Selasa, 15 Januari 2013

pertama di radio (Sounding CACJogja di Sindo Radio 97.00FM)


Kemarin seharusnya aku sudah melangkahkan kakiku untuk memulai liburan di Jakarta. Tapi karena suatu hal, keberangkatan itu diundur sampai tanggal 17 Januari. Tidak ada yang spesial memang kali liburan cuma dikosan, glimbang-glimbung dikasur, apalagi kalau teringat nilai-nilai UAS yang semakin lama banyak yang keluar. Tapi semua itu berbeda, kemarin waktu aku internetan ada chat dari om admin cacjogja, dia mengajak aku untuk mengisi siaran di Sindo Radio 97.00FM jam setengah 8 malam. Aku pun mengiyakannya mumpung lagi selo time.

Om admin itu baik hati rela-relanya direpotkan untuk menjemputku ke kosan. Ternyata setelah bertanya dan ngobrol saat perjalanan menuju Sindo Radio, Babarsari, Yogyakarta, alasan aku diajak  karena yang mengisi siaran kali ini adalah @Ardhi_Qeju @laksonoadi @tonnyoscar @Fanbul dan @PunchGita mereka cowo semua. haha. Singakat cerita kita bertemu dengan mbak rahmi (@raulamie), dia adalah produser Sindo Radio. Sebelum masuk ke ruang siaran kita mengisi form tentang komunitas.

Di dalam ruang siaran, kita bertemu dengan mbak cantik salah satu penyiar Sindo Radio namanya mbak ata (@ataamoy). Dia sangat ramah sekali. Ternyata disitu kita mengisi salah satu program dari Sindo Radio tentang komunitas-komunitas di Jogja. Mungkin sudah banyak sebelumnya komunitas yang mengisi di program tersebut. Dan sekarang giliran cacjogja.


Coin Dropping


Coin Dropping adalah salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh team @cacjogja. Yaaa bagaimana tidak, koin dropping ini kegiatan per satu semster. Jadi memang beda sekali dengan Coin Collecting Day yang pertemuannya hampir tiap bulan. Kegiatan coin dropping ini ada untuk meberikan secara langsung beasiswa untuk para adik asuh. Kegiatan ini bukan hanya ditunggu tunggu oleh team cacjogja looh.., tapi sepertinya juga ditunggu-tunggu oleh para adik asuh. Kedatangan team cacjogja ke sekolah-sekolah yang menjadi tempat untuk dropping beasiswa juga sekalian menjalin silaturahmi kepada sekolah, guru, dan tentunya para adik asuh. Disitu para adik asuh bisa mengenal lebih dekat siapa saja yang memang telah membantunya.
Biasanya team cacjogja ngumpul di suatu tempat untuk kemudian bersama-sama menuju sekolah yang memiliki adik asuh coin a chance. Sebelumnya team dropping cacjogja sudah dibagi beberapa team. Team-team tersebut dibentuk untuk memanfaatkan waktu pada saat coin dropping karena jumlah sekolah penerima beasiswa cukup banyak. Setelah sampai disekolah yang dituju, biasanya tujuan pertama team cacjogja adalah bertemu dengan guru yang diberi amanah untuk mengurus beasiswa adik asuh. Beasiswa memang tidak serta merta diberikan kepada adik asuh, melainkan dititipkan ke gurunya, untuk dimonitoring setiap pengeluaran keperluan sekolah adik asuh. Bukannya tidak mau langsung diberikan kepada para adik asuh, hal ini diterapkan untuk meminimalisir beasiswa menjadi nasi oleh para orang tua karena beasiswa ini “pure” untuk keperluan sekolah adik asuh demi meraih cita-cita mereka.
Pertemuan kepada guru biasanya ditemani oleh adik asuh. Team ca jogja menanyakan dan mengecek tentang pengeluaran adik asuh selama satu semester. Lalu kemudian memberikan beasiswa untuk semester kedepan. Tidak jarang juga team cacjogja berinteraksi dengan adik asuh dengan menanyakan “apa kabarnya?”, “bagaimana sekolahnya?”, “dipakai buat apa saja beasiswanya?”, atau bahkan “buat apa beasiswanya kok enggak dipakai?”. Disitulah terucap jawaban polos dari hati seorang anak yang memiliki semangat untuk terus tetap sekolah dan meraih cita-cita.



@annisaayu
salamkrinciiing

Minggu, 13 Januari 2013

Derajat kegaulan


Hahaha judulnya aneh ya?

Jakarta menjadi icon, trendsetter kebanyakan orang, itu biasa.
Dari fashion, cara bicara, sampai tingkah lakunya.

Aku aseli Jakarta dari orok sampe 17 tahun hidup disana.
Sekarang kuliah di kota pelajar Yogyakarta. Kota yang kental sekali budaya jawanya.
Disini aku harus berubah, tidak halnya seperti di Jakarta.
Tata karma harus diperbaiki, walaupun itu sulit.

Di Jakarta biasanya aku bilang lu-gue, itu biasa.
Tapi di Yogyakarta kalo ngomong seperti itu dibilang sombong.
Di Yogyakarta biasanya untuk panggilan seperti itu kata yang digunakan adalah aku-kamu, aku- kowe,  kulo-sampeyan,  kulo-njenegan.
Susah memang transisi seperti ini, tapi gimana lagi?
Dimana bumi berpijak, disitu langit dijunjung, itu kata orang tuaku.

Awalnya agak kagok untuk sekedar ngomong aku-kamu, soalnya panggilan ini biasanya ditujukan untuk orang yang berpacaran. Jadi suka agak geli mendengarnya. Hihi

Berusaha laaah…

Tapi ada beberapa temen luar dari Jakarta, kayaknya berusaha keras ngomong gue-lu. Padahal di daerahnya jarang mereka gunakan. Aneh ya?

Aku cenderung menghormati teman yang apa adanya.
Enggak harus ngomong gue-lu kok biar dibilang gaul J

Setelah hampir masuk tahun ke-tigaku di Yogyakarta, aku mulai nyaman dengan panggilan aku-kamu. J

Tapi ada saatnya ketika kita ngumpul bareng sama orang Jakarta yaa… keluar logat aselinya.

Bagaimana menempatkannya aja, orang Jakarta yang sering dikenal belagu, tengil, aja bisa nge-blending. Masa kalian yang memang sudah seperti itu mau sok-sokan menjadi tengil? hehe




Emang kalo seperti itu (ngomong lu-gue) derajat kegaulan meningkat?


Sabtu, 12 Januari 2013

Kalau hanya omong... Burung beo pun bisa...



Pemilu 2014 tinggal setahun lagi. Mulai banyak iklan-iklan yang mengatasnamakan suatu partai bahkan ormas yang telah berevolusi menjadi suatu partai bertebaran di media, baik itu media cetak, visual, dan audio. 

Kata-katanyapun berbisa, beberapa dari mereka mungkin juga mulut-mulutnya berbusa, memeberi iming-iming janji tentang Indonesia di masa depan. Padahal janji janji bertebaran itu biasanya hanyalah janji di awal periode kepengurusan.


Dan, seperti biasa dari atas nama bangsa.

Masayarakat pun yang melihat dan mendengar  bisa jadi terpesona, bahkan ada yang terkesima akan janji mulusnya. Untuk kaum awam politik mungkin sangat mudah termakan pesona janji-janji mereka. Bahkan pahitnya Indonesia adalah ketika suara mereka bisa dibeli dengan 50.000 rupiah. Padahal, itu buat kehidupan bangsa di masa depan. oh my god

Jumat, 11 Januari 2013

tentang si dana


Dari awalnya memang sudah tidak sreg dengan orang ini,

Ditambah lagi dengan cerita-cerita negatif dari teman-teman kosan yang ketemu dia petama kali.

Teman kos, sebut saja dia “dana” seorang perempuan yang seharusnya sudah dewasa dengan usianya yang sudah masuk kuliah.

Perawakan kasar terlihat dari cara ngomongnya, cara bicaranya.

Dia seorang maba dulunya angkatan 2011, dibanding kita yang cukup senior di kosan. Dia kurang memiliki pribadi yang menyenangkan, sehingga kita sudah ill feel  saat awal ketemu. Cara dia introduce dirinya ke kita mungkin salah,  jadi…. Yaa… memang sudah sepet ngeliatnya.

Si dana ini memiliki pacar, yang entah kenapa bisa nuruuuuut banget sama dia. Mungkin cinta itu buta.
Si pacar sering dibentaknya ketika dia sedang berdua diteras, kita sih hanya bisa mendengar dari balik tembok kamar kosan. Sambil bilang “astagfirullah”

Belum lagi volume suara yang luar biasa, si dana hanya berdua di teras. Tapi seisi kosan harus mendengar percakapan mereka. Tapi anehnya suara itu di dominasi oleh suara si dana, bukan suara si pacar, mungkin suara si pacar volumenya kecil.

Itu yang pertama, kedua adalah ketika si dana bersih-bersih kamar, masa iya seorang cewe yang usianya sudah 17 atau 18 tahun tidak bisa menyapu, yaaa…. dialah orangnya “si dana”. Sampai-sampai harus menyuruh sang pacar bantuin dia bersih-bersih kamar. Dan kata temenku, dia lebih mirip yang “mandor-in” si pacar . dan sekali lagi kita cuma bisa bilang “astagfirullah, halloo…. Mau-mauan aja cowo disuruh cewe untuk bersih-bersih kamarnya cewe”


Jumat, 04 Januari 2013

UJIAN 5cm


Ujian,
yang akan kita perlukan sekarang

cuma kaki yang berjalan lebih jauh
cepat dan tanggap dari biasanya.

mata yang akan menatap buku dan
laptop lebih lama dari biasanya.

leher yang lebih sering menunduk
ke bawah lembaran-lembaran kertas.

hati dan otak yang akan bekerja
lebih keras dari biasanya.

dan mulut yang selalu berdo'a


#untuk kalian yang sedang dihadapkan dengan ujian-ujian perkuliahan :)

Ujian oh Ujian....

Ujian....

banyak yang bilang ujian itu menyusahkan,
banyak yang bilang ujian itu menentukan,
banyak yang bilang ujian itu menyeramkan,
banyak yang bilang ujian itu menyenangkan, (bohong)

ini masuk semester 5 aku mengahadapi yang namanya UJIAN.
kalo ujian biasanya aku (mahasiswa) belajar, dan begadang setengah mampus demi dapet nilai A. perjuangan perjuangan biasanya dimulai ketika H-12 jam menjelang ujian, dari minjem catetan temen (yang paling rapih-pih-pih), foto kopi catetan kisi-kisi ujian-ujian dahulu (belum lagi pake ngantri). terus mencoba ngerjain sendiri soal-soal yang dulu (padahal ngga bisa juga). enggak makan demi uangnya dipake buat foto kopi.belum lagi kalo hujan, dan godaan lainnya menyerang. biasanya godaan pas UJIAN itu adalah :

  • internetan
    lagi baca pdf, pasti si mozilla, google chrome, manggil-manggil "buka gue dong, buka!!, seru loh! seru!)
  • HP
    biasanya pacar sms mulu, "lagi apa sayang?" "udah makan?" dan minta dibales itu kan wasting time :)
  • teman
    teman biasanya ada yang bilang gini, "nanti malem main dotA yaa, kumpul dikontrakan gue" PADAHAL BESOK KAN UJIAN enak tuh temen gue besoknya enggak ujian -____-
  • NGANTUK
    kalo godaan yang satu ini, paling susah diilangin, masalahnya aku tipikal orang yang pelor :)
  • dan lain-lainnya. ya ngga?
itu menurut aku beberapa goadaan pas lagi masa-masa ujian. tapi kalo melawan godaan-godaan itu yang didapetin worthed banget laaah. pas kita liat papan nilai ujian

xx/xxxxxx/PA/13xxx                             A
xx/xxxxxx/PA/13xxx                             A
xx/xxxxxx/PA/13xxx                             A
xx/xxxxxx/PA/13xxx                             A
xx/xxxxxx/PA/13xxx                             A
xx/xxxxxx/PA/13xxx                             A

Aamiin :)


Rabu, 02 Januari 2013

hai 2013!!

Assalamualaikum,

sudah lama aku tidak menulis disini, apa kabar blogku?. ada janji aku untuk terus menulis di blog ini mulai 2013 ini. Alhamdulillah aku sehat-sehat saja selama 9 bulan tidak menulis disini. banyak kegiatan yang seharusnya aku share di blog pribadiku ini. tapi ada daya, aku tidak punya cukup waktu untuk itu, apalagi semester 5 ini si very hectic. jadi yaaa... begitu deh aku jadi males nulis.

awalnya memang agak berat untuk memulai kebiasaan yang lama tidak dilakukan, tapi untuk sebisa mungkin dicoba lagi. kan ada pepatah "bisa karena terbiasa" ya enggak?

awal tahun, pastinya semangat baru. semoga semangat itu tetap istiqomah yaa sampai akhir tahun.

semua orang pasti punya resolusi (apa yang ingin dicapai) pada tahun 2013 ini. aku pun begitu, banyak yang ingin aku perbuat lebih baik dari tahun sebelumnya :


  • aku ingin benar-benar terjun di kegiatan sosial
  • aku ingin kuliah ku lancar
  • aku bisa kerja praktek sesuai dengan minatku
  • aku bisa berkontribusi maximal di setiap event
  • aku dapat judul Tugas Akhir 
  • aku dapat restu dari orang tuaku
apa semua itu akan terwujud, tetap istiqomah, selalu berjuang, dan berdoa pastinya :)