software Guidelines, dengan memberikan standar komitmen untuk pengembangan distribusi Debian. Di akhir tahun 200, proyek Debian melakukan perubahan dalam archive dan managemen rilis. Lalu ditahun yang sama pengembang memulai konferensi dan workshop tahunan “debconf”. Di 8 April 2007, Debian GNU/Linux 4.0 dirilis dengan nama kode Etch. Kemudian rilis versi terbaru Debian 2009 diberi nama “Lenny”

            Struktur keanggotaan dalam proyek Debian bersifat sukarela dan demokatis. Adapun struktur keanggotaannya dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu :
  1. 1.      Debian Developers (DD)

Saat ini ada sekitar 1.600 DDs yang memiliki beberapa hak tambahan yaitu mereka dapat secara langsung mengupload package software (karena merekalah yang membuat dan merawat pacage. User selain DD yang menginginkan package-nya masuk kedalam Distro Debian, harus mendapatkan sponsor dari DD, jika tidak mereka akan dapat mengupload package software kedalam antrian. Seorang DD dapat juga memberikan pilihan pada saat penentuan policy atau pada saat pemilihan posisi khisis pada proyek Debian, dan mereka dapat juga mencalonkan diri mereka sendiri.
  1. 2.      Debian Users

Adalah siapa saja yang mengginakan distribus Debian, baik sebagai system administrator yang menggunakan berbagai jenis prosessor, ataupun user biasa yang menggunakan Debian di rumahnya. Termasuk didalamnya adalah siapa saja yang secara langsung memberikan kantribus kepada project, musalkan mengirimkan patches, bug report, dan membuat Debian package
  1. 3.      Debian developer yang memegan posisi khusus (Official Positions)

Posisi khusus tersebut antara lain adalah Debian Project Leader (DPL), anggota Technical Committee, Release Manager, pada setiap release dari O/SDebian, dan manager dari berbagai infrastruktu seperti mirrors dan buld farm. Untuk mendapatkan penghargaan dari orang –orang yang terlibat dalam Debian Project dan agar dikaui menjadi Debian Developer, yang perlu dilakukan adalah berikan kontribusi nyata ke Debian Project. Jadi segeralah subscribe ke Debian-Devel dan terlibat didalamnya.

        Debian mengalam I beberapa kali perumbahan kepemimpinan sejak 1993. Beberapa nama yang pernah menjadi Debian Project Leader (DPL) adalah sebagai berikut :
  • 1.      Ian Murdock Agustus 1993 – Maret 1996
  • 2.      Bruce Perens April 1996 – Desember 1997
  • 3.      Ian Jackson januari 1998 – Desember 1998
  • 4.      Wichert Akkerman Januari 1999 – Maret 2001
  • 5.      Ben Collins April 2002 – April 2003
  • 6.      Martin Michlmayr Maret 2003 – Maret 2005


Dalam setiap sistem operating pasti memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Untuk operating sistem seperti Debian memiliki beberapa kelebihan seperti berikut :

  1. 1.       Administrator Friendly

Admin yang dimaksudkan adalah “System Administrator” (SysAdmin), yaitu orang yang bertanggung jawab akan kestabilan dan keamanan komputer server.
  1. 2.       Friendly User

Pada awalnya O/S Linux dikenal sebagai O/S Server,bukan O/S Desktop. Seiring dengan perkembangan pengguna Linux, maka semakin banyak O/S Linux yang lebih meningkatkan “Kenyamanan User” tanpa harus mengorbankan kinerja,kestabilan dan keamanannya. Sebagai contoh O/S Mandrake Linux (berbasis Redhat), atau O/S Xandros Linux (berbasis Debian),dll. Tentu saja pada O/S Debian Linux juga mengalami evolusi yang sama.
  1. 3.       Hardware Friendly

Seringkali “feature” canggih dari sebuah O/S harus dibayar mahal dengan dukungan hardware yang sangat “mewah”. Padahal jika sebuah O/S dioptimalkan kinerjanya,bisa berjalan pada hardware yang mungkin tergolong lama. Sebagai contoh pada O/S Libranet Linux 2.8.1, hardware minimalnya adalah Processor Intel Pentium 100, 64 MB RAM, dan 4GB ruangkosong Harddisk. Sedangkan pada O/S Debian Linux 3.1, sebagai O/S Desktop dibutuhkan minimal Processor Intel Pentium 100, 64 MB RAM, dan 3GB ruang kosong Harddisk.
  1. 4.       Architecture Indipendent

Debian sejak awal dapat berjalan pada beberapa processor, sampai release terbaru Debian dapat berjalan pada 11 arsitektur processor, yaitu Inteli386/i486/i586, Alpha, ARM, Intel IA-64, Motorola 68k, MIPS, PA-RISC, PowerPC, Sparc (dan UltraSparc), IBM S/390 dan Hitachi SuperH.

Adapun kelemahan yang dimiliki operating sistem seperti Debian ini adalah :
  1. 1.      Installer kurang (belum) berkembang
  2. 2.      Sulit dikonfigurasu pada saat install pertama kali

a.      Harus faham perangkat keras (non autodetect)
b.      keluhan umum: setting X11(Video)
  1. 3.      Perlu Repositori Besar (40 – 60 G Bytes)

a.      jangan meracik sendiri (kompail ulang)
  1. 4.      Perioda Rilis Yang Konservatif

b.      Paket “super-stabil” bukan “bleeding edge”
c.       Masalah perangkat keras mutakhir

Walaupun memiliki kelemahan, operating sistem seperti Debian ini banyak didistribusikan termasuk Ubuntu, Mepis, DreamLinux, Damn Small Linuc, Demo Linux (merupakan distro GNU/Linux yang dapat dijalankan tanpa instalasi ataupun pasrtisi hardisk), Giblraltar (merupakan distro yang khusu diperuntukkan untuk firewall/router), Libranet (distro ini memaketkan paketnya dengan kemudahan yang diberikan dalam hal instalasi), Stromix Xandros (para pengembang distro Stormix mengkalin distro buatannya sebagai distribusi GNU/Linux yang sangat stabil dan aman), Knoppix (distro ini salah satu distro yang banyak digunakan oleh pengguna GNU/Linux karena kemudahan dalam pemakaiannya serta tidak peril melakukan istalasi. Selain itu, dengan distro ini anda dapat meng-hardisk-an knoppix. Dukungan hardware juga sangat lengka sehingga distro ini sangat bagus untuk digunakan), Back Track, Linspire, Sidux, Parsix dan LinEx (distro Linex dikembangkan oleh “the regional government of Extramadura – Spain dengan tujuan untuk memigrasikan seluruh operation system. Distro ini khusus diajukan untuk keperluan perkantoran).
Setiap operating system pasti memiliki bentuk perintah yang berbeda dengan operating sistem lainnya. Perintah dasar yang sering digunakan dalam Linux Debian adalah sebagai berikut :
  • 1.      ls : melihat isi direktori yang aktif
  • 2.      cat : melihat isi file secara keseluruhan
  • 3.      more : menampilkan isi per layer
  • 4.      tail : menampilkan sepuluh baris
  • 5.      less : melihat isi file tetapi yang bisa discroll
  • 6.      cp : untuk mengkopi file
  • 7.      mv : memindahkan file
  • 8.      rm : menghapus file
  • 9.      mkdir : membuat direktori
  • 10.  rmdir : menghapus direktori
  • 11.  cd : pindah direktori

    Salah satu contoh yang menggunakan operating system Linux Debian adalah Science Internet Center dan Laboratorium Fisika Komputasi  Fakultas Matematika dan Ilme Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada.

Cara menginstall Linux Debian  sebagai berikut :
·         Masuk di tampilan awal instalasi: pilih Install,GUI atau Text. Enter
·         Pilih Bahasa untuk system instalasi pilih English Enter Pilih Bahasa untuk Keyboard pilih American English
·         Pilih Lokasi Area United States
·         Ketik Hostname,sesuai selera Ketikan untuk domain,bila tidak di isi tidak apa-apa
·         Pilih waktu eastern Pembuatan Partisi,pilih manual
·         Pilih SCST1 Pilih yes
·         Pilih create a new partition Isi untuk partisi
·         Pilih begining Pada use as pilih XFS
·         Untuk mount print pilih /
·         Kemudian pada bootable pilih on
·         Selanjutnya pilih done setting apabila pembagian partisi sudah selesai
·         Kemudian partisi lagi yang ke 2 Pilih create
·         Isi ukuran partisi Pilih logical
·         Pilih use as pada swap area
·         Kemudian bootable flag pilih off
·         Setelah itu pilih done setting Setelah semua pembagian partisi pilih finish partitioning
·         Kemudian pilih yes Isikan password untuk login
·         Ketikkan password untuk user Ketikkan full name
·         Ketikan Username untuk login ke Debian Masukkan password untuk Login Debian
·         Copy Password Untuk menscan CD or DVD pilih Yes
·         Pilih Yes Pilih United States
·         Hilangkan tanda bintang * pada pilihan instalasi sofware dengan tekan spasi Pilih Yes untuk install Grub boot
·         Pilih Continue untuk finishing instalasi Tampilan terakhir setelah instalasi
·         Langkah terakhir untuk memasuki setting


Kesimpulan
Debian adalah sebuah sistem operating pada computer yang terdiri dari perangkat lunak bebas yang dirilis sebagai perangkat lunak terbuka terutama di bawah GNU General Public License. Linux tipe Debian ini diperkenalkan pertama kaloi oleh Ian Murdoch, seorang mahasiswa Universitas Purdue, Amerika Serikat, pada tanggal 16 Agustus 1993. Debian juga sering dikenal sebagai “kernel indepent” yaitu operasi Debian dikembangkan murni tanpa mendasarkan pada sistem operasi yang telah ada. Debian  merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya,
maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia

Sabtu, 16 Februari 2013

ini baru namanya hadiah

tahun ini baru berjalan 2 bulan kurang. untuk waktu yang sesingkat ini alhamdulillah Allah memberiku hadiah yang luar biasa (menurutku). masalah kuliah, disemester ini aku berhasil memberi hadiah ke ayah dan ibu tentang IP-ku. karena aku belum bisa kasih apa-apa selain itu dan selalu ngebuat ayah ibuku tersenyum bangga punya anak sepertiku. sujud syukur terus aku lakukan setiap satu persatu nilai-nilaiku keluar. alahamdulillah banget aku bisa ngerasain 24 SKS heheh :) kado dari Allah ini juga aku kasih ke masku mas arief gunawan, sudah lama aku mau kasih hadiah ini tapi belum kesampean, tapi disemester kemaren akhirnya aku bisa. thanks dukungannya mas.

i love 24

itu baru yang pertama, kemarin tepatnya, aku lupa jam berapa. iseng buka facebook, eh ada pengumuman tentang PKM. aku download pengumuman itu, daaaaan ya ampuuuuuun alhamdulillah lagi...... hadiah kedua dari Allah, PKM lolos (dibiayain). Ini pertama kalinya juga aku lolos PKM sebelumnya sudah ikutan tapi enggak lolos, belum dikasih kesempatan kali yaa. kali ini timku Nursusan Iskandar (ncus), Aditya Rianjanu (adit), Alvi Oktavia (alvi) dan Triyuri Lestari (uye). ini pengumumannya.



karena ini merupakan PKM pertama yang dibiayain, aku senengnya bukan main. deg-degan setelah ngebacanya dan mau nangis. heheh. aku juga langsung SMS pak Rinto dosen pembimbing kita. dan nazarku sepertinya bakalan aku bayar kalo pak Rinto lagi selow. mau nraktir. hehehe.

mudah-mudahan ada hadiah selanjutnya dari Allah. makasih ya Allah. hadiahnya subhanallah banget :)

Selasa, 15 Januari 2013

pertama di radio (Sounding CACJogja di Sindo Radio 97.00FM)


Kemarin seharusnya aku sudah melangkahkan kakiku untuk memulai liburan di Jakarta. Tapi karena suatu hal, keberangkatan itu diundur sampai tanggal 17 Januari. Tidak ada yang spesial memang kali liburan cuma dikosan, glimbang-glimbung dikasur, apalagi kalau teringat nilai-nilai UAS yang semakin lama banyak yang keluar. Tapi semua itu berbeda, kemarin waktu aku internetan ada chat dari om admin cacjogja, dia mengajak aku untuk mengisi siaran di Sindo Radio 97.00FM jam setengah 8 malam. Aku pun mengiyakannya mumpung lagi selo time.

Om admin itu baik hati rela-relanya direpotkan untuk menjemputku ke kosan. Ternyata setelah bertanya dan ngobrol saat perjalanan menuju Sindo Radio, Babarsari, Yogyakarta, alasan aku diajak  karena yang mengisi siaran kali ini adalah @Ardhi_Qeju @laksonoadi @tonnyoscar @Fanbul dan @PunchGita mereka cowo semua. haha. Singakat cerita kita bertemu dengan mbak rahmi (@raulamie), dia adalah produser Sindo Radio. Sebelum masuk ke ruang siaran kita mengisi form tentang komunitas.

Di dalam ruang siaran, kita bertemu dengan mbak cantik salah satu penyiar Sindo Radio namanya mbak ata (@ataamoy). Dia sangat ramah sekali. Ternyata disitu kita mengisi salah satu program dari Sindo Radio tentang komunitas-komunitas di Jogja. Mungkin sudah banyak sebelumnya komunitas yang mengisi di program tersebut. Dan sekarang giliran cacjogja.


Coin Dropping


Coin Dropping adalah salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh team @cacjogja. Yaaa bagaimana tidak, koin dropping ini kegiatan per satu semster. Jadi memang beda sekali dengan Coin Collecting Day yang pertemuannya hampir tiap bulan. Kegiatan coin dropping ini ada untuk meberikan secara langsung beasiswa untuk para adik asuh. Kegiatan ini bukan hanya ditunggu tunggu oleh team cacjogja looh.., tapi sepertinya juga ditunggu-tunggu oleh para adik asuh. Kedatangan team cacjogja ke sekolah-sekolah yang menjadi tempat untuk dropping beasiswa juga sekalian menjalin silaturahmi kepada sekolah, guru, dan tentunya para adik asuh. Disitu para adik asuh bisa mengenal lebih dekat siapa saja yang memang telah membantunya.
Biasanya team cacjogja ngumpul di suatu tempat untuk kemudian bersama-sama menuju sekolah yang memiliki adik asuh coin a chance. Sebelumnya team dropping cacjogja sudah dibagi beberapa team. Team-team tersebut dibentuk untuk memanfaatkan waktu pada saat coin dropping karena jumlah sekolah penerima beasiswa cukup banyak. Setelah sampai disekolah yang dituju, biasanya tujuan pertama team cacjogja adalah bertemu dengan guru yang diberi amanah untuk mengurus beasiswa adik asuh. Beasiswa memang tidak serta merta diberikan kepada adik asuh, melainkan dititipkan ke gurunya, untuk dimonitoring setiap pengeluaran keperluan sekolah adik asuh. Bukannya tidak mau langsung diberikan kepada para adik asuh, hal ini diterapkan untuk meminimalisir beasiswa menjadi nasi oleh para orang tua karena beasiswa ini “pure” untuk keperluan sekolah adik asuh demi meraih cita-cita mereka.
Pertemuan kepada guru biasanya ditemani oleh adik asuh. Team ca jogja menanyakan dan mengecek tentang pengeluaran adik asuh selama satu semester. Lalu kemudian memberikan beasiswa untuk semester kedepan. Tidak jarang juga team cacjogja berinteraksi dengan adik asuh dengan menanyakan “apa kabarnya?”, “bagaimana sekolahnya?”, “dipakai buat apa saja beasiswanya?”, atau bahkan “buat apa beasiswanya kok enggak dipakai?”. Disitulah terucap jawaban polos dari hati seorang anak yang memiliki semangat untuk terus tetap sekolah dan meraih cita-cita.



@annisaayu
salamkrinciiing