Sabtu, 22 Februari 2014

Kerja Praktek

I haven't been writing.
how are you guys.

Alhamdulillah sekarang sudah masuk semester delapan, yang artinya umurku sudah "tua" untuk masa studiku di strata 1 ini. Rasa bimbang dan takut tidak bisa dipungkiri "apakah semua bisa jalan lancar?". But, must be positive thinking right?.

Awal semester ini aku Kerja Praktek (KP) disebuah perusahan pengolahan data seismik. Biasanya pengolahan data seismik ini dikerjakan oleh anak prodi Geofisika, tapi alhamdulillah aku bisa menjalankannya dengan lancar. dan alhamdulillahnya lagi aku menjadi tertarik di dunia pengolahan data seismik. KP ini aku jalankan selama satu bulan lebih satu minggu mulai tanggal 15 Januari - 21 Februari 2014 di PT Mega Energy Processingdo, Menteng Jakarta.

Menyelami dunia kerja sangat mengesankan dari mulai kegiatan rutinnya, kemudian keadaan Jakarta yang sesak yang awalnya membuatku enggak nyaman berada di Jakarta, sampai kerjaan dikantornya. Disana aku mengolah data hasil lapangan oleh orang geologi pada area XXXXX kemudian dijadikan struktur gambaran permukaan bawah bumi. Dengan menggunakan beberapa tahap-tahapan seperti SEGIN, Geomety, True Amplitude Recovery (TAR), SCAMP, Deconvolution, Denoise, Velocity Analysis1, Residual1, Velocity Analysis2, Residual2, dan Migration. Semua yang aku kerjakan di kantor tidak lepas dari pengawasan pembimbingku disana Mas Firman. 

Minggu pertama aku disana seperti umumnya KP adalah adaptasi dengan lingkungan kantor. Alhamdulillah teman-teman kantorku friendly sekali mungkin karena kebanyakan dari karyawan disana satu almamater dengan aku dan mungkin karena aku KP disana sendiri, jadi kasian adek kelas dianggurin mungkin. hehe. Satu lagi karena disana ada mbak Renita dan Mbak Ine jadi aku enggak merasa sendirian. Disana aku mendapatkan station sendiri bersebrangan dengan Mas Nur, Pak Dadang, dan Mas Fathur.


ini station aku selama KP

Minggu kedua aku disana, aku mengerjakan setengah tahapan-tahapan pengolahan seismik yang aku sebutkan diatas. Minggu ketiga setengahnya lagi aku kerjakan, KP kali ini aku hanya mengerjakan satu line dari satu area. Sebenarnya kalo sudah lancar dan ada jobsnya satu line bisa dikerjakan hanya 1-3 hari, dan karena ini KP dikasih linenya juga yang gampang :) terimakasih banyaak....




setiap tahap-tahapannya aku catet biar enggak lupa :)

Kemudian minggu keempat aku sudah mulai penulisan laporan KP, aku menulis disana dan ngeprint semua disana karena itu fasilitas kantor. Laporan ini dibuat tiga rangkap untuk kantor, Pak Kuwat dosen pembimbingku, dan buat aku sendiri. Lumayan repot bikin laporan ini soalnya nulisnya pakai openoffice jadi ketika aku kerjakan di microsoft office jadi banyak yang diedit ulang. Kemudian persiapan untuk presentasi di apa yang telah dikerjakan selama KP di minggu kelima.


Alahamdulillah selesai laporannya :)

Minggu kelima aku mempersiapkan untuk presentasi, eh ternyata enggak ada presentasi akhirnya akhir minggu aku KP aku isi dengan belajar lebih dalam lagi tentang software yang aku gunakan untuk pengolahan data dan software tambahan lainnya. Hari terkahir aku KP aku ditraktir sama Mbak Ine, Mbak Renita, dan Mbak Eki di Abuba Steak sejenis lunch farewell. :) terus foto satu divisi pengolahan data seismik.





terimakasih semuanya sangat berkesan bisa menjadi salah satu bagian dari orang-orang hebat
walaupun hanya satu bulan satu minggu. Terimaksih mengajarkan banyak hal.


special thanks for mbak-mbak wanita karir nan kece 


Ayu, Mbak Renita, dan Mbak Ine. I'll be miss you mbaaaak.