Minggu, 16 Juni 2013

Rabu, 12 Juni 2013

Nge-lab part 1


alhamdulillah, akhirnya selesai juga nge-lab tahap pertama ini

Sebelumnya aku sudah cerita ya, kalau semester ini aku udah mulai nge-lab. Akhirnya bisa ngerasaain apa yang kakak angkatan rasain dulu kalo "nge-lab". Aku nge-lab di laboratorium fisika material untuk membahas tentang karakterisasi Cobalt Ferrite MNPs dengan sodium silica dan PEG-4000. Jadi sesuai rencana bapak pembimbingku Pak Edi, aku bareng timku membuat Cobalt Ferrite-nya dulu. kemudian pelapisan (coating) dengan sodium silica dan PEG-4000. Setelah itu di analisa XRD, TEM, FTIR, dan VSM.

Nge-lab pertamaku mulai awal maret sampai hari ini (12 Juni 2013) sesuai deadline dari Pak Edi, soalnya mau di VSM di Jepang. Pertama yang kita lakuin adalah buat nanopartikelnya dulu. Untuk pertama kali diajarin sama Mas Arif  (S2), pas kita udah bisa baru deh ngebuat sendiri. Pembuatan nanopartikel ini butuh waktu 2 hari, dari persiapan alat-stirring-pencucian-furnace-penggerusan. Lamaaaaa banget... mana hasilnya sedikit cuma 1,1-1,4 gram. :(

sedih yaaa...

Kita buat Cobalt Ferrite banyak banget, sampai kurang lebih 7,5 gram. 

Kemudian, setelah buat nanopartikelnya, mulai pelapisan dengan PEG-4000 dengan variasi sampel sebanyak 6 sampel. Tahap pelapisan ini enggak terlalu rumit, cuma menunggu keringnya aja yang lumayan lama 4 hari.

Terakhir, pelapisan nanopartikel dengan sodium silicate. Ada kendala sebelum mulai pelapisan ini, soalnya sodium silicatenya belum tersedia, jadi harus nunggu pemesanan dari Bandung. Pelapisan ini juga mirip dengan pelapisan sebelumnya, hanya saja kalau dengan PEG tidak pakai pencucian, tapi kalau dengan sodium silicate dilakukan pencucian menggunakan aquades. Setelah itu pengeringannya selama 5 hari. 

akhirnya hari ini selesai sudah nge-lab tahap pertamaku. alhamdulillah. 
dan sudah dibawa juga sama Pak Edi untuk di VSM di Jepang.



and than WELECOME NGE-LAB TAHAP 2 setelah KKN ya :)

Sabtu, 01 Juni 2013

PROMO TIKET KERETA API !!! SERBUUUU!!!!

assalamualaiku, kawan...

aku mau kasih tau ke kalian, pembaca blog aku, soalnya ada tiket PROMO kereta api untuk tanggal dekat lebaran.. alhamdulillahnya aku dapet tiketnya

TAKSAKA PAGI
6 Agustus 2013
Yogyakarta-Gambir

yuk yuks searching berburu tiket MURAH... masih ada nih nih


kalo yang dibawah ini tiket aku :)


semoga kalian beruntung dapetinnya yaa. :)

Nostalgila :)

halo, assalamualaikum, apa kabar bulan Juni? 
what's your resolution of Juni?

postingan kali ini aku akan cerita tentang nostalgila masa kecil. Alhamdulillah akur dilahirkan di-era-90-an. karena itu salah satu alasan mengapa masa kecilku termasuk masa-masa teriindah selama hidupku. 

di-era-90-an, hari minggu adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak seusiaku (6-12tahun) mengapa? yap.. karena saat itu masih banyak film-filim kartun di TV, beda sama sekarang, yang terlalu banyak gossip infotaiment. 

lalu yang kedua, sore hari juga menjadi suatu yang ditunggu-tunggu untuk bermain, walau hanya 1-2jam tapi itu benar-benar quality time untuk bersosialisasi dengan teman sebaya, biarpun itu hanya bermain bekel, petak umpet, gobak sodor, bentengan, kasti, masak-masakan, tak jongkok, tak nyamuk, taplak, batu tujuh, buaya-buayaan, dan sepak bola. itu semua membuat aku bersyukur karena jaman dulu permainan tradisional banyak sekali. beda sekali dengan anak-anak jaman sekarang, biasa sore hari mereka, mereka isi dengan les privat, dan kalau bermain mereka bermain dengan pembantunya dan gadget mereka.

yang ketiga, makanan jajanan masa kecil juga menjadi alasan kalau anak-anak era-90-an itu paling menyenangkan, ingat dengan kue cubit, telor dadar, es potong? atau yang ada di gambar ini?


ingat itu semua? nah paling menyenangkan kan? walaupun tidak sehat-sehat banget. tapi itu menyenangkan sekali. jujur, aku kangen makanan itu semua. untung kemarin ulang tahun Yogyakarta Coin A Chance ke-4, banyak jajanan masa kecil. foto diatas aku ambil saat itu :)

kalau aku, aku menyimpan memori masa kecilku indah sekali. kalau kamu?