Rabu, 12 Juni 2013

Nge-lab part 1


alhamdulillah, akhirnya selesai juga nge-lab tahap pertama ini

Sebelumnya aku sudah cerita ya, kalau semester ini aku udah mulai nge-lab. Akhirnya bisa ngerasaain apa yang kakak angkatan rasain dulu kalo "nge-lab". Aku nge-lab di laboratorium fisika material untuk membahas tentang karakterisasi Cobalt Ferrite MNPs dengan sodium silica dan PEG-4000. Jadi sesuai rencana bapak pembimbingku Pak Edi, aku bareng timku membuat Cobalt Ferrite-nya dulu. kemudian pelapisan (coating) dengan sodium silica dan PEG-4000. Setelah itu di analisa XRD, TEM, FTIR, dan VSM.

Nge-lab pertamaku mulai awal maret sampai hari ini (12 Juni 2013) sesuai deadline dari Pak Edi, soalnya mau di VSM di Jepang. Pertama yang kita lakuin adalah buat nanopartikelnya dulu. Untuk pertama kali diajarin sama Mas Arif  (S2), pas kita udah bisa baru deh ngebuat sendiri. Pembuatan nanopartikel ini butuh waktu 2 hari, dari persiapan alat-stirring-pencucian-furnace-penggerusan. Lamaaaaa banget... mana hasilnya sedikit cuma 1,1-1,4 gram. :(

sedih yaaa...

Kita buat Cobalt Ferrite banyak banget, sampai kurang lebih 7,5 gram. 

Kemudian, setelah buat nanopartikelnya, mulai pelapisan dengan PEG-4000 dengan variasi sampel sebanyak 6 sampel. Tahap pelapisan ini enggak terlalu rumit, cuma menunggu keringnya aja yang lumayan lama 4 hari.

Terakhir, pelapisan nanopartikel dengan sodium silicate. Ada kendala sebelum mulai pelapisan ini, soalnya sodium silicatenya belum tersedia, jadi harus nunggu pemesanan dari Bandung. Pelapisan ini juga mirip dengan pelapisan sebelumnya, hanya saja kalau dengan PEG tidak pakai pencucian, tapi kalau dengan sodium silicate dilakukan pencucian menggunakan aquades. Setelah itu pengeringannya selama 5 hari. 

akhirnya hari ini selesai sudah nge-lab tahap pertamaku. alhamdulillah. 
dan sudah dibawa juga sama Pak Edi untuk di VSM di Jepang.



and than WELECOME NGE-LAB TAHAP 2 setelah KKN ya :)

1 komentar: